5 Istilah Dasar yang Harus Anda Ketahui dalam Mempersiapkan Webhosting

astamediagroup.comMempersiapkan webhosting

Webhosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web atau situs internet.

Pada dasarnya blog atau situs web merupakan kumpulan data dan file berupa halaman, gambar, dan lain-lain. File-file blog perlu diletakkan disebuah tempat yang memiliki koneksi ke internet agar blog tersebut dapat diakses oleh para pengguna internet.

Contoh penyedia jasa webhosting yang cukup populer adalah Hostgator dan Bluehost. Saat ini di Indonesia sendiri telah banyak penyedia jasa webhosting dengan beragam penawaran fasilitas dan harga.

Alternatif lain juga tersedia bagi anda yang baru mengenal pembuatan blog dan ingin memulainya tanpa harus membayar jasa webhosting, yaitu memanfaatkan jasa webhosting gratis.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih jasa webhosting. Anda juga perlu memahami beberapa istilah dasar dalam dunia webhosting untuk memudahkan anda dalam memilih penyedia jasa yang akan anda gunakan.

Beberapa istilah tersebut adalah:

1. Bandwidth atau data transfer

Bandwidth atau data transfer adalah pengukuran kapasitas transfer data pada hosting maupun situs web. Semakin banyak file sebuah situs web yang diakses oleh pengunjung, semakin besar juga bandwidth yang digunakan oleh situs tersebut. Pada umumnya bandwidth dihitung perbulan dan akan direset atau dikembalikan ke nol setiap awal bulan.

2. Disk Space

Disk Space adalah ketersediaan ruangan yang diberikan untuk menyimpan file. Saat anda menyewa jasa webhosting, artinya anda sedang menyewa ruang atau space hard disk pada server penyedia jasa webhosting dalam jumlah tertentu.

3. Add-on domain

Add-on domain adalah domain baru yang diletakkan pada salah satu subdirektori domain utama. Ketersediaan add-on domain dalam sebuah akun webhosting memungkinkan anda membuat situs baru tanpa perlu membuat akun webhosting lagi.

4. cPanel

cPanel adalah sebuah control panel berbasis web yang didesain sedemikian rupa untuk mengontrol semua fungsi yang berhubungan dengan webhosting maupun email. Saat ini hampir semua penyedia jasa web hosting memiliki fasilitas cPanel.

5. Fantastico

Fantastico adalah sebuah sistem yang didesain untuk memudahkan menginstal beragam script yang populer saat ini. Keberadaan Fantastico memungkinkan anda menginstal beragam script seperti joomla, Nucleus, Drupal, dan tentu saja WordPress tanpa perlu mengonfigurasi dan meng-upload banyak file. Denga bantuan Fantastico, anda dapat membangun sebuah blog berbasis wordpress hanya dalam hitungan menit.

Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah yang berkaitan dengan webhosting, namun sebagai permulaan, lima istilah diatas penulis anggap cukup sebagai bekal dalam mencari bekal penyedia jasa webhosting.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda