4 Tips Jitu Memulai Bisnis Online

Bisnis online saat ini sangat diminati banyak orang, karena nilai bisnis dan keuntungan yang cukup menggiurkan dibandingkan dengan bisnis offline seperti membuka toko, restoran dan lain sebagainya.

Bisnis online juga bermula dari semakin berkembangnya teknologi dan gaya hidup seseorang, sehingga semua hal seakan dimudahkan sejak hadirnya internet beserta perangkat atau gadget pendukungnya.

Jika anda ingin memulai bisnis online, pastikan anda menjalankan beberapa langkah awal berikut agar bisnis anda berjalan sesuai dengan harapan.

1. Putuskan Apa yang Ingin Dijual

Sebelum memulai bisnis online, putuskan dulu produk apa yang ingin anda jual. Produk tersebut tentu dapat berwujud seperti perlengkapan fashion, makanan, alat elektronik, buku dan lain sebagainya, atau yang tidak berwujud seperti jasa penerjemah, layanan tiket dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menyimak tren saat ini tentang produk apa yang sedang tren, sehingga anda dapat memutuskan jika ada beberapa inovasi produk yang dapat anda jual sehingga berbeda dari yang sudah ada.

2. Membuat Website

Tentu saja, ‘toko’ bisnis online adalah alawat website atau media online lainnya. Buatlah website untuk bisnis anda dengan content atau isi yang menarik.

Pilih pula nama yang simpel, mudah diingat dan juga mencirikan produk anda. Beberapa domain atau nama website biasanya membutuhkan biaya jika ingin dibeli, walaupun ada beberapa website yang menawarkan domain gratis.

Jika ada keterbatasan biaya, anda juga dapat memanfaatkan blog atau media sosial untuk membuka toko online anda.

Jika anda tidak terbiasa atau cukup mahir dalam membuat website, anda dapat menyerahkannya kepada seseorang yang dapat membuatnya. Biaya yang anda keluarkan mungkin akan sedikit lebih besar. Namun untuk hasil tampilan website yang profesional dan meyakinkan, mengapa tidak?

3. Display Produk

Dalam bisnis online, konsumen tidak langsung dapat melihat produk yang anda jual. Karena itu, display produk dalam website atau toko online anda sangatlah penting.

Display dapat berupa foto yang jelas dan menarik, detail produk yang jelas serta harga yang pasti.

4. Promosi

Setelah mengisi ‘toko’ anda dengan berbagai produk, kini saatnya memasarkannya melalui promosi yang konsisten.

Pilih media-media yang sering dilihat konsumen agar produk anda semain dikenal. Jika anda mau, anda juga dapat membuat diskon atau potongan harga menarik di awal pembukaan bisnis online anda.

***

Itulah 4 tips jitu memulai bisnis online yang cukup mudah. Pastikan anda memasarkannya secara terus menerus untuk mengundang para konsumen membelinya. Semoga sukses.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda