Mengapa Setiap Bisnis Harus Memiliki Blog?

4.-bisnis-modal-kecilJawabannya, karena community building dan kemampuan marketing dari blog bisnis.

Sebuah blog bisa menjadi alat yang luar biasa untuk berbagi informasi dan keahlian. Kathleen Goodwin, CEO iMakeNews, mengatakan blog bisnis “dapat menawarkan organisasi suatu platform di mana informasi, data, dan pendapat dapat dibagi dan diperdagangkan antara karyawan, pelanggan, mitra, dan prospek dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin: dua arah, pertukaran terbuka.

Alih-alih berkomunikasi melalui email yang belum tentu mendapat tanggapan, blog menawarkan bisnis suatu kesempatan untuk membangun sebuah komunitas yang nyata. Blog membuatnya mudah dan cepat bagi orang untuk mengirim, berkomentar, dan memperbarui posting – sehingga mudah bagi semua orang untuk berpartisipasi.

Dan blog bisnis dapat menjadi alat pemasaran yang kuat. Jika Anda menemukan orang yang tepat dalam organisasi Anda untuk “ngeblog” tentang produk atau jasa Anda, Anda telah memberi brand pada perusahaan Anda sebagai otentik dan berpengetahuan,” kata Debbie Weil, dari penerbit WordBiz Report, dilansir dari sbinfocanada.about.com.

Pemasaran melalui blog bisnis juga dapat dilakukan dengan lebih halus, dengan menggunakan blog untuk menarik dan mengembangkan pengunjung regular.

Sebuah blog melakukan dua hal penting bagi situs web bisnis:

– Memudahkan untuk menambah dan memperbarui konten, sehingga selalu ada sesuatu yang segar dalam situs;
– Membantu membangun hubungan dengan pengunjung dan membangun iklim kepercayaan. Pelanggan potensial lebih mengenal Anda dan tahu tentang perusahaan Anda melalui blog Anda.

Dan untuk usaha kecil, sebuah blog bisa menjadi cara yang murah untuk membangun kehadiran internet. Bagi pemilik usaha kecil tanpa waktu untuk belajar web html atau uang untuk menyewa seorang desainer/pengembang, blogging menawarkan metode murah untuk membesarkan nama perusahaan Anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Mengapa Setiap Bisnis Harus Memiliki Blog?”

  1. lucky
    11/06/2013 at 9:11 am #

    ia benar skali, dengan blog maka orang akan yakin kalau bisns kita benar-benar serius, aku juga sudah punya blog untuk memulai bisnis tapi masih dibilang baru memulai dari awal

    Reply

Berikan Komentar Anda