Cara Mudah Membuat Forum Di Blog

cara mudah membuat forum di worpressBanyak hal yang dapat kita buat di blog termasuk membuat forum. Forum dibutuhkan sebagai sarana bagi pengunjung untuk berbagi pengalaman, menyampaikan pendapat mereka dan juga berbagi informasi.

Selain itu manfaat bagi blog yang memiliki forum adalah jumlah kunjungan yang akan terus meningkat apalagi jika topik yang dibahas dalam forum tersebut menjadi trending topik.

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat forum dalam blog, khususnya untuk pengguna cms wordpress.  Untuk membuat forum caranya cukup mudah, Kita cukup menginstal plugin forum saja.  Ada banyak plugin yang dapat digunakan untuk membuat forum di blog wordpress Anda. Salah satu plugin yang saya rekomendasikan adalah bbpress.

Mengapa bbpress? Bbpress menggunakan core wordpress sehingga mudah diintegrasikan dengan wordpress. Penggunaan dan instalasi plugin ini cukup mudah, selain itu plugin forum yang cukup populer ini juga ringan sehingga aksesnya bisa lebih cepat. Dan yang terpenting plugin ini free alias gratis. Pada suka gratisan kan?

Cara Install Bbpress

Cukup jelas ya perkenalan dengan plugin bbpress nya. Ok sekarang mari kita lanjut ke cara mengistall dan setting bbpress :

  1. Silahkan login ke dashboard blog Anda
  2. Pada pojok sebelah kiri pilih menu  plugins >> add new
  3. Pada kolom search silahkan ketik bbpress kemudian pilih bbpress yang punyanya the bbpress community lalu install bbpress

cara install bbpress

Cara Setting Bbpress

Setelah plugin bbpress terinstall pada kolom menu di sebelah kiri akan muncul menu baru yaitu forums :

menu forums bbpress

Klik menu forums kemudian pilih New forum, Hampir sama dengan cara membuat artikel baru di blog, Selanjutnya silahkan berikan judul dan penjelasan atau deskripsi tentang forum Anda. Misalnya judul forum Film Indonesia . Pada deskripsinya Anda bisa tuliskan Diskusikan pendapat Anda  tentang fim Indonesia disini.

membuat forum baru

Bagaimana cara menampilkan forum bbpress

Tadi kita sudah membuat forum baru, sekarang untuk menampilkan forum tersebut di halaman depan kita butuh untuk membuat halaman baru atau new page. Beri nama halaman baru tersebut dengan forum berbagi, komunitas, forum asik dan sebagainya.Kemudian pada kolom isi silahkan copy paste kode dibawah ini :

[bbp-forum-index]

Jangan lupa untuk mematikan fitur komentar dan trackback untuk halaman ini. Jika Anda tidak melihatnya coba klik screen option pada pojok sebelah kanan layar.

Kemudian klik discussion untuk memunculkan fitur komentar dan trakback. Jika sudah silahkan klik publish. Biasanya secara otomatis halaman baru yang Anda buat akan muncul pada menu di halaman depan. Jika tidak silahkan setting menu di appreance >> menu untuk menampilkan halaman forum Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan theme wordpress Anda dengan bbpress. Agar setiap orang bisa mendaftar di forum kita perlu melakukan setting any one can register di menu setting >> general.

Reg

Dengan mengaktifkan any one can register, sekarang pengunjung sudah dapat mendaftar di forum. Selanjutnya yang perlu kita buat adalah halaman untuk melakukan pendaftaran.

Seperti halnya cara membuat halaman forum tadi, silahkan buat halaman baru di page >> new page. Anda bisa memberi judulnya daftar forum atau register forum. Kemudian pada kolom isi silahkan copy paste kode beikut :

[bbp-register]

Untuk melengkapi forum pendaftaran kita perlu lagi membuat halaman baru untuk “lupa password” halaman ini akan digunakan untuk member forum yang lupa passwordnya. Silahkan buat halaman baru kemudian copy paste kode dibawah ini :

[bbp-lost-pass]

Sampai disini pembuatan halaman registrasi sudah selesai. Kita juga membutuhkan form login supaya member dapat login dengan mudah.

Caranya kita hanya perlu menambahkan widget bbpress ke sidebar blog dengan mendrag dan drop widget tersebut pada sidebar. Beri title atau judul dengan Login Forum misalnya, kemudian masukkan link URL daftar forum dan lupa password tadi lalu save.

Log

Sekarang login form dan registrasi sudah bisa tampil di sidebar.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

5 Komentar untuk “Cara Mudah Membuat Forum Di Blog”

  1. afif
    01/06/2016 at 6:10 pm #

    coba ah,, terima kasih….. informasinya sangat membantu.. salam

    Reply
  2. fahrul umam
    24/12/2014 at 10:01 am #

    Terima ksih gan atas tutorialnya. sangat bermanfaat sekali

    Reply
  3. akbar
    21/10/2014 at 11:26 pm #

    untuk wp.com apa ada tema yang bisa buat forum?

    Reply
  4. staz
    05/10/2014 at 10:58 pm #

    misi ga mau tanya
    itu kok registrasinya kok masuknya ke wp-admin

    Reply
  5. Cedric
    04/04/2014 at 8:17 pm #

    Saya telah membuat sebuah forum di http://www.indonesianforum.net/ ! Saya akan tahu apakah itu mungkin untuk bermigrasi forum saya saat ini dibuat pada platform ini untuk bbPress? Tujuannya adalah untuk memiliki forum saya terintegrasi di blog saya. Terima kasih.

    Reply

Berikan Komentar Anda