Cara Bijaksana Untuk Blogwalking dan Berkomentar di Blog Lain

http://www.astamediagroup.comHampir semua blog mengaktifkan fitur komentar untuk menjalin interaksi dengan pengunjungnya. Keberadaan fasilitas komentar juga memungkinkan sesama blogger menjalin silaturahmi dengan saling berkunjung dan memberikan komentar.

Blogwalking adalah istilah untuk aktifitas mengunjungi blog-blog lain. Aktifitas ini biasanya dilakukan dengan “meninggalkan jejak” berupa komentar pada tulisan di blog yang dikunjungi.

Dalam form pengisian komentar terdapat kolom untuk mencantumkan URL yang nantinya akan menjadi link pada nama pemberi komentar.

Namun secara bawaan, hampir semua engine blog menggunakan atribut nofollow pada link yang terdapat pada komentar untuk mencegah maraknya komentar spam sehingga link tersebut tidak memberikan kontribusi berarti pada pagerank blog pemberi komentar.

Jika link pada komentar yang kita buat merupakan link dengan atribut nofollow, bagaimana bisa membantu meningkatkan pagerank? Caranya adalah dengan mencari blog dofollow dan member komentar diblog tersebut.

Blog dofollow adalah blog yang dimodifikasi (menggunakan plugin atau dengan menyunting tema blog) dan menghilangkan atribut bawaan nofollow sehingga pemberi komentar yang mencantumkan URL nya mendapat backlink. Gerakan memberikan backlink kepada pemberi komentar dikenal juga dengan istilah “ You Comment I Follow”.

Bagaimana mencari blog dofollow?

Biasanya blog dofollow menyertakan banner bertuliskan U Comment I Follow sebagai “pengumuman”. Cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs atau blog yang memberikan daftar blog dofollow.

Namun anda perlu ingat bahwa fasilitas komentar diberikan untuk menjalin interaksi dan komunikasi, jadi jangan meninggalkan komentar yang asal-asalan dan hanya ditujukan untuk mencari backlink saja karena selain tidak etis, pemilik blog juga tidak akan memublikasikan komentar anda jika dianggap asal-asalan.

Berikan komentar yang sesuai dengan topic, sampaikan masukan atau pendapat anda mengenai topic tersebut. Jadi, selain mendapatkan backlink, anda juga menunjukkan eksistensi anda dan blog yang anda miliki.

Sebuah komentar yang baik juga sering menarik pengunjung lain untuk mengunjungi blog pemberi komentar. Hal ini berarti membuka peluang anda untuk mendapatkan pengunjung baru.

Blogwalking dan berkomentar diblog orang lain dapat dijadikan sarana untuk menunjukkan keberadaan anda dalam dunia blogosphere serta menjalin komunikasi dengan para blogger lainnya.

Seperti halnya dalam kehidupan nyata, sosialisasi di komunitas internet dapat anda jadikan salah satu bekal berharga dalam menjalani bisnis online yang sedang anda rintis.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

9 Komentar untuk “Cara Bijaksana Untuk Blogwalking dan Berkomentar di Blog Lain”

  1. indohot
    01/11/2015 at 3:39 am #

    makasi mas tentang atribut rel nofollow

    Reply
  2. marinapurwalinggasari
    28/09/2015 at 12:40 pm #

    Saya sedang mencoba cara blogwalking yang santun, saat nyasar disini saya mendapatkan informasi yang saya butuhkan, dan itu sangat membantu. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat 🙂

    Reply
  3. Eko Prayitno
    13/01/2015 at 12:40 pm #

    Saya sedang belajar tentang blog dan ingin meningkatkan kunjungan. Tulisan tentang blog walking ini sangat menarik. Terima kasih atas informasinya.
    Please visit my personal web: www.abunawas-oye.com.

    Reply
  4. Software Design
    09/06/2014 at 4:14 pm #

    Salam kenal ya.. Sekalian berkunjung, Terimakasih infonya, sangat menarik dan bermanfaat..

    Reply
  5. produk handmade
    31/05/2014 at 10:13 am #

    infonya keren

    Reply
  6. jasapolesmarmer
    09/05/2014 at 10:48 am #

    Blog saya juga sering didatangi blog walker yang sayangnya datang hanya untuk menaruh link tanpa memperhatikan konten. Saya pribadi tidak masalah mereka menaruh link, karena memang dunia blog seperti itu asalkan sepatutnya.

    Dan sekarang saya sedang melakukan blogwalking dan terdampar di sini. Semoga admin berkenan dan tidak menghapus komentar saya. terimakasih.

    Reply
  7. fbeautyshop
    18/04/2014 at 3:33 pm #

    infonya sangat keren gan

    Reply
  8. batik bagoes
    01/02/2014 at 4:49 pm #

    kebetulan saat ini saya lagi blogwalking

    Reply
  9. mesin antrianbaru
    08/01/2014 at 4:35 am #

    terimakasih info nya sangat membantu

    Reply

Berikan Komentar Anda