10 Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Android

Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Android

Mengapa tidak membuat hari kerja Anda lebih menyenangkan dan produktif dengan beberapa aplikasi bisnis untuk Android? Berikut adalah 10 aplikasi terbaik dan paling berguna untuk smartphone Android Anda, semua tersedia di Android Market, dilansir dari CIO.com.

Locale (Gratis)

Aplikasi ini secara otomatis dapat menempatkan smartphone Android Anda pada mode diam jika Anda sedang berada di kantor, atau menyalakan dering ketika Anda tiba di rumah.

Selain menyesuaikan pengaturan ponsel Anda tergantung pada lokasi Anda, Locale juga bisa menjadi penyelamat: Fitur power-conserving, ketika diaktifkan, secara otomatis mematikan komponen yang memakan banyak baterai (Wi-Fi, Bluetooth) ketika level baterai ponsel Anda rendah.

Documents To Go (Biasanya $30)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda melihat dan mengedit dokumen Microsoft (MSFT) (termasuk file versi 2007) dalam antarmuka yang intuitif. Selain bekerja dengan item Word, Excel, PowerPoint, Anda dapat melihat file PDF.

Jika Anda hanya ingin melihat lampiran dokumen e-mail, Anda dapat memilih versi gratis dibandingkan aplikasi premium yang harganya cukup mahal.

GDocs (Gratis)

Apakah perusahaan Anda memilih untuk menyimpan dokumen di cloud? GDocs memberikan akses yang lebih baik ke dokumen online Google Docs Anda daripada yang Anda akan dapatkan melalui browser Web. GDocs saat ini juga dapat mengedit dokumen teks dan melihat spreadsheet dan file PDF.

GDocs dapat melihat dokumen online atau download file teks untuk mengedit (dan menyelaraskan kembali ketika Anda sudah selesai). Aplikasi ini tidak memiliki pilihan format advance, tetapi itu adalah awal yang menjanjikan mengingat bahwa program ini masih dalam versi beta.

Bump (Gratis)

Bump memungkinkan Anda untuk bertukar informasi kontak atau foto di antara dua ponsel hanya dengan membenturkannya (bumping) bersama-sama. Dan aplikasi ini tidak terbatas pada ponsel Android, ia juga bekerja pada iPhone.

Berbekal aplikasi kecil yang cerdas dan menyenangkan ini, Anda tidak lagi harus mencari kartu nama manual berupa kertas dalam suatu konferensi atau pertemuan, karena semuanya akan tersedia di buku alamat Anda (dan aman disinkronisasikan dengan cloud). Untuk cara baru lainnya, coba cek Hoccer.

Google Voice (Gratis)

Google Voice dapat menjadi layanan yang mengubah hidup Anda. Aplikasi ini dapat menyatukan semua nomor telepon dan mengirim pesan SMS melalui e-mail, sekaligus menawarkan panggilan internasional dengan biaya murah.

Pada ponsel Android Anda, Anda dapat menggunakan Google Voice untuk mendapatkan e-mail yang berisi pesan suara transkripsi Anda, membuat panggilan dari nomor unik Google (yang menderingkan semua telepon Anda), dan pesan embed voicemail untuk berbagi. Bahkan lebih baik, Google Voice terintegrasi secara native dengan buku alamat di ponsel Anda.

AK Notepad (Gratis)

Tinggalkan buku catatan Anda di belakang: AK Notepad merupakan aplikasi untuk catatan cepat di mana saja. Aplikasi sederhana ini mencakup fitur pengingat yang akan mengirimkan peringatan kepada Anda berdasarkan waktu Anda mencatat.

Anda dapat mengekspor catatan ke aplikasi khusus seperti Evernote, dan mengirim catatan ke diri sendiri melalui SMS atau e-mail, Anda bahkan dapat menempelkan catatan pada layar Anda agar lebih mudah. Dan jika Anda melakukan pengaturan, Anda dapat mengubah tampilan jendela catatan dan mengatur notifikasi LED khusus sebagai pengingat.

Meebo (Gratis)

Anda bisa tetap terhubung ke hampir semua layanan instant messaging dengan Meebo. Anda bisa login secara bersamaan ke AIM, Facebook, Google Talk, ICQ, MSN, dan Yahoo (YHOO) untuk tetap berhubungan.

Untuk menyimpan log kolektif dari semua chatting Anda, untuk mengakses secara online, Anda dapat membuat akun Meebo. Jika Anda membutuhkan klien Twitter juga, periksa Seesmic untuk Android atau Twidroid.

ServerUp ($4.99)

Bagi Manajer IT dan admin jaringan, aplikasi ini untuk Anda. Dengan ServerUp, Anda dapat langsung mengetahui jika server Anda berada dalam kondisi top-notch. Ia bekerja melalui 3G dan Wi-Fi, dan Anda dapat memilih seberapa sering update Anda.

ServerUp mendukung fungsi ping, traceroute, dan whois, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memasukkan beberapa nama host dan nomor port. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan host tertentu, fitur yang mudah digunakan bagi pengguna yang bekerja pada LAN melalui Wi-Fi dan mengelola komputer lokal.

Scatterslides ($9.99; Free Trial)

Jalankan presentasi berikutnya dari ponsel Android Anda dengan Scatterslides. Aplikasi ini tidak hanya dapat mengalirkan presentasi Anda melalui Wi-Fi untuk menampilkannya pada layar besar, tetapi juga dapat digunakan sebagai remote control untuk presentasi Anda, memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu slide ke slide lain dengan menggesekkan layar. Scatterslides memungkinkan Anda melihat slide pada ponsel Anda juga.

Aplikasi ini mendukung file Microsoft PowerPoint dan OpenOffice Impress, lengkap dengan animasi, audio, dan video.

Catatan: Anda akan memerlukan Scattershow Player gratis yang terinstall pada PC atau thumb drive untuk menggunakan Scatterslides.

Cab4me (Gratis)

Jika Anda terburu-buru untuk membuat pertemuan di luar kantor, jangan membuang waktu dan gunakan ponsel Android Anda. Cab4me dapat memanggil taksi super-cepat dengan bantuan deteksi lokasi. Gunakan modus cepat untuk memilih sebuah perusahaan dan memesan taksi dengan menggunakan lokasi Anda saat ini.

Anda juga dapat menggunakan modus panggilan tradisional, yang secara otomatis akan memanggil perusahaan yang Anda pilih sehingga Anda dapat memberikan tempat dan waktu.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “10 Aplikasi Bisnis Terbaik Untuk Android”

  1. ngawidian.com
    05/07/2016 at 4:36 am #

    nice post… i like it…

    Reply

Berikan Komentar Anda