10 Tips Memulai Bisnis Online

Apakah Anda sudah memiliki blog? Bagaimana perasaan Anda pada saat memulainya? Ragu? Bingung? Tapi itulah langkah awal Anda untuk bergabung dengan komunitas online.

10 Tips Memulai Bisnis Online

Berikut 10 tips bagi blogger pemula dalam memulai bisnis online:

1. Menentukan Tujuan
Untuk memulai sesuatu terlebih dahulu menentukan tujuan, tidak terkecuali memulai blog baru. Menentukan tujuan membuat blog sangatlah penting. Blog Anda akan sukses jika Anda mengetahui tujuan yang akan dicapai. Misalnya, Anda memiliki bisnis jualan baju dan tas wanita, dan Anda ingin mempromosikan bisnis Anda, Anda bisa membuka toko online melalui blog Anda. Tentukan pula tujuan jangka panjang dan jangka pendek Anda. Berpikir ke depan dengan apa yang akan Anda dapatkan dari blog Anda dalam enam bulan, satu tahun, ataupun dua tahun ke depan. Rancang dan pasarkan blog Anda untuk memenuhi tujuan tersebut.

2. Mengetahui Audiens
Konten dan desain blog Anda harus mencerminkan harapan pengunjung blog Anda. Misalnya, bisnis Anda fokus pada penjualan baju dan tas wanita, maka konten dan desain blog Anda harus disesuaikan dengan selera wanita. Pengunjung blog Anda akan memiliki keterikatan pada blog Anda. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan menjadi pengunjung setia blog Anda.

3. Konsisten
Blog Anda adalah sebuah toko, sama seperti toko popular. Blog Anda mengandung pesan tertentu untuk para pengunjung. Desainlah blog Anda dengan konten secara konsisten untuk mengkomunikasikan bisnis Anda secara keseluruhan. Mempertahankan konsistensi dan menciptakan rasa aman memungkinkan pengunjung Anda akan setia berkunjung dan membeli di toko online Anda.

4. Gigih
Apa yang ada di pikiran Anda ketika mengunjungi sebuah blog yang tidak diperbarui? Anda akan menganggap blog tersebut sebagai blog statis dan Anda akan malas mengunjungi blog tersebut. Blog yang sibuk adalah blog yang berguna, berguna untuk para pengunjung untuk mendapatkan info terbaru. Maka gigihlah dalam memperbarui blog bisnis Anda, karena itulah cara terbaik untuk menjaga pembeli dating kembali untuk melihat sesuatu yang baru dan berarti bagi mereka.

5. Interaksi
Salah satu hal unik dari blogging adalh dampak sosialnya. Maka penting bagi Anda menyambut dan mengundang para pengunjung untuk bergabung dalam percakapan dua arah. Meminta pengunjung untuk meninggalkan komentar dan menanggapi pertanyaan mereka adalah sikap Anda menghargai mereka. Keberhasilan blog Anda sebagian tergantung pada kesetiaan pengunjung untuk itu, karena Anda dapat mengenali calon pembeli Anda.

6. Memanfaatkan Sosial Media
Cara paling efektif untuk menarik pengunjung adalah berpartisipasi dalam social bookmarking melalui situs seperti Digg dan Stumble Upon, dan bergabung dengan jejaring social seperti Facebook, Twitter, LinkedIn. Mengembangkan blog Anda menjadi blog bisnis online yang sukses membutuhkan kerja keras dengan menciptakan konten yang menarik dan bekerja di luar blog Anda untuk mempromosikannya dengan cara memanfaatkan social media.

7. Mengambil Risiko
Blogger pemula biasanya sering diserang rasa takut untuk mencoba hal-hal baru di blog mereka. Takut menambahkan widget, memasang plug-in, menganti template, atau mengikuti lomba blog. Padahal, mencoba hal-hal tersebut dapat menambah wawasan Anda dalam blogging. Itu akan meningkatkan potensi dalam hal mencapai tujuan Anda.

8. Meminta Bantuan
Jika mengalami kesulitan atau ada hal yang kurang dipahami dalam blog Anda, jangan sungkan untuk bertanya kepada teman Anda atau mendekati blogger yang lebih berpengalaman dalam forum. Keberhasilan para blogger tergantung pada jaringan dan kebanyakan blogger selalu bersedia untuk memperluas jaringan mereka, terlepas apakah Anda seorang blogger pemula atau sudah berpengalaman.

9. Terus Belajar
Setiap hari ada fitur baru yang tersedia untuk blogger. Ketika Anda mengembangkan blog Anda, luangkanlah waktu Anda untuk meneliti atau mempelajari fitur baru dan awasi berita terbaru seputar blogging agar Anda tidak ketinggalan berita. Ini sangat membantu dalam pengembangan bisnis Anda.

10. Jadilah Diri Sendiri
Temukanlah keunikan dari toko online Anda yang tidak ditemukan pada toko online lainnya. Ingat, blog Anda adalah diri Anda dan toko Anda dan pembeli Anda akan setia mengunjungi toko Anda untuk membeli. Kemudian tetaplah konsisten untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Orang tidak hanya mengunjungi toko online untuk membeli, mereka bisa mendapatkannya dengan mengunjung sebuah toko, maka jadilah seorang pebisnis online yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika seseorang mengunjungi toko Anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda