4 Cara Paling Mudah Membuat Website Sendiri

Cara Paling Mudah Membuat Website Sendiri – Sebenarnya semua orang bisa membuat website sendiri, jika mengetahui teknik-tekniknya.

Untuk bisa melakukan itu, juga tidak perlu harus mengerti bahasa pemrograman, karena saat ini sudah banyak penyedia layanan website gratis di internet dengan membuatnya lebih gampang. Anda cukup mempelajari panduan cara mudah membuat website sendiri.

cara-membuat-website-sendiri

Jika Anda berminat untuk mencobanya, silahkan praktekkan empat cara mudah membuat website sendiri yang paling gampang berikut ini:

(1) Dapatkan web hosting dan domain

Untuk bisa membuat website sendiri, Anda harus memiliki web hosting dan domain terlebih dahulu. Bagi yang belum mengerti, web hosting merupakan tempat Anda untuk menyimpan semua dokumen yang telah di-posting ke website, yang telah terkoneksi dengan internet. Sedangkan domain adalah alamat dari website Anda tersebut, sekaligus juga menjadi namanya.

Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa menyewanya melalui penyedia web hosting dan domain yang ada di internet. Biasanya kedua unsur ini disewa sekaligus, dengan banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama soal kapasitas ruang penyimpanan dan fitur yang ditawarkan sebuah web hosting. Web hosting dan domain ini biasanya juga disewa setiap tahun dengan bayaran tertentu.

(2) Lakukan pengerjaan pembuatan website

Jika Anda sudah memiliki web hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah memulai pengerjaan pembuatan website tersebut. Anda bisa menggunakan penyedia website gratisan di internet, seperti WordPress atau Blogspot.

Kelebihannya, selain gratis, cara mudah membuat website sendiri ini adalah yang paling gampang. Tapi, jika ingin sedikit lebih bagus, Anda juga bisa membuatnya melalui local host di komputer atau laptop.

Sebelumnya memulainya, jangan lupa juga siapkan semua bahan yang diperlukan, misalnya template atau theme untuk tampilan website Anda nantinya, dan tentu saja tulisan dan foto-foto yang akan di-posting pada website tersebut.

(3) Periksa website sebelum di-launching

Setelah menyelesaikan langkah kedua di atas, maka untuk sementara website Anda sudah jadi. Tapi, sebelum memperkenalkannya kepada orang lain, ada baiknya Anda periksa terlebih dahulu, apakah semua bagian pada website tersebut sudah benar-benar berjalan dengan baik.

Caranya, Anda akses website tersebut melalui browser internet. Jika tidak ada bagian yang error, maka website itu benar-benar sudah oke.

(4) Promosikan website baru tersebut

Langkah selanjutnya adalah promosikan website baru Anda itu. Bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan jejaring sosial, atau memperkenalkannya melalui forum di internet dan email. Promosi ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah website, agar bisa dikunjungi oleh banyak pengguna internet di seluruh dunia.

AstaMedia Group
AstaMedia Group adalah perusahaan internet marketing dan blog advertising yang berdiri sejak tahun 2009 dan berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan.

Berikan Komentar Anda