Kelebihan dan Kekurangan Webhosting Gratisan

astamediagroup.comMenggunakan webhosting gratis

Seperti yang pernah penulis sampaikan sebelumnya, internet adalah gudangnya gratisan. Setelah mengetahui cara memanfaatkan fasilitas domain gratis yang diberikan oleh Co.Cc, sekarang kita akan membahas cara penggunaan jasa webhosting gratis untuk membangun blog.

Jasa webhosting gratis dapat dimanfaatkan bagi anda yang baru belajar membuat situs web atau blog dan meggunakannya sebagai media belajar. Para web developer dan blogger berpengalaman juga sering memanfaatkan fasilitas ini sebagai media untuk melakukan eksperimen pembuatan situs web sebelum diaplikasikan pada situs web yang menggunakan webhosting berbayar.

Jika anda sudah memiliki pengalaman yang cukup dan ingin lebih serius lagi menekuni bisnis online menggunakan blog, penulis lebih menyarankan untuk menggunakan jasa webhosting berbayar karena lebih terjamin kualitas dan pelayanannya.

Ada banyak penyedia jasa webhosting gratis di internet. Beberapa diantaranya menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk ukuran jasa gratisan. Berikut adalah beberapa yang cukup popular serta digunakan oleh banyak pemilik situs dan blog.

Penulis mencoba memilih penyedia jasa webhosting gratis yang dapat digunakan tanpa perlu mengikuti prosedur yang berbelit-belit (misalnya harus melakukan posting diforum) saat melakukan pendaftaran dan tidak memberlakukan forced ads.

1. Byethost

Sebenarnya Byet tidak hanya menawarkan fasilitas webhosting gratis, byet juga menawarkan beberapa paket webhosting berbayar dengan harga yang cukup murah.

Pemilik akun webhosting gratis di Byet akan mendapatkan jatah 5500 MB Disk Space dan 200 GB Data Transfer /bulan.

Halaman pendaftaran Byet dapat anda akses di http://byethost.com/free-hosting/news.

2. Freehostia

Freehostia memiliki 5 paket webhosting, salah satunya adalah paket gratis yang diberi nama Chocolate. Paket Chocolate menawarkan fasilitas 250 MB Disk Space dan 6 GB Data Transfer /bulan. Jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penawaran yang diberikan oleh Byet, namun cukup menunjang untuk digunakan sebagai pendukung sebuah situs web atau blog.

Jika berminat, anda dapat mendaftar untuk mendapatkan paket webhosting gratis di Freehostia di http://www.freehostia.com/signup.html dengan memilih paket Chocolate.

3. 000Webhost

000Webhost menawarkan fasilitas 1500 MB Disk Space dan 100 GB Data Transfer/bulan. Untuk mendaftar dan mendapatkan paket webhosting gratis dari 000Webhost, anda dapat mendaftar di http://www.000webhost.com/order.php.

Ketiga penyedia jasa webhosting tersebut tidak menyediakan fitur cPanel dan Fantastico dalam paket gratis yang ditawarkan.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Kelebihan dan Kekurangan Webhosting Gratisan”

  1. Kompres ukuran gamba
    08/09/2013 at 2:07 pm #

    Terimaksih atas info web hosting gratisannya.

    Reply

Berikan Komentar Anda