5 Google Tools Gratis Terbaik

5 Google Tools Gratis TerbaikGoogle tools gratis secara terus-menerus diluncurkan oleh Google untuk membantu menjaga blog kita, namun kadang potensialnya diabaikan. Anda boleh saja memiliki situs web terbaik, tapi jika Anda tidak mempelajari statistiknya dan hanya memeriksa kesehatan situs Anda maka semuanya bisa saja menjadi salah.

Ada sejumlah tools yang tersedia untuk membantu Anda melacak hal-hal yang benar-benar penting. Tapi tahukah Anda bahwa Google menawarkan semua tools tersebut? Secara gratis? Ini dia lima tools terbaik yang disediakan Google menurut Hayley Reeve.

Google Webmasters Tools

Google Webmaster Tools adalah salah satu Google tools gratis yang paling populer yang disediakan oleh Google untuk mendiagnosis masalah apapun dalam situs web Anda, dan untuk membantu menjaga situs Anda tetap bersahabat dengan mesin pencari Google.

Menggunakan Webmaster Tools akan membantu Anda untuk mengidentifikasi isu-isu potensial dalam situs web Anda yang dapat menyebabkan Anda kehilangan traffic. Anda juga dapat menggunakan Webmaster Tools untuk membantu Google memahami pertanyaan search apa yang paling sesuai untuk situs web Anda. Anda kemudian bisa mendapatkan gambaran rinci dari pertanyaan, kesan dan klik dari dalam situs web Anda yang akan membantu Anda untuk memahami lebih lanjut tentang perilaku pengunjung situs web Anda.

Ketika Anda membuat halaman di situs Web Anda, Anda dapat menggunakan Webmaster Tools untuk melacak situs back link lain ke halaman ini serta berapa kali halaman muncul dalam hasil pencarian Google. Dengan menganalisis data ini menggunakan Webmaster Tools Anda akan mulai mengerti halaman mana yang lebih populer dalam situs web Anda dan kemudian dapat menyesuaikan strategi Anda untuk mengoptimalkannya. Semua ini membuat Google Webmaster Tools salah satu Google tools gratis paling kuat yang tersedia untuk digunakan secara online.

Google Analytics

Google Analytics, salah satu Google tools gratis yang lebih mendalam, meningkatkan analisis yang Anda peroleh dari Webmaster Tools dan benar-benar memungkinkan Anda jauh menyelam ke dalam data situs web Anda. Alat pelaporan standar yang sempurna untuk pemula, sehingga mudah untuk mengukur dan memahami keterlibatan di situs Anda.

Tapi begitu Anda merasa nyaman dengan data ini dan ingin tahu lebih banyak, Google Analytics juga memungkinkan Anda untuk membagi pengunjung Anda sehingga Anda dapat menelusuri ke data dan menemukan hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda. Anda juga dapat membuat laporan kebiasaan, menetapkan tujuan dan menemukan KPI (key performance indicators) dari situs Anda yang memungkinkan Anda untuk mengevaluasi keberhasilan Anda. Google Analytics adalah salah satu Google tools gratis yang paling sering digunakan yang tersedia untuk para webmaster.

Google Plus (Ya! Ini adalah salah satu Google Tools gratis)

Apakah Anda seorang multinasional, tak berwajah, perusahaan mega atau hanya seorang anak yang menulis blog dari dalam kamar di rumah orang tua Anda, Anda akan memahami nilai media sosial. Dengan menggunakan Google Plus untuk mempromosikan website atau blog Anda, Anda menjangkau pengunjung Anda. Merekalah yang paling mungkin untuk terlibat dengan konten Anda karena mereka sudah berhubungan dengan saluran sosial Anda, seperti halaman profil Google Plus Anda.

Bahkan ada Google tools gratis yang lebih berguna untuk digunakan dalam Google Plus, seperti Ripples. Ripples memungkinkan Anda untuk melihat siapa yang berbagi konten publik Anda, yang pada gilirannya, memungkinkan Anda untuk dengan mudah menemukan user yang berpengaruh dalam lingkaran Anda untuk teman berbagi dan menyebarkan konten Anda lebih lanjut.

Google Authorship

Google Authorship adalah salah satu dari Google tools gratis yang relatif baru untuk blogger. Jika Anda seorang blogger yang sudah berpengalaman, maka Anda akan menyadari bahwa dalam mesin pencari Google beberapa posting blog kini mulai menampilkan gambar thumbshot dari penulis. Ini berarti blogger tersebut telah meluangkan waktu untuk membuat akun Google Authorship.

Dengan mengikuti instruksi sederhana dari Google, Anda dapat menerapkan ini ke blog Anda dengan mudah dan memastikan bahwa setiap postingan Anda kembali dengan headshot dalam hasil pencarian Google. Hal ini akan menarik lebih banyak klik ke artikel Anda saat yang lain masih belum menyiapkan Google Authorship.

Authorship Anda terkait dengan profil Google Plus dan akan menampilkan image yang Anda gunakan di sini.

Google Insights for Search

Google Insights for Search adalah salah satu Google tools gratis yang tersedia dan terabaikan. Ia memungkinkan Anda untuk membandingkan pola pencarian dan tren di seluruh dunia atau di dalam daerah tertentu atau negara. Anda dapat menggunakan Google tools gratis ini untuk membantu Anda menentukan istilah pencarian Anda yang menarik. Misalnya, katakanlah Anda memiliki produk untuk dijual dengan dua atau tiga nilai jual besar tetapi tidak yakin mana yang akan menjadi yang terbaik untuk mendorong hasil maksimal dengan strategi pemasaran Anda, Google Insights for Search dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Dengan mempelajari hal-hal yang dapat mempengaruhi traffic situs Anda, seperti musim misalnya, Anda juga dapat mengalokasikan anggaran iklan Anda dengan lebih efektif.

Anda tidak perlu menghabiskan jutaan rupiah pada alat analisis mahal atau agensi luar. Ada berbagai macam Google tools gratis yang tersedia untuk dapat digunakan semua orang, yang menyediakan segala yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan dan memasarkan blog atau situs web Anda. Jadi gunakanlah mulai dari sekarang dan lihat bagaimana situs Anda berkembang.

Bagaimana dengan Anda? Apa Google tools gratis favorit Anda?

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda