Cara Kerja Directory dan Spider Engine

http://www.astamediagroup.comBagaimana Spider Engine Bekerja

Setelah mendaftarkan situs anda secara online ke search engine, maka situs anda tersebut akan mereka simpan untuk sementara kedalam database mereka, lalu search engine menugaskan spider engine atau robot untuk berkunjung ke situs yang didaftarkan, terutama untuk menilai, apakah situs tersebut akan diindex atau tidak.

Waktu respon yang mereka gunakan bermacam-macam, tergantung atas kebijakan dari search engine masing-masing. Kami sering memperhatikan, bahwa Google mengutus spider atau robotnya sehari setelah situs didaftarkan.

Sedangkan untuk search engine lain membutuhkan beberapa hari setelah situs didaftarkan. Bahkan untuk kasus tertentu, kunjungan ini malahan tidak pernah terjadi meskipun sudah berminggu-minggu didaftarkan.

Secara general, umumnya search engine yang terkenal sudah mengunjungi situs anda dalam dua minggu, meskipun beberapa diantaranya ada yang hingga empat minggu semenjak didaftarkan.

Perlu diketahui disini, tidak ada suatu jaminan situs anda akan di-index oleh search engine, meskipun mereka telah menugaskan robot untuk mengunjungi situs anda.

Dalam kejadian umum, anda tidak akan mendapatkan pesan dari suatu search engine yang memberitahukan bahwa situs anda telah diindex oleh mereka, bahkan kami belum pernah mendengarkan dan menemukan suatu search engine mengontak pemilik situs yang memberitahukan bahwa situs mereka telah di Index.

Cara Kerja Directory Engine

Untuk memproses pendaftaran pada directori engine, seperti pada open directory, pendaftaran secara gratis melalui Yahoo, sangat bergantung pada orang-orang yang memproses kapan situs anda terdaftar kedalam database mereka.

Untuk pendaftaran situs yang bersifat non komersil, yahoo memiliki puluhan orang yang mengerjakan bagian ini, yaitu editor untuk mereview dan memasukkan situs anda kedalam data mereka.

Open directory merupakan situs layanan directory yang bersifat gratis,  dan proses review sangat ditentukan oleh para editor yang bekerja secara sukarela (tanpa dibayar) untuk me-review dan mendaftarkan situs anda pada directory mereka, tentu anda dapat membayangkan langkah yang panjang dalam memproses situs yang didaftarkan ke directory mereka.

Anda patut bangga jika situs anda dapat terdaftar pada open directory ini, namun jangan panic jika dalam beberapa bulan situs anda belum juga diproses oleh mereka.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

3 Komentar untuk “Cara Kerja Directory dan Spider Engine”

  1. Private SEO
    08/08/2014 at 1:36 am #

    Untuk Google memiliki tool indexing tersendiri di webmasternya.

    Reply

Berikan Komentar Anda