Cara Menghasilkan Lewat Yahoo

http://www.astamediagroup.com/Yahoo

Yahoo bisa disebut dengan rajanya directori di internet, disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkannya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga, sehingga tidak mudah untuk memasukinya.

Namun demikian, mendapatkan sebuah daftar pada directori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi. Sehingga jika memungkinkan, mendaftarkan ke mereka, daftarlah disana. Tidak hanya masalah tingkat popularitas anda dari layanan yang disediakan oleh Yahoo, termasuk juga pada PageRank.

Pertanyaan yang sering terungkap bagi para pemula internet, apasih Yahoo itu? Jawaban singkatnya, Yahoo adalah layanan directori. Seperti disiratkan sebelumnya, Yahoo menggunakan suatu struktur directori untuk menggolongkan lokasi mendaftar didalamnya.

Mereka mempekerjakan dan menggaji orang-orang untuk editornya, termasuk untuk mereview situs yang terdaftar pada layanan mereka. Termasuk dalam proses perawatan terhadap data-data yang ada pada directori tersebut. Sebagai tambahan pada halaman utamanya, terdapat pengelompokkan berdasarkan Negara atau region untuk didaftarkan pada kategori tersebut.

Saat ini Yahoo memberikan dua cara untuk mendaftarkan situs anda kelayanan mereka:

Pertama adalah dengan cara yang tidak berbayar alias gratis, namun layanan ini tidak tersedia untuk semua situs.

Kedua adalah dengan berbayar, yang dikenal dengan layanan Yahoo Express, layanan ini bisa dimanfaatkan oleh hamper semua orang dan tentunya relative cepat, tentu semuanya berkaitan dengan uang. Disini kami mengangkat kedua cara tersebut. Andalah yang memilih, layanan mana yang lebih baik menurut anda.

Pendaftaran secara gratis

Tentu saja layanan ini disediakan dengan keterbatasan yang ada. Kuncinya,layanan ini tidak tersedia buat situs yang bersifat bisnis atau kemersial, yang terdapat pada directori “commercial directory”.

“Comersial Directory” yang umumnya merupakan Directory untuk “Busines and Economy’’ dan termasuk sub directory yang ada didalamnya, dimana situs yang bersifat komersil seharusnya berada disini.

Sedangkan untuk Yahoo International seperti dari Inggris, Ireland, Australia dan New Zaeland adalah pengecualian untuk ini. Mereka masih memperbolehkan untuk mendaftarkan secara gratis pada kategori Business and Economy.

Untuk itulah jika anda memiliki situs komersil yang mentargetkan audien diluar Amerika, penggunaan layanan pendaftaran secara gratis bisa dianggap sebagai solusi dengan biaya yang dianggap efektif.

Pembatasan kedua adalah ditujukan untuk situs yang bersifat non komersil. Jadi jika anda memiliki situs komersil meskipun berada di luar category “Business and Economy”, maka jalan yang bisa anda tempuh untuk mendaftarkan diri di dalam directory mereka adalah melalui Yahoo Express.

Pertanyaan yang sering disampaikan kepada kami adalah, apa yang membedakan suatu situs dianggap komersil dan tidak komersil menurut Yahoo? Jawaban gampangnya, jika anda menjual produk atau layanan/service, maka situs anda adalah situs komersil.

Disisi lain, jika situs anda menyediakan banyak isi yang bernilai tinggi dan sediakan secara gratis, tidak terdapat iklan ataupun mengikuti program afiliasi, maka situs tersebut dianggap non komersil. Diantaranya, wah…..terdapat banyak ketentuan yang tidak jelas.

Mari kita ambil perumpamaan, jika situs memiliki jumlah informasi yang banyak, katakanlah tentang bola kaki, namun terdapat satu atau dua banner pada masing-masing halamannya, terutama untuk membayar biaya hosting, apakah situs tersebut dianggap komersil atau non komersil? Tentu saja jawabannya tergantung kepada siapa yang melakukan penilaian terhadap situs tersebut, dan bagaimana suasana hati mereka pada saat itu.

Walau secara umum bisa dikatakan bahwa jika suatu situs memiliki satu banner iklan pada setiap halamanya, belum tentu banner tersebut akan memberikan nilai komersil, selama jelas tujuannya untuk mendistribusikan informasi.

Namun jika editor berpandangan bahwa hal tersebut adalah untuk menghasilkan uang, misalnya dari kelihatan banyaknya banner dari link dalam program afiliasi, atau terdapat berbagai banner disetiap halamannya, maka situs tersebut tetap dianggap sebagai situs komersil, meskipun sebenarnya anda tidak menjual apapun pada situs tersebut.

Kemungkinan yang cukup buruk ditemukan dengan layanan tidak berbayar ini adalah proses yang sangat lambat hingga terdaftar ke dalam suatu directory. Bisa memakan waktu dalam hitungan bulan, hingga situs bisa terdaftar kedalam directory mereka. Jika anda dalam keadaan tergesa-gesa, maka layanan gratis ini bukan ditujukan untuk anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Cara Menghasilkan Lewat Yahoo”

  1. Tutorial Blog
    03/01/2015 at 4:19 pm #

    Biaya endaftaran berapa gan? http://akses-ilmu.blogspot.com

    Reply
  2. Makinudin
    16/12/2014 at 12:52 am #

    thanks min lagi merintis oh iya tangapin dong blog ku http://tipsmeyea.blogspot.com

    Reply

Berikan Komentar Anda