Informan Ini Bernama Backlink

definisi backlinkTentunya sebagai webmaster anda sudah mengenal dengan baik apa itu backlink. Namun mungkin bagi anda yang pertama kali mengenal dunia maya perlu sedikit berkenalan dengan backlink. Terlebih bagi anda yang sedang mencari informasi atau sedang mempelajari SEO “Search Engine Optimization” Baiklah, melalui artikel ini izinkan saya mencoba memperkenalkan backlink kepada anda melalui cerita yang sedikit berbeda.

Backlink mempunyai banyak definisi menurut para penggiat internet, namun kalau saya bahasakan backlink adalah link dari sebuah situs yang sengaja ditanamkan,disisipkan, dititipkan ke beberapa situs terkait untuk mendapatkan popularitas. Dari pengertian inilah saya menganggap backlink seperti seorang informan atau pemberi informasi.

Backlink umumnya dibagi menjadi dua kategori yaitu ; oneway backlink dan reciprocal backlink. Lebih jelas tentang ini anda bisa surfing sendiri di om google.  Heheheheh

Tapi jangan dulu beranjak dari halaman ini sebab cerita saya tentang backlink masih berlanjut.  Cerita tentang backlink kali ini lebih menitik beratkan pada reciprocal backlink yang salah satunya adalah blog comment atau menitipkan backlink dengan cara memberikan komentar pada situs orang lain.

Backlink di mata mesin pencari

Sebuah mesin pencari raksasa bernama google terus berbenah dan berbenah untuk memberantas backlink yang tidak relevan atau berkaitan dengan kata kunci yang dimaksudkan. Hal ini tidak lain untuk memberikan anda hasil pencarian yang sesuai dengan apa yang anda cari.  Untuk itu mereka berupaya untuk memperbaharui algoritma sampai ke tingkat penguin sampai saat ini. Begitu pula dengan berbagai mesin pencari lainnya seperti bing, mereka pun ikut berbenah sebagai bagian dari pelayanannya.

Yang menjadi pertanyaan apakah backlink masih mempunyai kontribusi untuk mengundang pengunjung ke situs anda. Jawabnya ya selama backlink tersebut berkualitas.

Saya jadi teringat dengan perkataan orang bahwa terkadang sesuatu yang baru itu harus diselesaikan dengan cara lama. Meskipun terbilang uzur dan melelahkan namun sebenarnya cara ini masih cukup efektif jika anda bisa menggunakannya dengan tepat.  Prinsipnya hampir sama dengan penyebaran informasi di dunia nyata. Informasi dari mulut ke mulut masih sangat efektif untuk mempromosikan sesuatu begitu pula dengan yang terjadi di dunia maya. Kita anggap saja sebuah situs adalah mulut seseorang yang dengan mudah memberikan referensi jika informasi tersebut berkaitan dengan apa yang ia ceritakan.

Backlink layaknya infotainment yang membisikkan gosip agar anda tertarik untuk mendengarnya

Contohnya anggaplah ada seorang ibu rumah tangga yang baru saja pulang berbelanja  alat rumah tangga dan sekarang  sedang asik ngobrol dengan ibu-ibu lain, tetangga di kompleks rumahnya . Ibu tersebut lalu bercerita tentang tempat belanja yang ia kunjungi dan menceritakan bahwa  disana barang yang ada ternyata kurang lengkap. Salah satu ibu tetangga kemudian menanggapinya dan memberikan rekomendasi tempat belanja yang menurutnya paling lengkap.  Tentu saja karena ibu tadi  dan ibu-ibu lain penasaran,mereka  lalu berkunjung ke tempat tersebut. Benar apa yang sang  tetangga katakan, sontak tempat tersebut menjadi referensi baru ibu-ibu untuk berbelanja.  And then begitulah informasi tersebut tersebar.

Nah dari cerita tersebut mari kita kaitkan dengan backlink. Ibu rumah tangga yang baru pulang berbelanja kita anggap sebagai sebuah situs. Kemudian ibu tetangga pemberi informasi adalah sebuah “ link” yang memberikan informasi terkait dengan apa yang dibicarakan yaitu “alat rumah tangga”.

Prinsipnya sebagai tetangga yang baik berikanlah informasi yang benar adanya agar anda tidak dianggap sebagai penyebar gossip murahan atau boleh dibilang sebagai spammer di internet. Sama halnya jika berniat untuk mendapatkan backlink dari sebuah situs maka tinggalkanlah komentar yang berkaitan dengan apa yang dibahas dan berikan rasa penasaran kepada para penyimak lain untuk berkunjung ke tempat yang anda sebutkan tadi .

 Jangan berharap mendapatkan backlink jika komentar yang anda berikan tidak mengena atau sebatas berkata “ya saya setuju”, situs ini baik sekali, salam kenal dan sebagainya. Sesungguhnya anda tidak mendapatkan apa-apa dan membuang kesempatan emas untuk berbagi informasi penting.

Demikian sedikit gambaran yang bisa saya bagi dengan teman-teman sekalian.

 Bosan dengan cerita tadi, maaf kalau saya terlalu banyak bercerita tapi kali ini serius penting.  Pesan dari cerita ini adalah sebelum anda berniat menitipkan backlink pada situs lain yang terkait dengan situs anda, benahilah terlebih dahulu situs anda agar dapat menarik minat pengunjung. Kemudian berikanlah komentar yang berkenaan dengan artikel yang sedang dibahas di situs yang ingin anda titipkan link. Jangan mengecewakan pengunjung dengan memberikan informasi yang tidak penting. Karena usaha promosi yang anda lakukan susah payah hanya akan mendatangkan pengunjung sekali ke situs anda.

Tips mendapatkan backlink EDU dan GOV dengan mudah

Sedikit tips bagi anda yang mempunyai situs informasi kesehatan atau tentang pembelajaran seperti artikel kedokteran dan ingin mendapatkan backlink edu atau gov. Tips backlink ini mudah-mudahan saja ampuh bagi anda yang suka trial error seperti saya.

Silahkan buka browser anda dan bukalah google.com kemudian ketikkan di form pencarian :

site:.edu inurl:blog “keyword yang berkaitan dengan blog anda”

contohnya :

site:.edu inurl:blog “referat kedokteran”

dari hasil pencarian yang didapatkan akan muncul semua situs yang berekstensi .edu, silahkan kunjungi dan berikan komentar pada situs tersebut. Ingatlah berikan komentar yang relevan ya.

Cara mudah lainnya anda bisa mencoba dropmylink dot com

Semoga bermanfaat, kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar  pada kolom yang sudah disediakan.

Kalau tidak suka kasih tahu saya, kalau suka share sama teman-teman yang lain yah !

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

2 Komentar untuk “Informan Ini Bernama Backlink”

  1. fauzie
    29/10/2013 at 7:07 am #

    wah aku belum pernah dapat backlink dari .edu apalagi .gov. Ntar mau cari juga biar posisi artikel bisa bagus di search engine

    trims ulasannya ya, sukses selalu

    Reply
  2. Hanifah
    28/07/2013 at 3:03 am #

    Sangat bermanfaat utk pemula,tolong ditambah lagi.terimakasih

    Reply

Berikan Komentar Anda