5 Hal yang Harus Dihindari oleh Para Pebisnis Pemula

Disaat anda akan merintis sebuah bisnis, mungkin orang-orang sekitar Anda akan bersemangat untuk memberikan dukungan dan berbagai nasehat kepada Anda.

Mereka mungkin saja akan memberikan aneka masukan mengenai apa yang harus anda lakukan dalam berbisnis, mulai dari cara merekrut karyawan, menghasilkan produk, memasarkannya, mengurus masalah keuangan, dan lain sebagainya.

Bahkan kemungkinan besar orang yang baru anda kenal sekalipun akan memberikan nasehat yang sama jika anda menceritakan bahwa akan merintis sebuah usaha.

5 Hal yang Harus Dihindari oleh Para Pemula

Menyenangkan memang ketika orang-orang disekitar mau mendukung pilihan kita, akan tetapi diluar itu masih banyak juga orang yang nyatanya tidak pernah mau mendukung dan malah memberikan saran yang justru membuat usaha menjadi terhambat.

Nah, berikut ini adalah beberapa nasehat yang harus dihindari agar tidak membuat usaha anda menjadi tidak lancar:

Rekrutlah Orang yang Dikenal

Umumnya orang-orang akan menganjurkan seorang calon pebisnis untuk merekrut teman orang yang telah dikenalnya, seperti teman, saudara, mantan karyawan di tempat anda bekerja, dan sebagainya.

Saran ini memang tidak seutuhnya salah, namun keputusan yang harus anda ambil ialah dengan memperkerjakan seseorang pada posisi tertentu berdasarkan kemampuan dan kecakapan yang ia miliki.

Lebih baik anda menggaji orang-orang yang memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan posisi di dalam bisnis anda, dibanding harus memaksakan orang-orang yang dikenal yang justru tidak memiliki keahlian dan keterampilan seperti yang anda inginkan, karena hanya akan membuat anda kewalahan jika ujung-ujungnya anda harus menanganinya sendiri.

Pasar Tidak Memiliki Ruang Baru untuk Anda

Orang-orang yang notabene-nya memiliki sikap dengki akan selalu memberikan saran yang negatif kepada siapa saja. Mungkin orang-orang tersebut mengatakan bahwa pasar tidak memiliki ruang baru bagi pemain baru seperti anda. Namun percayalah, bisnis yang berhasil tidak selalu disebabkan oleh adanya penemuan terhadap ruang baru.

Lihat saja Starbucks, perusahaan penjual kopi yang bukan menjadi yang pertama menjual kopi. Meskipun begitu, mereka berusaha untuk berrevolusi.  Meskipun kini Starbucks telah tersebar di berbagai wilayah, nyatanya masih banyak kedai kopi lain yang tetap bisa berkembang.

Harga Produk Anda Harus Lebih Murah daripada Produk Lain

Ada banyak perusahaan yang berpikir bahwa dengan melawan perusahaan lain dari segi harga dapat membuat perusahaan tersebut kalah.  Jika anda berpikiran yang sama dan memilih untuk membanting harga, maka anda telah melakukan kesalahan besar, karena anda hanya membuat perusahaan anda menjadi tertekan karena selalu memberikan diskon secara besar-besaran.

Memang penting bagi sebuah perusahaan untuk menarik pembeli dengan memasang harga rendah, namun bukan berarti perusahaan anda harus memotong harga. Jika perusahaan pesaing menurunkan harga produk mereka, maka anda harus mencari cara lain yang berbeda dan luar biasa agar dapat memenangkan persaingan tersebut.

Semua Media Sosial Bisa Digunakan dengan Gratis

Dibanding masa-masa yang lalu, merintis usaha di zaman sekarang memang jauh lebih mudah karena promosi dan pemasaran produk dapat dilakukan lewat media sosial yang tidak perlu mengeluarkan biaya, seperti Facebook, Twitter, Blogspot, dan WordPress.

Memang untuk membuat masing-masing account tersebut, anda tidak perlu mengeluarkan uang. Akan tetapi, saat anda merawatnya, tentu anda membutuhkan waktu dan tenaga agar konten itu tetap hidup.

Anda harus mau menjadi admin yang setia menjawab berbagai pertanyaan dari calon pembeli dan tetap sabar, karena terkadang tanpa sadar para calon pembeli itu mengeluarkan kalimat yang mungkin menghakimi perusahaan anda.

Mengeluarkan Uang yang Banyak akan Menghasilkan Uang yang Banyak

Setiap orang yang merintis bisnis pasti pernah melakukan hal ini. Memang cara ini tidaklah salah, akan tetapi anda harus tahu dan paham akan perbedaan antara membelanjakan uang dan menginvestasikan uang.

Jika anda mengeluarkan uang yang banyak untuk bisnis, tentu bisnis anda akan maju, tetapi jika anda mengeluarkan banyak uang untuk konsumsi pribadi, kemungkinan besar bisnis anda akan terhambat bahkan bangkrut.

###

Demikianlah 5 hal yang harus Anda hindari ketika akan menjalankan sebuah bisnis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda dan bisnis yang Anda jalankan.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda