Membuat Bisnis Merambah Dunia Digital

Masyarakat sekarang sudah semakin menyadari pentingnya dunia digital. Banyak sekali yang sudah mulai memanfaatkannya baik dengan membuat website. Menggunakan twitter dan facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Tetapi masih banyak juga yang masih bingung untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk masuk ke dunia digital?

Bisnis Online

Yang perlu diketahui dan benar-benar diresapi adalah apakah Anda siap menyediakan resource yang diperlukan untuk masuk ke dunia online ini. Yang saya sebut dengan resource ini adalah uang, waktu dan tenaga. Untuk bisa masuk ke dunia online, Anda harus memiliki team untuk memanage profile bisnis Anda di dunia online.

Online presence tidak semudah hanya memiliki akun facebook dan twitter saja. Untuk membuat keberadaan Anda di dunia online lebih solid, tugas Anda lebih banyak lagi. Anda membutuhkan sebuah website yang menunjukan bahwa Anda atau bisnis Anda adalah Expert di bidangnya. Kemudian Anda harus membuat database dari siapapun yang pernah berinteraksi dengan Anda. Itu tidak bisa dikerjakan sendirian. Bisa sih mengerjakan sendirian dan itu berarti Anda membayarnya dengan waktu Anda.

Dunia online merupakan sebuah dunia lain dimana Anda perlu ‘berada’ disana. Bukan hanya muncul untuk berjualan saja. Anda perlu berada disana untuk mengenal target market Anda. Ada 3 tahapan yang perlu Anda perhatikan:

  • Listen dan build awareness akan produk/bisnis Anda
  • Interaksi dan bangun kepercayaan mereka akan produk Anda
  • Transaksi.

Jaman awal internet business booming, ada yang bilang, “build a great product then they will come” itu adalah hal yang tidak mungkin terjadi dengan semakin saturatednya online business sekarang. Anda harus melakukan sesuatu supaya mereka datang. Dengan berbagai cara!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda