Bagaimana Cara Downgrade WordPress

downgrade wordpressSeringkali kita menemui masalah setelah melakukan update wordpress ke versi terbarunya. Masalah umum yang sering dijumpai adalah plugin incompatible atau tidak bisa berjalan di versi wordpress tersebut. Sementara, plugin yang kita install tersebut belum juga ada update versi terbarunya. Mau di un Install juga sayang karena masih sangat diperlukan.

Nah untuk kasus ini, tentu solusinya adalah dengan mengembalikan wordpress ke versi terdahulu alias downgrade ke versi yang lebih lawas dimana   plugin yang kita gunakan masih berjalan dengan baik.  Lalu bagaimana caranya? Mari kita simak bersama ulasannya :

Cara Downgrade WordPress

Sebelum melakukan Downgrade mari kita pelajari dulu cara kerja wordpress ketika anda melakukan update versi. Semua file bawaan wordpress di root direktory akan diperbaharui kecuali dua  yaitu file  wp config php dan direktori wp content saat anda melakukan update versi wordpress terbaru.

Jadi prinsipnya file konfigurasi wordpress wp config dan wp content harus diamankan  sebelum yang lainnya di gantikan dengan wordpress versi lama.

Jadi jika kita akan melakukan downgrade yang pertama kita lakukan adalah back up database dan semua file blog kita. Meskipun downgrade versi wordpress terbilang minim resiko namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi hal terburuk. Hitung hitung menjadi back up jika kemudian hari akan migrasi hosting dan lain-lain.

Setelah melakukan back up, silahkan anda mengunduh versi wordpress lawas terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan paket lengkapnya di http://wordpress.org/wordpress-[versi].zip. Misalkan wordpress versi terdahulu yang anda inginkan 3.8.2 silahkan kunjungi http://wordpress.org/wordpress-3.8.2.zip. Silahkan extract terlebih dahulu kemudian hapus wp content nya.

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah upload wordpress melalui ftp atau bisa langsung melalui cpanel situs anda. Secara otomatis file wordpress versi terbaru akan digantikan atau di overwrite dengan file wordpress yang anda upload. Setelah proses overwriting selesai, silahkan buka alamat domain anda di browser. Disitu anda akan diminta untuk melakukan update database. Klik tombol update dan proses downgrade selesai.

Blog anda sudah kembali menggunakan versi yang lama.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

2 Komentar untuk “Bagaimana Cara Downgrade WordPress”

  1. Parahita Tour
    19/06/2016 at 11:10 pm #

    Mau tanya, kalau untuk backup database wp nya secara otomatis apakah bisa, jadi dia di backup ke file or kemana gt.

    salam

    Reply
  2. FLASHCOM INDONESIA
    29/11/2015 at 7:34 pm #

    Terima kasih buat informasinya. Sukses selalu buat astamedia.com dan mampir jug yaa ke blog kami di http://flashcomindonesia.com

    Terima kasih,

    Reply

Berikan Komentar Anda