Inilah Kelemahan Bisnis Online Melalui Situs Jejaring Sosial

Facebook ShopDewasa ini situs-situs jejaring sosial menjadi pilihan termudah bagi para pebisnis pemula untuk mempromosikan produknya. Juga untuk bertransaksi secara manual melalui media sosial. Contohnya Facebook, situs pertemanan ini banyak dimanfaatkan untuk berbisnis online.

Tak sedikit orang yang mendapatkan manfaat besar terutama untuk branding produknya (barang/jasa) melalui Facebook. Namun ketika bisnis semakin berkembang, cara berbisnis online paling sederhana ini pun mulai menemui banyak kendala.

Ketika Facebook tak lagi memenuhi kebutuhan usaha online, para pebisnis pun beralih kepada situs belanja online dengan platform e-commerce, baik dalam format mal online atau department store online.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang memungkinkan dan memang kerap terjadi saat berbisnis online melalui Facebook, di antaranya:

  • Pencatatan pemesanan yang keliru karena semua serba manual.
  • Pesanan tertukar, ini merupakan dampak dari kesalahan pada pemesanan.
  • Komunikasi ke pelanggan kurang lancar. Lagi-lagi ini terjadi karena pebisnis mengurus semua hal sendiri, mulai promosi produk, melayani pelanggan, menerima permintaan, mengurus pengiriman termasuk pembayaran.
  • Transaksi kerap tertunda karena bergantung pada interaksi pembeli dan penjual. Kalau pembeli tidak tanggap merespons pertanyaan pembeli, niat untuk belanja bisa tertunda atau bahkan batal.

Lantas bagaimana solusinya?

Tidak lain adalah Anda seyogyanya segera menyiapkan sebuah online store tersendiri, bisa dalam bentuk website yang kompleks, atau dengan menggunakan paltform blog sederhana yang modalnya lebih hemat namun tetap powerful menjual produk Anda secara online.

Nah, bagaimana dengan bisnis Anda? Sudahkah Anda punya website penjualan sendiri? Jika belum, segara hubungi kami sekarang, dan kami akan segera turun tangan membantu bisnis Anda berkembang secara online!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda