3 Tips Sukses Berbisnis Online

Terpikir untuk berbisnis online? Anda tidak salah. Bisnis online memang saat ini dipercaya sebagai salah satu model bisnis yang sangat efektif untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Di tahun 2014 ini misalnya, pengguna internet dikatakan sudah tembus lebih dari 100 juta orang, dimana hal ini semakin meyakinkan jika bisnis online memang tepat untuk dilakukan.

Suksesnya berbisnis online tentu tidak semudah itu didapatkan, mengingat semakin banyaknya bisnis online yang muncul, serta varian produk yang juga semakin berkembang.

Lalu apa yang dapat anda lakukan agar bisnis online anda sukses? Ini dia tipsnya.

1. Inovasi Produk

Produk yang anda jual tentu haruslah sesuai yang dibutuhkan market, dimana anda dapat melihatnya dari tren produk yang saat ini sangat digemari.

Akan tetapi, tak selamanya menjual produk yang memang sudah banyak dijual itu efektif dalam bisnis online.

Jika anda ingin berinovasi dengan produk yang anda jual, maka anda memiliki kesempatan untuk menjadi yang pertama menjual produk tersebut, walau hanya dalam lingkup di dalam negeri.

Mulainya mencari review atau ulasan tentang produk yang laris dijual di luar negeri misalnya, yang belum anda di Indonesia.

Atau kembangkan produk anda yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga mereka semakin tertaris membeli produk baru anda.

2. Pemasaran yang Tepat

Jika anda memiliki produk, tentu anda ingin konsumen melihatnya dan membelinya. Oleh karena itu, memasarkan produk secara tepat juga menentukan kesuksesan dalam bisnis online.

Lakukan pemasaran sesuai dengan target konsumen anda serta mengetahui secara detil media online yang saat ini sangat sering digunakan sehingga anda dapat menjangkau konsumen lebih baik lagi.

Semakin dikenalnya produk anda secara luas, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pembeli dan tentu saja, keuntungan yang semakin tinggi.

3. Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Konsumen adalah raja, dan hal itu juga berlaku dalam bisnis online. Tak jarang sebuah bisnis yang sudah terbangun lama menjadi sepi pembeli hanya karena kejadian tidak mengenakkan yang dialami pembeli, sehingga bisnis anda terkena imbasnya.

Hal inilah yang menyebabkan hubungan antara anda dan konsumen harus selalu terjalin dengan baik. Anda dapat selalu menyenangkan para konsumen dengan pengiriman barang yang tepat waktu, keuntungan atau bonus bagi yang menjadi pelanggan setia, hingga terus menjalin hubungan setelah barang diterima oleh konsumen.

Review yang positif dari konsumen juga dapat berimbas baik pada bisnis anda, karena orang akan semakin percaya untuk mengeluarkan uangnya membeli produk dari anda.

Dengan 3 tips sukses tadi, diharapkan bisnis anda semakin sukses dan berjalan lancar. Semoga bermanfaat.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda