Algoritma Google

http://www.astamediagroup.comHal yang tentunya menjadi pertanyaan adalah kenapa kita harus beranjak dari algoritma yang digunakan oleh Google.

Algoritma, sebagai kerangka pikir yang dijalankan oleh mesin Google, dapat memperlihatkan sifat dari logika yang mereka gunakan. Inilah salah satu alasan, kenapa kami menuliskan pandangan dari algoritma yang mereka gunakan untuk anda.

Bagaimana pun, informasi detil tentang metoda yang digunakan oleh berbagai search engine bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya, dan jarang ditemukan melalui halaman web.

Kebanyakan dari para pengelola search engine menyimpan sebaik yang mereka bisa, terutama rahasia bagaimana mereka memberikan hasil pencariannya.

Namun adakalanya seseorang berusaha untuk membuka tabir sehingga mampu membongkar algoritma yang ada, paling tidak bagaimana mesin yang dimaksud mempu menghasilkan hasil pencarian berdasarkan peringkat, sehingga mereka para pemilik situs dapat membuat situs yang mereka kelola dapat dihasilkan pada rangking tinggi, artinya dimunculkan pada halaman awal dari hasil pencariannya.

Pada banyak kasus, mereka yang mengenal strategi tersebut tidak membuka rahasia yang mereka dapatkan tadi itu kepada pihak lain.

Kenapa mereka seperti itu? Akhir-akhir ini kompetisi yang terjadi di Internet pun mulai tinggi. Kenapa tidak, jika anda mengetahui bagaimana caranya untuk menempatkan halaman situs anda pada peringkat tinggi dan hasil pencarian yang dimunculkan oleh mesin pencari, tentu anda akan mampu memanfaatkannya menjadi lading pencetak uang melalui kunjungan yang tinggi terhadap situs anda. Orang-orang akan mudah menemukan situs anda.

Mereka beranggapan, jika rahasia yang telah mereka ketahui ini dibuka, akan menggeser halaman mereka menjadi turun akibat persaingan yang ada tersebut, sehingga para competitor dari informasi yang sejenis akan mampu dihasilkan lebih tinggi dari situs yang mereka kelola, akibatnya , competitor akan menjegal kunjungan kesitus yang berada dibawahnya.

Logikanya sederhana saja. Mari kita lihat dari pengalaman yang umumnya pernah ditemui oleh para pengguna jasa search engine di Internet, tentunya termasuk anda juga.

Ketika anda mencari suatu informasi pada mesin pencari, tentu link yang ditampilkan pada halaman pertama lebih besar kemungkinannya anda tuju dibandingkan dengan halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Begitu juga, tentu lebih besar kemungkinannya anda mengunjungi situs yang dihasilkan pada bagian atas yang lebih dulu anda baca dibandingkan dengan link yang berada semakin kebawah. Inilah alasannya menurut mereka.

Geser menggeser peringkat hasil pencarian pun terjadi, akibatnya, mereka yang tidak memanfaatkan strategi berdasarkan rahasia yang dipelajari melalui algoritma yang digunakan oleh mesin pencari tersebut akan menempati posisi dibawah sepuluh besar, sehingga halaman situs mereka ditampilkan pada halaman berikut.

Itu pun kalau peselancar atau pengguna mesin pencari tersebut membuka halaman berikutnya dari hasil pencarian yang ditampilkan.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Algoritma Google”

  1. bagkinantan
    28/12/2014 at 2:01 am #

    masih belajar nih untuk mengenali algoritma google agar artikel kita mudah ditemukan di mesin pencari, terimakasih atas sharingnya bang…

    Reply

Berikan Komentar Anda