Mengoptimalkan Kode HTML

http://www.astamediagroup.comMengoptimalkan kode HTML dari halaman yang terdapat pada situs anda. Gunakan kode standar HTML yang sebisa mungkin sesuai dengan criteria yang diinginkan oleh Google.

Meskipun kita percaya ODP memiliki peranan yang cukup penting dalam peringkat yang dihasilkan dari pencarian Google, namun jika tidak didukung dengan halaman yang terstandarisasi tentu akan menurunkan penilaian dari mesin pengolah pencarian dari google. Tentu saja, kombinasi yang baik adalah menggunakan kedua kunci tersebut secara tepat.

Mari kita bahas gambaran sekilas tentang berbagai area dalam optimasi Google ini.

Title

Kata kunci harus terdapat di dalam judul halaman, tentu saja juga akan bagus jika ditambahkan dengan kata tambahan lain yang menerangkan tentang isi halaman tersebut. Untuk penggunaan kata kunci tunggal atau dua kata kunci, penulisan judul dengan menggunakan antara tiga hingga lima kata juga tidak masalah.

Heading

Penggunaan kata kunci pada Heading H1 atau H2 pada awal isi halaman merupakan strategi yang tepat, dalam banyak kasus, penggunaan heading yang seirama dengan kata kunci dan judul halaman umumnya menjadi prioritas dalam penentuan rangking dari pemunculan hasil pencarian.

Jika penggunaan judul dan kata kunci yang cukup panjang, sambungkan kata kunci yang terdapat pada H1 atau H2 ke H3, terutama untuk mempertahankan focus dari isi situs anda tersebut.

Kepadatan

Google sepertinya tidak terlalu mempertimbangkan tentang kata kunci yang ditulis berulang pada halaman tersebut, namun yang penting, kata kunci yang dicari terdapat di dalam halaman yang dimaksud. Meskipun dalam banyak kasus, Google juga memberikan ranking yang bagus kepada halaman-halaman seperti itu.

Penting untuk diketahui, halaman yang dimaksud sebaiknya menuliskan secara jelas kata kunci yang anda inginkan, baik dalam bentuk H1, H2, atau H3, ataupun dengan penulisan huruf tebal, artinya bahwa kata kunci tersebut benar-benar menjadi kajian utama di dalam halaman tersebut. Penggunaan kata kunci diawal, berulang, dan penglihatan yang cukup mencolok akan mempertajam isi dari halaman adalah focus kepada kata kunci.

Kata khusus

Penggunaan kata kunci sebagai link atau pengait ke halaman-halaman lain, menurut penulis tidak terlalu penting. Namun memberikan penampakan yang jelas tentu akan memberikan nilai tambah yang kuat terhadap konsistensi antara isi dengan kata kunci yang ditentukan.

Meta tags

Penggunaan meta tags ini penting dalam penentuan peringkat yang dihasilkan oleh mesin pencari google. Gunakanlah meta tags yang sesuai dan sekomplit mungkin yang akan membantu anda dalam mendapatkan peringkat tertinggi dari hasil pencarian yang dihasilkan oleh Google.

Popularitas links

Seperti disampingkan sebelumnya, penggunaan link dari ODP merupakan peluang emas yang tidak boleh anda dari situs lainnya juga tidak boleh disepelekan, karena akan meningkatkan nilai kepopularitasan anda dimata Google. Perlu diingatkan, google memiliki miliaran halaman web yang terdapat di dalam indeks mereka, mereka bisa mengetahui apakah suatu halaman web yang anda buat banyak dibicarakan oleh orang dimana-mana pada situs lainnya.

Google memiliki kepintaran dalam mengelola index tersebut. Mesin-mesin yang mereka gunakan didukung kuat oleh system yang canggih. Perbanyaklah link dari situs lain yang mengarah ke situs anda, gunakan berbagai strategi untuk itu, sehingga situs anda bisa dianggap sebagai situs yang popular dibandingkan dengan situs lainnya terutama dari sudut pandang mesin google!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda