Cara Konfigurasi DNS Domain Berbayar

http://www.astamediagroup.comLangkah-langkah melakukan konfigurasi DNS sebuah domain berbeda-beda tergantung dimana domain tersebut didaftarkan. Namun garis besarnya sama, yaitu mengatur domain tersebut mengarah keserver tertentu (dalam hal ini server webhosting yang anda gunakan).

Secara garis besar, langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Mengatur pengaturan DNS, Nameservers, atau yang sejenis
  2. Memilih opsi untuk mengarahkan domain tersebut ke webhosting tertentu
  3. Mengisikan Nameserver webhosting yang dituju.

Jika anda membeli domain di salah satu penyedia jasa webhosting Indonesia (hanya membeli domain, tanpa membeli salah satu paket webhosting karena anda ingin menggunakan jasa webhosting di tempat lain atau berencana menggunakan webhosting gratis), maka anda dapat meminta bantuan kepada costumer support untuk melakukan konfigurasi DNS pada domain anda.

Namun jika anda membei domain ber-pagerank dari seseorang, biasanya domain tersebut didaftarkan di registrar luar negeri seperti Godaddy, Name.com, dan lain-lain.

Mintalah bantuan kepada penjual domain tersebut untuk memandu anda dalam melakukan konfigurasi DNS.

Godaddy menjadi domain registrar yang cukup popular di kalangan pebisnis online. Jika anda memperhatikan aktifitas jual-beli domain di forum-forum, sebagian domain yang diperjual belikan merupakan domain yang didaftarkan di Godaddy.

Jika anda membeli domain ber-pagerank yang didaftarkan di godaddy, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi DNS.

  1. Login terlebih dahulu ke account anda.
  2. Pada navigasi sebelah kiri, klik domain manager.
  3. Klik domain yang akan dikonfigurasi
  4. Tekan tombol Nameservers.
  5. Pilih opsi I host my domains with another provider, lalu masukkan nameserver pada kolom yang disediakan dan tekan tombol OK

Sekarang Domain dan webhosting Anda telah siap.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

3 Komentar untuk “Cara Konfigurasi DNS Domain Berbayar”

  1. daihatsu xenia
    10/01/2014 at 3:23 pm #

    sekarang google menawarkan serp untuk onsel cerdas, bagaimana cara konfigurasi supaya website juga dapat dibuka di ponsel cerdas

    Reply

Berikan Komentar Anda