5 Toko Online Gratis Indonesia Untuk Pebisnis Online Pemula

5 Toko Online Gratis Indonesia Untuk Pebisnis Online PemulaBisnis online belakangan ini banyak menjadi pilihan para pebisnis pemula. Selain lebih mudah dijalankan dan gampang dikontrol, berbisnis secara online juga lebih murah dalam soal modal.

Menjalankan bisnis melalui online memang tidak membutuhkan modal banyak untuk menyewa tempat untuk berjualan dan membayar pegawai untuk menjaganya. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah website sebagai toko online.

Bahkan, saat ini, Anda yang berbisnis online malah juga bisa memanfaatkan toko online yang sudah banyak tersedia di internet.

Untungnya lagi, toko online yang sudah jadi itu, bisa digunakan secara gratis, sehingga Anda hanya perlu memikirkan modal untuk membeli stok barang yang akan dijual.

Berikut ini ada lima toko online gratis Indonesia yang banyak digunakan oleh para pebisnis online di tanah air:

1. Tokopedia.com

Tokopedia mendeklarasikan dirinya sebagai mallnya toko online di Indonesia. Sebagaimana tagline-nya, toko online ini memang bagus untuk Anda yang baru pertama kali berjualan melalui internet. Tokopedia memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak dan membernya pun demikian.

Tokopedia sudah mulai diiklankan melalui televisi swasta di Indonesia sehingga popularitasnya semakin menanjak. Kelebihan lainnya, Tokopedia.com sangat search engine friendly, sehingga barang yang dijual dapat ditemukan dengan mudah di internet.

2. Indonetwork.co.id

Toko online gratis Indonesia yang satu ini merupakan salah satu yang tertua di negeri ini, yaitu sejak tahun 1993. Saat ini, ada ratusan ribu member yang bergabung di toko online ini, tidak hanya di Indonesia tapi juga dari mancanegara. Kelebihannya, terdapat fasilitas seperti website sendiri bagi para member, yaitu www.bisnisanda.indonetwork.co.id.

3. Olx.co.id

Toko online dengan model iklan baris online ini termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia. Hampir setiap kota besar di Tanah Air, memiliki sub-domain toko online ini, seperti Bandung.olx.co.id dan Surabaya.olx.co.id. Perusahaan yang didirikan pada bulan Maret 2006 ini juga sudah digunakan di lebih dari 105 negara dengan 40 bahasa.

4. Berniaga.com

Tidak jauh berbeda dengan TokoBagus.com, toko online yang terdapat pada Berniaga.com juga mempunyai SEO (Search Engine Optimized) yang sangat baik. Mereka juga me-review setiap iklan yang masuk, agar iklan yang dipublikasikan benar-benar berkualitas, sekaligus untuk meminimalisir potensi penipuan yang sering terjadi pada jual beli online.

5. Bejubel.com

Banyak pebisnis online yang menyukai salah satu toko online gratis Indonesia ini, karena memberikan kemudahan dalam meng-upload gambar produk. Selain itu, Bejubel.com juga memiliki tampilan yang lebih elegan, dengan didukung fitur-fitur lengkap, termasuk aplikasi mobile untuk gadget iPhone, Android, dan BlackBerry.

Masih ada yang mau menambahkan? Silahkan komentar di bagian bawah artikel ini.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “5 Toko Online Gratis Indonesia Untuk Pebisnis Online Pemula”

  1. Toni
    09/09/2014 at 5:03 pm #

    dari ke-5 toko online diatas yang sudah saya pergunakan hanyalah olx.co.id, nanti yang lainnya akan saya coba pergunakan juga
    terima kasih atas infonya

    Reply

Berikan Komentar Anda