Inilah Penyebab Kuota Internet Gampang Habis

Internet boleh dibilang menjadi sebuah kebutuhan penting saat ini. Kebutuhan untuk bersosialisasi lewat what’s up, facebook, line, menikmati hiburan streaming music, video dan berbagai aktifitas lainnya yang hanya bisa dinikmati jika anda punya kuota layanan internet.

Tanpa koneksi data, sudah terbayang bagaimana rasanya tidak update informasi dalam sehari saja. Anda tidak bisa melihat status terbaru teman dan kehidupan dunia maya anda menjadi lumpuh total. Seiring  pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia, beberapa provider pun menawarkan paket data unlimited sebagai solusi masalah kuota. Anda bebas menggunakan internet sepuasnya. Namun bebas bukannya tanpa batas, setelah anda mencapai waktu pemakaian meskipun belum banyak menggunakan kuota, anda tidak bisa lagi menggunakan internet untuk browsing, BBM an Facebookan dan lain sebagainya. “Sedih nya tuh disini” kalau orang bilang.

Kalau mau bebas, ya punya provider sendiri lah. Perusahaan juga pastinya tidak mau merugi. Nah kembali ke permasalahan kuota cepat habis. Tanpa sadar, pengguna android jarang atau bahkan tidak pernah mengontrol penggunaan fitur fitur download dan  paket datanya. Meskipun tidak sedang digunakan, paket data aktif seharian. Itulah penyebab mengapa kuota cepat habis.

Cara Menghemat Kuota Internet untuk Android

Pengguna Android yang budiman perlu tahu bagaimana caranya menghemat kuota internet. Biar kapan pun dan dimanapun saat butuh internet tidak susah lagi. Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan kuota anda. Berikut ini tips menghemat kuota internet untuk Android.

1. Gunakan Paket Data Seperlunya

Cara paling ampuh menghemat paket data adalah mematikannya jika tidak diperlukan.

2. Matikan Fitur Auto Download

Ada beberapa aplikasi yang menggunakan fitur auto download saat paket data aktif. Salah satunya Whats Up. Cara untuk menonaktifkannya media autodownloadnya  di  : setting- chat settings – Media Auto download.

3. Manfaatkan Wifi saat streaming, download dan update aplikasi

Streaming, download dan update aplikasi nih yang paling banyak menyedot kuota. Untuk mengakalinya anda bisa manfaatkan jaringan wifi saat berada dalam lingkungan yang punya fasilitas wifi misalnya sekolah, warkop , atau cafe. Dengan begitu bisa hemat banyak kan kuotanya.

4. Atur penggunaan Paket data

Android tipe terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan pengaturan penggunaan paket data. Anda bisa membatasi penggunaan data harian, mingguan bahkan untuk bulanan. Misalkan Anda punya paket 4 Gb, bisa mengatur penggunaan sampai 1 Gb dan setelah mencapai batas tersebut, Anda bisa menaikkannya lagi. Ponsel akan mengingatkan dengan ramah jika sudah mencapai batas penggunaannya yang di inginkan.

Demikian ulasan tentang Inilah Penyebab Kuota Internet Gampang Habis dan tips menghemat kuota internet untuk Android. Semoga bermanfaat

 

 

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda