Cara Efektif Berjualan Online

tips efektif berjualan onlinePada dasarnya berjualan online sama saja dengan berjualan secara konvensional atau penjualan secara langsung. Bedanya, menjual secara online jauh lebih simple dan jaringannya lebih luas karena memanfaatkan internet. Meskipun berjualan secara online terbilang simple namun Anda tetap butuh kiat usaha dalam menjalankannya. Tahu kenapa? karena yang berjualan online bukan hanya Anda saja dan persaingan online shop justru lebih ketat.

Berikut ini cara efektif berjualan online :

Produk Jualan

Sebelum mulai membuka toko online, tentukan dulu produk apa yang ingin Anda pasarkan. Carilah produk yang banyak dibutuhkan oleh orang dan dalam jangka panjang. Contohnya pakaian bayi, peralatan bayi dan kosmetik.

Pakaian bayi akan selalu diminati orang. Baik itu untuk keperluan sendiri ataupun sebagai kado untuk sanak keluarga, kerabat ataupun teman. Sama halnya dengan pakaian bayi, kosmetik pun tidak kalah diminati, sebab selama perempuan ingin tampil cantik maka kosmetik akan tetap diburu. Masih banyak lagi produk yang bisa Anda pasarkan di toko online.

Manfaatkan Website

Website dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online, disini Anda dengan leluasa memberikan informasi tentang produk yang Anda jual. Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah :

  • Upayakan gambar terlihat jelas di situs jualan Anda.
  • Berikan keterangan produk dengan lengkap
  • Sertakan cara pemesanan dan cara pembayaran produk.

Optimalkan dengan Sosial Media

Manfaatkan sosial media untuk mendongkrak penjualan Anda, tidak sedikit orang yang mendapatkan banyak pelanggan melalui sosial media.  Anda bisa memanfaatkan Facebook, Twitter,Instagram dan lain sebagainya.  Tidak semua orang mengenali situs penjualan Anda. Untuk itu memanfaatkan sosial media akan memperbesar peluang agar toko online Anda bisa lebih terkenal.

Tentukan target konsumen anda

Menentukan target konsumen adalah bagian dari perencanaan langkah bisnis. Menentukan siapa konsumen anda akan ikut menentukan laris tidaknya produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika target konsumen anda tidak tepat tentunya target penjualan juga tidak akan tercapai, karena anda salah sasaran. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah kenali produk anda terlebih dahulu. Misalkan anda menjual produk penghitam rambut, maka target market anda adalah orang dewasa berusia diatas 35 tahun.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah harga, jika anda menjual barang ekslusif dengan harga yang cukup tinggi atau mahal maka target penjualan anda adalah kalangan menengah keatas.

Demikian ulasan tentang cara berjualan online efektif. Semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu anda mengembangkan bisnis online.

Terima kasih

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

1 Komentar untuk “Cara Efektif Berjualan Online”

  1. Fendy
    08/12/2014 at 12:56 pm #

    Sepertinya untuk mengoptimalkan toko online relatif mudah . namun pada prakteknya susah dilapangan. Karena dengan mudahnya mengoptimalkan toko online dibarengi dengan menjamurnya toko online. Hal ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat. Belum lagi brand brand besar (lazada, blibli dll) semakin gencar berpromosi di adword.

    Reply

Berikan Komentar Anda