Desain Web Agar Ramah Terhadap Mobile

Desain Web MobileLupakan tentang merancang website Anda untuk perangkat mobile. Sebaliknya, desain website Anda untuk semua perangkat, dari telepon kecil hingga besar ruang layar datar.

Hampir setiap bisnis perlu beradaptasi untuk menjangkau konsumen secara efektif terutama pada ponsel” kata Janine Warner, desain digital yang diakui secara global dan tren.

Ada dua strategi dasar untuk membangun website yang menampilkan lebih ringan terhadap semua perangkat. Responsif dan adaptif. Kebanyakan situs responsif adalah pilihan terbaik untuk usaha kecil.

Minimal, menyesuaikan situs yang ada untuk pengguna Web saat ini. Tidak ada bisnis yang mampu untuk mengabaikan fakta bahwa lebih dari satu miliar orang terutama mengakses web dari perangkat mobile. Bahkan jika Anda tidak siap untuk membangun kembali situs Anda untuk tampilan yang optimal pada semua perangkat, setidaknya mengambil salah satu dari dua langkah-langkah berikut:

Sederhanakan desain situs Anda. Tarik website Anda pada smartphone (atau melihatnya di Google GoMoMeter) dan Anda mungkin akan melihat kebutuhan untuk perubahan desain. Untuk menampilkan dengan baik pada ponsel, Warner menganjurkan desain sederhana halaman, ukuran font besar, informasi penting ditempatkan “di atas flip,”.

Buat versi mobile dari situs Anda. Sebagai alternatif untuk mengedit situs, Anda dapat membuat versi paralel, menggunakan layanan mobile-situs-desain, banyak yang gratis atau biaya rendah. Jika situs mobile Anda memiliki URL kedua, seperti yang satu dengan m subdomain, Mesin pencari mungkin tidak dapat menemukannya.” Baik  Google maupun lainnya, menganjurkan pendekatan satu URL untuk findability dan optimasi mesin pencari. Namun, jika Anda menyukai situs Anda atau tidak mampu untuk membangunnya kembali, membuat situs mobile yang link ke situs utama Anda bukan strategi terburuk. Strategi terburuk adalah mengabaikan audiens mobile Anda.

Lebih baik lagi, membangun kembali situs Anda untuk ditampilkan pada perangkat apapun. Di sinilah istilah adaptif dan desain situs responsif ikut bermain:

Desain adaptif adalah prinsip desain untuk membuat software systems. Prinsip-prinsipnya fokus pada pembuatan dan perubahan software systems yang sangat cepat. Ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang berinvestasi untuk menjangkau para online melalui ponsel.

Desain responsif adalah solusi yang lebih terjangkau yang menggunakan CSS (Cascading Style Sheets) teknologi untuk menciptakan satu versi dari sebuah situs web yang otomatis menyesuaikan untuk ditampilkan dengan benar pada semua perangkat kecuali ponsel tertua. Sebuah situs responsif memungkinkan Anda untuk menjangkau khalayak Web yang paling aktif.

Persiapkan website bisnis Anda untuk investasi jangka panjang. Desain web lebih ringan sehingga siap untuk menjangkau konsumen melalui ponsel, tablet, PC, TV atau, bisa saja pada pintu kulkas, cermin kamar mandi dan banyak lagi.

Akhirnya, setelah Anda mendapatkan teknologi yang tepat, alihkan perhatian untuk membuat konten situs web yang besar terutama pada perangkat mobile, orang mengakses situs Anda karena tiga alasan:

Untuk menghemat waktu,
Untuk terhubung dengan orang lain
Tidak membuang-buang waktu.

Jadi berikan mereka akses cepat dan mudah, menempatkan kontak Anda depan pusat informasi memberi mereka link ke peta, dan kemudian menambahkan video atau hiburan lainnya untuk menjaga mereka tetap pada situs anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda