Cara Aman Menyimpan Data Ala Toshiba

Flash Disk Canggih

Sumber : SindoNews

Pernahkah anda membayangkan file rahasia anda di lihat atau di ambil alih oleh orang lain. Untuk anda pribadi tentunya hal ini akan mengganggu hak privasi anda. Nah apabila hal ini terjadi pada sebuah perusahaan atau organisasi tentunya akan mempengaruhi kinerja dari organisasi tersebut.

Informasi

Data penting pribadi atau perusahaan perlu mendapatkan perlindungan agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Itulah sebabnya data memerlukan media penyimpanan yang telah dilengkapi sistem keamanan tinggi. Menyadari pentingnya nilai keamanan data atau informasi, Toshiba meluncurkan sebuah inovasi produk penyimpanan data berupa Flash Disk dengan sistem pengamanan tinggi. Sistem pengamanan data yang digunakan menganut dua teknik pengamanan data dari tiga teknik yang ada yaitu teknik secara fisik dan logic.

Flash Disk keluaran terbaru Toshiba ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mereka sebut Encrypted USB Flash Drive. Sistem keamanan ini tergolong canggih dan telah memenuhi standar keamanan militer AES 256-bit. Sistem pengamanan ini sebagai bentuk penerapan teknik pengamanan data secara logic.  Produk FlashDisk ini diproduksi dengan empat pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 4GB, 8GB, 16GB dan 32GB. Produk ini dijual bebas kepada konsumen, baik itu umum, lembaga ataupun perusahaan.

Penggunaan media penyimpanan canggih ini sangat mudah, seperti umumnya flashdisk lainnya cukup dicolok pada port USB 2.0 yang ada pada laptop atau notebook anda. Yang membedakan Encrypted USB Flash Drive dengan flashdisk lainnya, media penyimpanan ini memerlukan pin yang harus anda masukkan menggunakan mini build in keyboard bila ingin mengakses data yang tersimpan di dalamnya.

Selain itu Toshiba Encrypted USB Flash Drive sudah dilengkapi sistem Brute Force Hack Defense Mechanism untuk mencegah orang jahil mengutak atik atau mencoba untuk menjebol sistem pengamanannya. Namun anda juga harus berhati-hati menggunakannya, bila anda salah memasukkan pin sebanyak 10 kali, data di dalamnya otomatis akan terkunci. Nah sistem ini juga sebagai langkah pengamanan data secara teknik fisik.

Ada barang tentu ada harga. Namanya juga alat canggih, tentunya Anda harus merogoh kocek cukup banyak untuk membelinya.  Media penyimpanan canggih ini dibandrol seharga 1,2 juta rupiah untuk kapasitas penyimpanan 4 Gb. Namun keamanan data penting anda justru lebih jauh berharga bukan?

Walaupun sistem canggih telah digunakan, kemungkinan di jebol bisa saja terjadi. Tentunya agar keamanan data anda terjamin anda perlu menerapkan teknik pengamanan data yang lainnya yaitu pengamanan data secara organisasi. Maksudnya media penyimpanan ini harus dipegang dan hanya bisa diakses orang yang dipercaya.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

1 Komentar untuk “Cara Aman Menyimpan Data Ala Toshiba”

  1. RianSylvester
    11/04/2015 at 12:31 am #

    wah keren nih,di indonesia udah ada blom ya.
    ijin nitip blog juga y min.
    http://silvester-blog.blogspot.com/

    Reply

Berikan Komentar Anda