Bagaimana Membuat Email Marketing Yang Menarik?

Kampanye melalui email marketing merupakan salah satu teknik promosi di internet dengan cara mengirimkan email yang berisi promosi produk atau layanan.

Beberapa orang menganggap cara ini sangat kuno tetapi sejauh ini metode ini selalu dipertimbangkan sebagai metode penjualan yang ampuh dan paling berhasil.

Banyak perusahaan telah mempraktekkan kampanye melalui email marketing tersebut, namun hasilnya bisa berbeda-beda.
Beberapa perusahaan mengalami peningkatan order, tetapi sebagian yang lain tidak.

email marketing

Mengapa bisa demikian?

Jawabannya adalah karena ada perbedaan ‘sentuhan’ dalam penggunaan email marketing tersebut. Ada perbedaan besar antara email marketing yang berhasil dan tidak.

Mungkin anda mengerti bagaimana cara membuat situs yang unik dan modern serta dapat diakses menggunakan XHTML dan CSS. Anda juga mengetahui kriteria dari situs yang baik serta bagaimana cara membuatnya.

Akan tetapi, desain dari sebuah email marketing memiliki aturan tersendiri. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam membuat desain email marketing.

1. Membuat judul yang menarik.

Dalam subyek email marketing, tulislah sebuah judul yang bisa membuat penerima bergegas untuk membuka email marketing yang anda kirimkan.

Jangan pernah membuang waktu pembaca anda. Kotak inbox email merupakan tempat yang sangat amat sibuk. Anda tidak akan bisa memusatkan perhatian anda di sini.

Setiap hari, pastinya pemilik email tidak hanya menerima email dari anda. Tentu saja terdapat lusinan email yang masuk dalam satu hari itu bahkan email marketing yang berasal dari perusahaan lain.

Oleh karena itu, jika anda gagal untuk membuat judul email yang menarik, anda hanya mengirim sebuah email yang tidak akan pernah dibaca oleh si penerima email tersebut.

Jadi, cari judul email yang menarik, yang membuat si penerima bergegas membuka email anda. Hal kecil seperti judul ini, dapat merupakan kunci utama untuk keberhasilan email marketing anda.

2. Mulailah dari hal paling penting.

Pesan paling penting apa yang akan anda sampaikan dalam email marketing anda?

Tuliskan pesan tersebut dalam isi email artikel anda diikuti dengan hal kurang penting. Misalnya anda baru saja mempromosikan produk baru, sampaikan promosi tersebut pada awal kalimat di isi email marketing anda.

Dengan menempatkan masalah ini di bagian atas, pembaca akan lebih mudah untuk menangkap pesan anda.

Dalam email marketing, gaya penulisan to-the point sangat penting karena tidak semua pembaca memiliki banyak waktu untuk membaca email yang membosankan.

Buatlah email yang singkat, jelas dan padat. Email marketing yang terlalu panjang akan membuat pembaca merasa bosan untuk membacanya.

3. Tawarkan sesuatu yang bernilai serta bermanfaat buat pembaca, misalnya penawaran khusus, saran dan tips melalui email marketing anda.

Contohnya sebagai berikut: jika anda akan menjual mobil, tawarkan beberapa tips perawatan mobil.

Atau jika anda akan menjual produk elektronik, tawarkan harga promo khusus melalui email marketing ke pengunjung yang sudah mendaftar.

Hal ini akan membuat pembaca lebih tertarik dengan email marketing anda.

4. Di akhir email anda, jangan lupa untuk mengajak pembaca melakukan apa yang anda harapkan agar dilakukan oleh pembaca anda yang merupakan tujuan dari anda mengirim email marketing tersebut.

Contohnya adalah agar mereka meng-klik link anda. Ingat bahwa perintah yang anda berikan adalah untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya dengan menuliskan “klik di sini”.

Hal seperti ini juga berfungsi untuk membuat email marketing anda lebih menarik dan menimbulkan rasa penasaran.

5. Buat menu unsubscribe sesederhana mungkin.

Tidak ada gunanya mengirim email marketing kepada orang-orang yang tidak tertarik. Email marketing dapat dikirim secara lebih mudah kepada seseorang yang memiliki email, tetapi anda harus melakukannya secara lebih efektif.
Hal ini juga merupakan materi yang dapat anda pelajari sekarang, apa yang merupakan target pasar dari produk anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda