Alasan Penolakan Pendaftaran Anda Di Yahoo Express

http://www.astamediagroup.comSetelah anda membayar Yahoo untuk proses pendaftaran situs anda, namun dikemudian hari ternyata anda mendapatkan email dari mereka bahwa situs tersebut ditolak oleh Yahoo. Hal ini mungkin saja terjadi pada siapapun, termasuk anda. Lalu apa yang harus dilakukan ? Langkah penting yang dilakukan adalah tidak terlalu panic, karena anda memiliki waktu paling tidak selama 30 hari untuk memohon kepada mereka. Dan perlu diingat, biaya itu hanya untuk satu permohonan terhadap mereka.

Lalu lakukan perbaikan secara hati-hati, terutama terhadap kesalahan menurut editor yang disampaikan ke email anda. Jika permohonan anda masih ditolak, maka biaya proses pendaftaran yang anda telah bayarkan akan hilang begitu saja.

Sayangnya, Yahoo tidak selalu memberikan keterangan yang spesifik tentang mengapa situs yang anda daftarkan tersebut ditolak oleh mereka. Sebagai gantinya, mereka memiliki berbagai pertimbangan yang umum kenapa penolakan seperti itu bisa terjadi, terutama dalam pembenaran terhadap penolakan tersebut.

Berikut ini kami tuliskan beberapa dari alasan tersebut, terutama dalam mendukung keberhasilan anda dalam mendaftarkan situs kedalam directory Yahoo.

Dianggap Tidak Berisi

Yahoo mengatakan bahwa situs anda dianggap tidak berisi atau tidak memiliki halaman unik.

Solusinya : buatlah situs anda lebih berisi dengan menambahkan halaman baru atau artikel lainnya. Buat link dari suatu halaman ke halaman lainnya, dan seterusnya. Termasuk suatu halaman yang isinya terlalu sedikit tidak dianggap sebagai content, begitu juga dengan halaman yang dipenuhi banyak link, juga tidak dianggap sebagai content.

Usahan bahwa halaman yang disediakan berbobot, mudah diakses dari halaman utama, sehingga situs yang anda kelola kelihatan cukup bagi mereka. Menuliskan berbagai artikel yang mudah didapatkan secara gratis dari internet juga dinilai kurang bagus bagi mereka. Seperti diinginkan oleh Yahoo, bahwa situs anda memang dianggap unik.

Salah satu alas an lain adalah masalah situs yang dikelola hanya dapat diakses oleh anggota yang terdaftar. Editor tentu saja hanya menilai halaman-halaman yang mudah ditemukannya disitus anda.. jika anda memang memiliki kasus seperti itu, berikanlah mereka hak untuk mengakses data yang didalamnya, kirimkan mereka login dan password, paling tidak berikan mereka akses untuk sekitar 90 hari.

Tidak Kompatibel dengan Browser versi Lama

Yahoo mengatakan bahwa situs yang anda kelola tidak kompotibel dengan browser versi lama, sehingga informasi yang di tampilka didalam halaman tersebut tidak tersususn rapi, atau berantakan, atau tidak terlihat sebagaimana mestinya.

Solusi : Yakinkan bahwa halaman yang ada pada situs anda tersebut bisa diakses dengan berbagai macam browser, termasuk browser versi lama. Dimana tampilannya juga tidak terlalu jauh berbeda ketika diakses dengan browser versi baru. Yahoo sangat ketat dalam masalah ini, untuk itu hati-hatilah, ikuti kemauan mereka.

Situs anda harus dapat ditampilkan secara benar meskipun menggunakan browser IE versi 4, Netscape versi 4, atau versi yang lebih baru seperti itu. Dukungan terhadapa 3 versi sebelumnya merupakan ide yang cukup baik. Sebagai tambahan, untuk mendukung anda dalam melayani permintaan tersebut, situs anda diharapkan dapat mendukung tampilan dalam ukuran resolusi 640×480 pixel.

Yahoo tidak membutuhkan halaman yang kelihatan cantik, baik pada browser Netscape v4 dengan 640×480, seperti halnya yang kelihatan pada Internet Explorer v6 dengan dukungan resolui 1024×768, secara umum bagi mereka tidak masalah, meskipun bunyi-bunyian serta bentuk grafis tidak muncul, namun esensi informasi tetap muncul dengan baik.

Anda sebaiknya memeriksa situs yang anda kelola dapat berjalan dengan baik, terutama ketika JavaScript tidak diaktifkan atau tidak tersedia pada saat siapapun mengunjungi situs anda. Banyak situs akhir-akhir ini yang didukung dengan keberadaan JavaScript, sehingga dapat mengakibatkan mereka ditolak. Termasuk juga penggunaan halaman berbasis penuh kepada penggunaan Flash, atau bahkan penggunaan teknologi terkini, seperti CSS, DHTML, dan seterusnya, dimana ditemukan permasalahn yang menyebabkan tampilan informasi muncul berantakan. Yahoo tidak menyukai hal ini.

Menyediakan layanan yang mampu merangkul berbagai kasus itu tentu tidaklah hal yang mudah, baik melayani browser baru dengan teknik modern, maupun melayani browser versi lama dengan banyak keterbatasan. Sehingga kadang-kadang dianggap sesuatu yang tidak mungkin.

Pada kasus ini, anda mau tidak mau harus membuat halaman dengan versi yang sederhana, sehingga seorang pengunjung situs anda dapat memilih secara bebas sesuai dengan teknologi yang mereka miliki.

Jangan takut dan ragu untuk maju terus, terutama jika aitus anda diminta harus menyediakan layanan berbagai macam tersebut, yang penting cukup buat halaman anda dapat ditampilkan dalam bentuk sederhana ketika pengunjung anda tidak memiliki teknologi canggih pada computer mereka.

Telah diisikan sebelumnya atau tidak unik

Yahoo mengatakan bahwa situs yang memiliki informasi seperti anda daftarkan telah terdapat didalam daftar mereka, atau situs anda dianggap tidak unik menurut mereka.

Solusi : pesan penolakan ini sering ditemukan untuk mereka yang mencoba mendaftarkan sub dari suatu lokasi yang telah didaftarkan pada directory. Jika ini kasus yang anda hadapi, kesempatan anda berhasil memang sedikit tipis, sebab Yahoo memang jarang menerima pendaftaran suatu situs pada beberapa lokasi. Namun demikian, dengan menjelaskan kenapa hal ini memiliki kelebihan tersendiri untuk ditempatkan pada directory yahoo adalah satu hal yang patut anda coba.

Jika anda memang mengalami kendala ini, tidak ada salahnya anda melihat kembali alas an pertama yang membahas tentang tidak dianggapnya suatu situs memiliki isi yang unik.

Under Construction

Halaman yang didaftarkan dianggap masih dalam tahap pembangunan. Solusinya : penyelesaian masalah ini tidak terlalu berat, jika situs anda memang telah siap, biasanya hal ini terjadi karena halaman yang dibuka sedang terkait/link ke pesan tersebut. Bersihkan bagian tersebut. Kadangkala alas an ini juga dianggap karena berhasil tampilan halaman berantakan karena tidak didukungnya browser versi lama. Untuk kasus tersebut silahkan dibaca kembali alasan yang telah kita uraikan diatas.

No Addres

Jika situs yang anda kelola adalah situs komersil, atau didaftarkan pada kategori yang berkaitan dengan regional, maka anda harus menuliskan alamat anda. Hal ini diperlukan sebagai pertanggung jawaban dari Yahoo untuk menampilkan situs dalam daftar mereka terhadap berkualitasnya informasi yang diberikan. Hal ini tentu bisa dianggap hal yang wajar, baik untuk situs komersil, dimana diperlukan alamat mereka bagi pengunjungnya, begitu juga dengan situs yang didaftarkan dalam kategori regional, tentu harus disebutkan alamat pusat dari pengelola situs tersebut.

Paling tidak, sampaikan alamat ini pada bagian “about as”, atau pada halaman “contact”, kapan perlu sampaikan ini pada hampir setiap halaman. Menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi bisa dianggap ide yang bagus.

Sedangkan untuk bisnis yang berbasis di rumah, mungkin mereka tidak perlu percaya diri menampilakan alamat mereka, paling tidak sampaikan PO BOX yang dimiliki. Bagaimanapun, dalam rangka menghindari permasalahan negative dari sisi konsumen yang mereka referensikan kesuatu situs, Yahoo lebih menyukai alamt fisik dibandingkan dengan PO BOX. Beberapa da yang berhasil dengan cukup menampilkan PO BOX tersebut, tapi tidak jarang juga anda menampilkan situs komersil, ada pentingnya juga anda menampilkan kebijakan privasi serta aturan-aturan yang diterapkan dalam layanan anda. Tentu ini nilai tambah buat anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda