Layanan Yahoo Express

http://www.astamediagroup.com/Yahoo Express

Bagian ini khusus ditujukan untuk anda yang memiliki  situs untuk komersil, atau tidak sabar menunggu terlalu lama, Yahoo menawarkan layanan yang dikenal dengan nama “Yahoo Express”, yaitu suatu layanan untuk mendaftarkan situs ke directory mereka dengan system berbayar.

Biaya tersebut dikenakan untuk proses review yang relative cepat dari mereka, yaitu dalam waktu sekitar satu minggu. Biaya yang ditetapkan oleh Yahoo adalah sebesar $299 (sekitar Rp.3.588.000,-untuk kurs dolar berkisar Rp.12.000), dan sebesar $600 untuk situs yang ditujukan untuk orang dewasa (sekitar Rp.7.200.000, kurs 1 dollar = Rp. 12.000) uang yang dibayarkan tersebut bersifat tidak bisa ditarik kembali.

Biaya itu sudah termasuk layanan proses pendaftaran dalam waktu 30 hari, sehingga jika pendaftaran anda ditolak, anda dapat memperbaiki permasalahan yang ada, lalu mengulanginya tanpa ada biaya tambahan.

Perlu diingat, bahwa meskipun anda menggunakan jasa berbayar,tidak ada jaminan bahwa situs anda akan terdaftar ke situs mereka. Jaminan yang mereka berikan adalah bahwa seseorang akan me-review situs anda dalam waktu paling lama 7 hari,lalu memutuskan bisa dimasukkan ke dalam daftar atau tidak.

Sehingga dengan demikian, sebelum anda melakukan proses pendaftaran pada Yahoo Express, sangat disarankan agar anda membaca dengan hati-hati secara detil panduan yang disediakan oleh mereka.

Sialnya, meskipun anda menggunakan layanan berbayar pada tahap awal ini bukanlah sesuatu yang aman dari pembayaran dikemudian hari, karena seperti disampaikan oleh mereka, meskipun situs anda berhasil didaftarkan pada saat itu, mereka akan me-review situs anda dalam periode tahunan.

Pada saat itu anda pun tetap kembali melakukan pembayaran seperti pertama kali ($299 atau $600), jika tidak maka situs anda akan dibuang dari directory mereka.

Apalagi jika terjadi perubahan pada situs anda pada periode yang telah anda bayar, misalnya terdapat hal-hal yang diluar ketentuan mereka, misalnya terdapat link yang tidak muncul, maka memungkinkan saja situs anda akan hilang dari list mereka, meskipun anda telah membayar biaya tahunan .

Berdasarkan kenyataan yang ada, memilih yahoo express untuk situs non komersil bisa juga akan mengalami masa pahit, meskipun mereka tidak diberikan kewajiban untuk membayar biaya tahunan (atau hanya pada saat pendaftaran saja), situs mereka bisa saja hilang dari daftar mereka. Sehingga mau tidak mau tetap harus dilakukan.

Seperti disampaikan dan sudah diangkat sebelumnya, bahwa biaya tahunan hanya dikenakan untuk situs yang sifatnya komersil, dan ditempatkan pada directory komersial, umumnya berada pada directory Business and Economy. Situs yang tergolong non komersil tidak dikenakan biaya tahunan, meskipun mereka mendaftar melalui “Yahoo Express”.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda