3 Cara Mempromosikan Brand Anda di Instagram

Apakah Anda telah mempromosikan bisnis Anda di Instagram? Jika belum, sekaranglah saatnya. Tahukah Anda bahwa 40% dari brand papan atas telah mengadopsi Instagram sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka?

Instagram membantu memberikan bisnis Anda sentuhan pribadi melalui sajian visual yang menarik dan bervariasi. Dengan demikian, penting untuk mendukung brand Anda sebaik mungkin untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan bisnis dan membangun interaksi dengan audiens Anda.

Cara Mempromosikan Brand Anda di Instagram

Berikut adalah tiga tips tentang cara untuk mempromosikan brand Anda di Instagram.

1. Gunakan Alat untuk Kelola Akun Anda

Antarmuka Instagram, baik di ponsel atau web, tidak menawarkan pilihan terbaik bagi merek untuk secara efektif terlibat dengan komunitas mereka. Sebelum peluncuran versi web dari Instagram, banyak alat yang dikembangkan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pengelola Instagram.

Ada Statigram, Instagrid, Webstagram, Nitrogram, dan banyak alat lain yang membantu untuk membangun interaksi dengan basis audiens Anda di Instagram. Mari kita fokus pada hanya dua hal, Statigram (statigram.com) bagi audiens dan pemberian hadiah dan Nitrogram untuk pengukuran.

Statigram

Statigram berguna untuk memantau komunitas Anda dan terlibat dalam berbagai cara. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat foto dan news feed Instagram Anda, melacak metrik dari akun Anda, menyelenggarakan kontes dan menanggapi komentar dari audiens Anda.

Baca dan balas semua komentar Anda pada foto Instagram Anda dari Statigram. Setiap foto daftar komentar belum dibaca menunggu moderasi. Ini memungkinkan Anda dengan cepat menelusuri foto Anda untuk memeriksa komentar yang belum dibaca, memberikan Anda kesempatan untuk membaca, menanggapi atau menghapusnya langsung dari platform Statigram.

Penyelenggaraan kontes adalah cara yang penting untuk membangun komunitas Anda pada platform apapun, dan melakukannya pada Statigram dapat membantu pertumbuhan basis audiens dengan cepat.

Ketika Anda mengadakan kontes atau pemberian hadiah melalui Statigram, Anda dapat memiliki halaman arahan untuk promosi Anda, mempromosikannya di Statigram dan memantau keberhasilannya dengan metrik yang bermacam-macam. Statigram juga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengumumkan pemenang dari kontes Instagram yang diadakan melalui platform mereka.

Memiliki halaman arahan untuk kontes Instagram Anda terbukti penting, terutama karena memungkinkan Anda untuk membuat daftar aturan resmi dalam pelaksanaan promosi yang pengikut kontes Anda harus patuhi.

Pesohor Martha Stewart, misalnya, mengadakan kontes Instagram melalui Statigram untuk memastikan aturan yang jelas dan untuk memastikan inisiatif mendapat visibilitas yang paling tinggi.

Martha Stewart mengadakan kontes Instagram pada Statigram, menyerukan bagi pengguna untuk berbagi dekorasi liburan mereka dengan hashtag # marthastwartholiday untuk kesempatan untuk memenangkan ornamen edisi terbatas set. Ini promosi merek akan menjadi sulit untuk mengukur dan mengelola dengan baik tanpa Statigram. Statigram adalah solusi untuk mengelola akun Instagram Anda dan meningkatkan relevansinya dengan audiens Anda.

Nitrogram

Tujuan utama Nitrogram adalah untuk secara efektif mengukur popularitas akun Instagram -sebagian besar penggunaan hashtags yang berkenaan dengan bisnis Anda. Banyak aplikasi yang fokus pada para pengikut akun, tapi jangan lupakan untuk mencermati lebih dalam bagaimana audiens melibatkan diri dengan konten Anda.

Grafik Nitrogram ini adalah representasi visual yang sederhana dari data dari akun Anda, termasuk foto yang diambil, likes/suka, komentar dan tayangan potensial. Semua data ini dapat diekspor ke sebuah file Microsoft Excel.

Mengukur hashtags yang berhubungan dengan bisnis Anda juga tak kalah penting penting karena memungkinkan Anda untuk melihat jumlah orang yang mengunggah foto tentang perusahaan Anda dari akun mereka sendiri dan menunjukkan pula berapa tinggi frekuensi unggahan itu.

Komunitas Anda merupakan indikator penting dari kepuasan pelanggan dan daya tarik merek ketika datang ke mengunggah foto mereka sendiri, yang merupakan data yang berbeda ditetapkan dari isi unggahan perusahaan Anda untuk Instagram sendiri.

2. Tanggapi Setiap Komentar, Tumbuhkan Komunitas Anda

Yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk komunitas Instagram Anda adalah tetap aktif berinteraksi dan memberikan manfaat nyata dengan menanggapi komentar.

Digital Buzz mencatat ada 81 komentar di Instagram diposting setiap detiknya. Di situlah aplikasi di atas benar-benar dapat berguna untuk meningkatkan komunitas Anda upaya penjangkauan.

Kita aambil contoh kasus ModCloth. ModCloth memonitor komunitas mereka di Instagram dengan menanggapi pujian dan pertanyaan dan keluhan ke dalam percakapan dengan wawasan yang bermanfaat.

Pantau hashtags Anda dan foto-foto bersama dari akun Anda untuk umpan balik dari audiens Anda. Tanggapi komentar secara tepat waktu, dan selalu ingat bahwa tujuannya adalah untuk menambah manfaat yang bisa diambil dari percakapan sehingga pengikut Anda merasa terhubung dengan Anda dan dihormati oleh merek Anda.

Ketika Anda menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar, Anda akan membantu membangun basis audiens yang setia, dan juga membantu memberikan visibilitas yang lebih baik pada akun Anda di Instagram.

Jika foto Anda muncul di halaman “Explore” yang didedikasikan untuk foto-foto yang paling menarik di Instagram, itu berarti foto Anda dapat dilihat oleh para pengguna di luar pengikut Anda dan dengan demikian memberikan tingkat baru visibilitas ke akun Anda.

Halaman “Explore” di Instagram memungkinkan untuk penemuan gambar baru dan akun baru yang menarik untuk diikuti, memberikan kesempatan untuk tumbuh berikut mereka secara dramatis setelah mereka mendapatkan foto ditampilkan di halaman ini.

Sebuah foto yang membuat Instagram ke halaman “Explore” melalui kombinasi dari dua faktor: jumlah keterlibatan pada bahwa foto dalam likes/ suka dan komentar, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mendapatkan keterlibatan dari ketika foto itu diposting.

Ketika Anda aktif mengomentari foto, Anda membangkitkan percakapan menarik. Anda membantu meningkatkan jumlah komentar pada foto Anda. Hal ini menyebabkan kemungkinan yang lebih tinggi foto Anda akan membuatnya ke halaman “Explore” dan mendapatkan lebih banyak pengikut untuk akun Anda.

3. Gunakan Hashtags untuk Lacak Keterlibatan Selama Waktu

Hashtags adalah cara sederhana yang sering diabaikan untuk memantau dan mengukur pertumbuhan komunitas Anda dari waktu ke waktu. Mirip dengan penggunaan di Twitter dan Google+, hashtags membantu pengguna menampilkan foto-foto dengan subjek tertentu berdasarkan kata yang digunakan dalam hashtag tersebut.

Sangat penting untuk melihat jumlah foto yang diunggah tentang merek Anda untuk mengukur pertumbuhan dari waktu ke waktu, serta kesan audiens Anda dari bisnis Anda.

Gunakan tab “Explore” untuk mencari dan melihat semua foto yang diunggah dengan hashtag tertentu. Kunjungi tab Jelajahi on Instagram dan mencari nama bisnis Anda. Dari sini Anda dapat melihat berapa banyak foto yang telah diunggah komunitas Instagram tentang brand/ merek Anda.

Dengan sesekali menyukai dan mengomentari foto tentang bisnis Anda, Anda bisa mendapatkan pengikut dari pengguna yang sudah berbagi foto produk Anda, jasa dan banyak lagi.

Hashtags juga bermanfaat ketika Anda mengadakan kontes berhadiah, undian dan promosi pada Instagram untuk mengatur entri Anda dan menghitung keberhasilan promosi Anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

9 Komentar untuk “3 Cara Mempromosikan Brand Anda di Instagram”

  1. Teguh wahono
    02/11/2016 at 1:51 pm #

    Bagus banget artikelnya,bermanfaat bagi sy khususnya yang lagi fokus cari strategi pemasaran blog saya

    Reply
  2. Gita
    28/04/2016 at 5:45 pm #

    Instagram memang bisa jadi marketing tool yang efektif ya. Mungkin artikel kita http://empathic.marketing/manual-menggunakan-instagram-untuk-pemasaran/
    bisa jadi refernsi juga nih mas Asri

    Reply
  3. erwindarpo
    13/08/2015 at 10:14 pm #

    instagram + statigram + nitrogram 
    wah share yyg sangat bagus sekali terima kasih

    Reply
  4. AriMsiBioSpray
    11/06/2015 at 2:46 pm #

    yang nyari bisnis cek di www.cakruk.web.id atau [email protected]

    Reply
  5. Tas Kertas
    19/09/2014 at 10:58 pm #

    Thanks sharingnya.. sangat menarik.. mau coba praktek ah… folowernya masih duikit bngt hehe…. thnaks

    Reply
  6. Toni
    23/08/2014 at 3:41 pm #

    terus terang saya belum memiliki akun di instagram apalagi akun usaha. nanti bisa langsung buat dan mempraktekkan cara-cara diatas
    trima kasih

    Reply
  7. Murah
    17/08/2014 at 11:20 am #

    Ya, tetapi pengguna instagram kebanyakan wanita

    Reply
  8. keepsmile_id
    10/06/2014 at 3:39 am #

    follow instagram: @keepsmile_id buat tweet2 lucu banyolan yang bikin kamu ketawa dan senyum2 sendiri. yuk follow @keepsmile_id di instagram 🙂 😀

    Reply
  9. Tas Kamera Murah
    11/04/2014 at 4:10 pm #

    Baru tahu saya kalau instagram lengkap kaya gitu.. Biasanya cuma upload foto aja tanpa ada monitoring…

    Reply

Berikan Komentar Anda