Bagaimana Para Blogger Menghasilkan Uang Dari Blog?

Bagaimana Para Blogger Menghasilkan Uang Dari Blog

Bagaimana sebuah situs seperti Google, Facebook, LinkedIn atau Techcrunch, bisa survive dan menghasilkan jutaan dollar sampai saat ini? bahkan (khususnya Google, Facebook, dan LinkedIn) sebelum mereka IPO di lantai bursa saham?

Atau situs dalam negeri seperti Detikcom, sebuah situs berita yang didirikan oleh 4 orang wartawan senior : Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi, yang pada awal muncul situs ini -30 Mei 1998-, sering dikritik akibat halaman muka detikcom dipenuhi iklan yang mengisi sekitar 80% ruangnya sehingga masa loading yang cukup lama. Dan sampai tanggal 2 Agustus 2011 bisa bertahan secara independen dan menggaji karyawannya (tanpa masuk ke lantai bursa saham dan hanya mengandalkan iklan) hingga keesokan harinya CTCorp mengakuisisi detikcom senilai US$60 juta atau Rp 521-540 miliar (wikipedia).

Bagimana Memulai?
Bagaimana mereka memulainya? atau jika situs-situs diatas terlalu “tinggi” menurut anda, adakah hal sederhana untuk memulai yang bisa anda buat yang setidaknya mirip dengan konteks diatas, Survive dan menghasilkan? well, jawabannya ada. Hal yang saya rekomendasikan adalah membuat sebuah blog bisnis. Ya, buatlah blog bisnis, sebuah blog  dengan tujuan profit oriented. Berbeda dengan blog pribadi yang kontennya lebih kepada curhatan atau pengalaman hidup anda, blog bisnis dibuat dengan tema tertentu (seperti tips kesehatan, tips travel atau liburan, tips komputer, dll) dan memberikan informasi yang lebih spesifik tentang tema blog.

Bagaimana membuat blog bisnis?
Mulailah dengan memilih sebuah nama domain. Domain adalah nama situs yang merupakan identifikasi dari satu atau lebih alamat IP. contohnya domain situs ini adalah Astamediagroup.com. Perlu anda ketahui bahwa secara umum, membuat blog ada dua cara:

  • Secara gratis, layanan ini anda bisa dapatkan di blogger.com atau wordpress.com. Namun anda hanya diberikan layanan berupa sub domain (mis: blogbisnis.blogspot.com atau blogbisnis.wordpress.com) dengan segala keterbatasan pengelolaan konten didalamnya.
  • Berbayar : layanan ini sangat direkomendasikan. terbalik dengan yang layanan gratis, layanan berbayar ini memberikan anda full akses terhadap domain yang anda beli. nama domain nya pun tidak dalam bentuk sub. mis: blogbisnis.com.

Pemilihan nama domain sangat penting. Para blogger biasanya membuat riset terlebih dahulu sebelum membeli domain. tujuan nya paling utama adalah untuk memenangkan persaingan dalam Search Engine terhadap tema (niche) dan kata kunci (keyword) yang diinginkan. Teknik ini disebut SEO.

Apalagi itu SEO?
SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan performa sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari ( SERP = Search Engine Results Page ), sehingga akan memaksimalkan trafik atau pengunjung ke situs anda, baik itu website statis maupun blog. Jadi semakin tinggi posisi blog anda dalam search engine, semakin besar pula kesempatan anda mendapatkan trafik visitor yang banyak. Tentang bagaimana menulis artikel yang menarik dan teknik SEO nanti akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Apa yang harus dilakukan setelah domain telah dibuat?
Setelah domain anda sudah ada, isilah dengan konten/artikel yang menarik yang tentu saja sesuai dengan tema blog bisnis anda. Sebagian blogger bahkan menyebut Content is The king. Konten/artikel merupakan daya tarik utama dari sebuah blog bisnis. tetapi jangan lupa dengan tampilan blog anda. Saat ini tampilan yang lebih simple, elegan, tidak ribet (navigasi yang memudahkan visitor) lebih disukai. Indikasi utama bahwa konten/artikel anda menarik adalah banyaknya visitor yang mengakses artikel anda. memang pada saat awal-awal mengelola blog bisnis, visitor tidak langsung banyak, anda harus bersabar, tetaplah menulis tentang artikel yang menarik dan mulailah belajar tentang SEO.

Bagaimana dengan menghasilkan uang dari blog?
Ketika blog bisnis anda mulai berjalan, silahkan blog anda daftarkan di berbagai situs periklanan, afiliasi, ataupun forum-forum yang memberikan anda kesempatan untuk menghasilkan uang dari blog anda. Di bawah ini beberapa rekomendasi saya:

  • Program Pay Perclick (PPC)
    Program Pay Perclick atau dibayar tiap klik adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet dimana pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya (wikipedia). Beberapa situs PPC yang favorit adalah Google Adsense, Microsoft Adcenter, Chitika, Smowtion, SITTI, Kliksaya, dll.
  • Program Afiliasi
    Program Afiliasi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan jumlah besar uang dalam jangka panjang. Cara kerja program Afiliasi umumnya yaitu anda bekerja sama dengan pihak pemilik produk dengan cara mempromosikan produk tersebut di blog anda, dan apabila produk terjual maka anda akan medapatkan bagian keuntungan dari produk yang terjual tersebut. Beberapa situs Afiliasi seperti : Amazon Associates, TripAdvisor dan Agoda untuk blog travel, untuk afiliasi lokal seperti tipshamil.com dan bedakpemutih.com
  • Program Paid for Review
    Program Paid for Review adalah sebuah program untuk monetasi blog dimana Blogger diharuskan untuk me-Review produk atau situs/blog ataupun apa saja sesuai dengan keinginan si Advertiser, baik bentuk tulisan, artikel, tinjauan, timbangan buku atau resensi, kemudian diposting diblog, jika di setujui maka blogger akan dibayar. beberapa contoh situs paid for review yaitu SponsoredReviews, Blogsvertise, Review Me, BuyBlogReviews dan lain-lain.
  • Private Ad Deals
    Private Ad Deals atau kesepakatan beriklan dengan klien tanpa perantara atau pihak ketiga di blog anda. Ketika Traffic visitor blog anda tinggi, jangan kaget ketika produsen produk-produk dari yang bawah sampai yang terkenal menghubungi anda dan ingin beriklan di blog anda dengan kesepakatan harga yang hanya anda dan klien yang tahu. bukan hanya produk, tetapi blog baru pun terkadang mengambil kesempatan ini untuk mempromosikan blog nya. bentuk-bentuk nya pun berbagai macam, mulai dari banner, tulisan, maupun link yang di tempatkan di homepage anda. Beberapa contoh iklan Private Ad Deals ini dapat ada liat di situs detikcom, kompascom, dll.

Bila anda serius dalam mengelola blog bisnis anda, yakin keseriusan anda akan terbayar nantinya. Anda harus ingat Tidak ada istilah “uang mudah”, anda harus bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Anda juga harus terbuka dengan dunia bisnis internet yang dinamis, tidak bisa mengunakan ilmu yang itu-itu saja. Artikel diatas sifatnya tidak baku dan hanyalah sekilas tentang dunia bisnis internet yang luas. Lakukanlah dari hal yang sederhana. Fighting!!!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

16 Komentar untuk “Bagaimana Para Blogger Menghasilkan Uang Dari Blog?”

  1. Bali tours
    20/05/2016 at 6:46 pm #

    Betul banget suhu. Terima kasih ijin share suhu

    Reply
  2. Cari Penginapan Mura
    27/02/2014 at 3:51 pm #

    gimana ya cara mengambil link affiliasi agoda?

    Reply
  3. Penerjemah GlobalTra
    05/10/2012 at 10:08 am #

    Saya coba dulu mas..saya juga lagi penasaran sama nyari dolar di intenet. Makasih sharing bagusnya.

    Reply
  4. acoustic video
    06/09/2012 at 1:26 am #

    nice info my friend

    Reply
  5. Anas Surahaman
    31/07/2012 at 6:45 am #

    Betul master, tidak ada namanya uang mudah. semua harus ada kerja keras dan semangat pantang menyerah. Dunia bisnis blog memang butuh konsisten, ketekunan, kesabaran dan tentunya fighting!!

    Reply
  6. Ady padoe
    28/07/2012 at 9:57 am #

    Master Arkam….Angkat aku jadi muridmu…

    Reply
  7. arkam
    24/07/2012 at 4:17 pm #

    @Herfin, mudah2an infonya bermanfaat. btw, lagi belajar tapi blog nya udah mantap gitu yah? 🙂

    Reply
  8. arkam
    24/07/2012 at 4:13 pm #

    @manjilala, iye'…sama-sama daeng, keren nya blog ta.,,apalagi di monetize..hehehehehe

    Reply
  9. arkam
    24/07/2012 at 4:06 pm #

    @yansugie, hehehe..makasih pak yayan…maklum newbie pak..

    Reply
  10. arkam
    24/07/2012 at 4:05 pm #

    @Zebreteges, makasih gan

    Reply
  11. yansugie
    24/07/2012 at 6:42 am #

    Tips yang sangat jitu!

    Reply
  12. Zebreteges
    23/07/2012 at 11:14 am #

    Mantap tipsnya cakep..heuheuheu

    Reply
  13. have heart
    23/07/2012 at 11:10 am #

    pertamax gan 🙂

    Reply
  14. Herfin
    23/07/2012 at 10:38 am #

    Nice info.. cocok buat saya yg lg belajar

    Reply
  15. manjilala
    23/07/2012 at 10:02 am #

    Terima kasih daeng artikel ta', Saran ta' menarik, khususnya soal artikel tips, sepertinya sy harus mulai serius untuk monetize blog saya heheh,,,,,

    Reply

Berikan Komentar Anda