Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengoptimalan Blog Di Mesin Pencari

Cara mengoptimalkan blogKini membuat blog sungguh sangat mudah, namun jika hanya membuat tapi tidak dioptimalisasi tentu sangat disayangkan. Bagi pembuat blog atau website hal yang diinginkan tentunya karya mereka dapat dengan mudah ditemukan dan dinikmati oleh siapa saja. Nah untuk itu ada hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam pengoptimalan situs ke mesin pencari.

Domain ; Misalnya saja kita ingin membuat situs penjualan bertema produk kecantikanseperti lulur mandi. Maka sangat disarankan untuk memperkuat kata kunci tersebut dengan memilih nama domain yang terkait contohnya lulurmandi(dot)com, lulurmandimurah(dot)com. Sangat tidak disarankan menggunakan tanda penghubung (-) atau penambahan angka pada nama domain tersebut contohnya lulur-mandi(dot)com atau lulurmandi2(dot)com. Penggunaan kata kunci pada nama domain makin memudahkan search engine atau mesin pencari menemukan situs kita.

Content ; konten atau isi dari situs merupakan hal yang paling penting, sebab alasan orang untuk mengunjungi satu situs adalah untuk mendapatkan informasi yang terkandung didalamnya. Buatlah konten yang informatif dan menarik untuk dibaca. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami agar apa yang ingin anda sampaikan dapat diserap oleh pembaca. Tidak perlu desain situs yang terlalu ramai penuh dengan flash atau semacamnya. Penampilan yang sederhana namun memberikan banyak informasi justru lebih mengundang pengunjung untuk datang ke situs anda. Hal-hal bermanfaat seperti tips, info kesehatan, tutorial sangat banyak dicari.

CMS (Content Management System). CMS juga berpengaruh pada perkembangan situs anda. CMS yang mudah digunakan dan mendukung banyak plugin dapat memudahkan situs anda terindeks dengan baik di mesin pencari. Salah satu CMS yang dikenal sangat baik terindeks oleh mesin pencari adalah WordPress. Mudah digunakan, didukung banyak plugin,  dan sejauh pengalaman saya menggunakan CMS ini blog yang saya buat lebih cepat terindeks. Kalau boleh dibilang CMS ini tergolong SEO Friendly.

Permalink . Selain penulisan konten, pengaturan permalink juga turut menentukan seberapa cepat blog anda terindeks di mesin pencari. Pengaturan permalink yang baik, sangat disukai oleh mesin pencari. Pada CMS WordPress anda bisa mengatur permalink dengan “post name” agar Judul dari postingan yang kita buat menjadi alamat URL postingan tersebut. Sebagai contoh lulurmandi. com/cara-penggunaan-lulur-mandi-yang-benar . Link ini akan lebih baik daripada lulurmandi.com/p=345.  Jangankan mesin pencari dengan model seperti inipun kita lebih mudah untuk menemukan apa yang kita cari. Sebagai gambaran anggaplah mesin pencari sebagai sebuah kamus besar yang mempunyai beribu halaman. Tentunya kita sangat kesusahan mencari kosakata yang diinginkan jika pada halaman indeksnya hanya tertulis page231. Tentunya dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memilah milah halaman dan mengamati baris kalimat satu persatu. Seperti itu pula cara kerja mesin pencari.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengoptimalkan situs yang anda kelola. Happy Blogging

 

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda