Menggunakan PayPal Sebagai Alat Pembayaran Online

http://www.astamediagroup.comPayPal sebuah alat pembayaran online (payment processor) yang banyak digunakan sebagai media pembayaran di Internet. Saat ini bisa dikatakan hampir semua pebisnis online memiliki akun PayPal untuk memperlancar aktivitasnya dalam mendulang rezeki di Internet.

Keberadaan PayPal mempermudah proses transaksi di Internet karena bersifat instan dan global. Tidak perlu melalui proses yang rumit seperti menggunakan transefer antar bank atau cek, serta tidak perlu mengkhawatirkan keamanan seperti halnya jika bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Bahkan para pemilik kartu kredit sengaja menggunakan PayPal untuk transaksinya, ini digunakan lantaran banyak sekali terjadinya kejahatan carding yang merugikan pemilik kartu kredit tersebut.

Satu hal lagi, anda dapat menggunakan PayPal untuk bertransaksi dengan nominal kecil, misalnya hanya dengan $1 saja. Bayangkan jika anda harus mentransfer ke bank luar negeri hanya untuk membeli domain promo dari Godaddy (perusahaan hosting) yang harganya tidak sampai Rp.20.000,00. Bisa dikatakan bahwa penggunaan PayPal lebih praktis dan mudah.

Jika anda berniat untuk mulai menekuni aktivitas bisnis di Internet, kepemilikan akun PayPal bisa dibilang menjadi salah satu syarat wajib.

PayPal Inc. sendiri merupakan perusahaan hasil gabungan antara perusahaan Confinity dengan X.com pada tahun 2000, kemudian kepemilikannya diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002 dan eBay menjadikannya sebagai satu-satunya media pembayaran yang resmi untuk transaksinya.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan PayPal semakin meluas hingga kini mencakup 190 negara dan 23 mata uang diseluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu Negara yang diakui walaupun Rupiah belum terdaftar sebagai mata uang yang digunakan PayPal.

Setelah sebelumnya sempat di Blacklist, pengguna Internet dari Indonesia dapat menggunakan PayPal untuk mengirim pembayaran, menerima pembayaran, dan menarik dana yang dimiliki di PayPal lalu mentransfernya ke rekening bank di Indonesia.

Ada tiga macam jenis kepemilikan rekening di PayPal, yaitu Personal Account, Primer Account, dan Business Account.

1. Personal Account (Rekening Pribadi)

Rekening pribadi memungkinkan seseorang untuk menerima dan mengirim pembayaran dari atau kepada pemilik rekening PayPal lainnya, namun tidak dapat menerima pembayaran dari kartu kredit.

2. Premier Account (Rekening Primer)

Rekening primer dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pembayaran dari atau kepada pemilik rekening PayPal lainnya serta menerima pembayaran melalui kartu kredit.

3. Business Account (Rekening Bisnis)

Rekening bisnis memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh rekening primer, plus fasilitas Multi User Access. Rekening Bisnis biasanya digunakan oleh perusahaan dan merchant dengan skala bisnis yang cukup besar.

Sebenarnya masih ada satu jenis kepemilikan rekening yang lain, yaitu student Account yang merupakan rekening tambahan dari rekening yang telah ada dan ditujukan untuk para remaja atau pelajar dengan pengawasan dari orang tua yang telah memiliki rekening PayPal. Namun sepertinya Student Account masih terbatas dan belum terbuka untuk umum.

PayPal menetapkan potongan fee atau komisi untuk sejumlah transaksi tertentu. Penetapan komisi berbeda-beda tergantung jenis dan area transaksi. Keterangan mengenai komisi yang ditetapkan oleh PayPal dapat ditemukan di https://www.PayPal.com/id/cgi-bin/webscr?cmd=p/gen/ua/policy_fees-outside.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Menggunakan PayPal Sebagai Alat Pembayaran Online”

  1. zain
    29/03/2014 at 9:38 pm #

    Paypai memang tetap payment terbaik, Tapi sayang paypal rawan limit gan. Saya lebib suka menggunakan neteller selain payza.

    Reply

Berikan Komentar Anda