4 Tahun AstaMedia, Terus Belajar dan Bekerja!

4 Tahun AstaMedia GroupTepat 26 Januari 2013 ini, AstaMedia Group genap berusia 4 tahun. Sebuah usia yang lumayan untuk perjalanan bisnis online yang penuh dengan dinamika.

Selama rentang masa 4 tahun ini telah terjadi banyak perubahan dalam bisnis yang kami geluti, juga implikasinya pada model layanan yang kami tawarkan untuk publik.

Di awal pembentukannya, AstaMedia lebih banyak fokus pada bisnis blog advertising dengan target layanan global (internasional), sehingga fokus kami adalah membangun jaringan blog global sebanyak-banyaknya dengan tetap mengindahkan kualitas sehingga tetap ‘laku’ di pasar SEO dan link building. Bisnis ini pun berjalan dengan sangat baik hingga saat ini.

Kami juga membuka sekolah blog offline di Makassar dengan ratusan alumni hingga saat ini. Animo masyarakat begitu tinggi untuk mengikuti kelas kami, sayangnya karena memang kami tidak pernah membuka kelas online, sehingga banyak calon siswa yang akhirnya urung mengikuti kelas kami di Makassar karena berbagai hambatan, terutama jarak dan waktu belajar yang tidak memungkinkan.

Kami tetap berkomitmen bahwa keberadaan sekolah blog menjadi sangat perlu dipertahankan, selain untuk tetap membuka kran berbagi dengan semua kalangan tentang bisnis blogging, juga berperan sebagai media silaturrahim dengan sesama blogger dan staff pengajarnya.

Di tahun keempat ini, sekolah blog tetap kami jalankan, tentunya dengan sejumlah “penyesuaian” terhadap kurikulum mengingat banyaknya perubahan dalam skema bisnis online dewasa ini. Perubahan algoritma Google yang terbaru membuat bisnis link building, blog advertising dan SEO bagaikan mendapat hantaman keras, sehingga banyak yang harus di-redesign kembali untuk tetap bisa bersaing, termasuk juga dengan keberadaan blog network yang ada.

Ada beberapa orang rekan yang sudah tidak lagi bersama kami di kantor AstaMedia, meskipun secara non-formal masih tetap menjadi bagian dari keluarga AstaMedia. Pun, ada sejumlah wajah baru kini menghiasi meja-meja kerja kami yang sederhana. Itulah perjalan hidup. Penuh dengan pilihan, tantangan, pasang-surut, semangat dan kegalauan bercampur, bergiliran datang. Kita hanya bisa menjalaninya dengan sepenuh hati, memberikan yang terbaik pada setiap karya dan tugas kita.

Kami bersyukur karena masih bisa bertahan hingga tahun keempat ini. Tidak terasa memang. Hari berganti minggu, bulan berganti tahun, kami berinternet marketing ria. Kami berblog advertising di kantor kami. Kami membangun blog network berkualitas, baik lokal maupun global dengan tanpa lelah. Kami juga memasuki ranah bisnis yang ‘baru’ buat kami, yakni online selling. Ya, sambil belajar, berbagi dan berbagi, kami juga terus bekerja!

Di usia yang ke empat ini, kami akan lebih fokus pada pemberdayaan lokal. Jaringan blog lokal yang kami bangun kini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, tidak terkecuali media portal digital utama kami yang paling anyar: Teruskan.com. Yah, saat ini malahan sebagian besar sumber daya terbaik kami difokuskan menangani Teruskan.com untuk menjadi portal informasi papan atas di tanah air.

Ibarat berujar, kalau dahulu kami belajar keras, saat ini kami bekerja keras mengimplementasikan teori-terori dan latihan-latihan yang telah kami dapatkan. Kini, kami siap memaksimalkan segalanya! Mempertahankan eksistensi perusahaan ‘anak muda’ ini dengan memberikan karya terbaik, terutama untuk kami sendiri, keluarga, dan masyarakat luas. Ini tetaplah tahun belajar dan terus bekerja!

Selamat ulang tahun, AstaMedia!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda