Open Directory Project dan Google

http://www.astamediagroup.comAda banyak hal yang menjadi patokan dalam algoritma penentuan ranking melalui mesin yang di kelola oleh Google. Satu hal yang cukup menjadi patokan penting bagi Google dibandingkan aspek pengarah lainnya. Disini peranan dari pendaftaran situs di Open Directory Project (ODP) cukup mengambil posisi yang cukup penting.

Google kelihatannya menyukai situs-situs yang sudah didaftarkan pada ODP tersebut. Paling tidak, anda harus berusaha untuk mendaftarkan situs anda ke dalam database mereka.

Usaha yang dilakukan adalah mendaftarkan kata kunci penting yang menjadi patokan utama terhadap situs anda di sana, termasuk mengenai judul, dan uraian lainnya yang berkaitan dengan situs tersebut secara tepat.

Setelah anda mampu untuk menempatkan informasi tentang situs anda di index yang terdapat pada ODP, cobakan untuk halaman dan topik-topik lainnya yang menurut anda penting untuk dimasukkan ke dalam database mereka.

Namun hati-hati untuk melakukan hal ini, karena mereka sebenarnya hanya mengisinkan satu informasi yang boleh diisikan terhadap suatu situs.

Dalam jumlah yang sangat terbatas, kami pernah melihat sebagian kecil situs terdaftar lebih dari satu. Salah-salah situs anda akan dimasukkan kedaftar hitam, sehingga akan ditolak dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Amannya, satu saja sebetulnya juga sudah cukup.

Kebutuhan informasi minimum di dalam situs tersebut adalah memberikan gambaran secara umum, bahwa situs yang anda kelola merupakan situs yang memiliki banyak informasi yang bermanfaat bagi pengunjungnya, termasuk keunikannya dibandingkan situs lain yang terdapat di dalam kategori yang anda daftarkan.

Tidak usah terlalu bersusah payah untuk mendaftarkan semua halaman ke situs tersebut, karena anda cukup memberikan gambaran secara umum tentang isi dari situs yang anda kelola secara menyeluruh dari situs yang anda daftarkan. Tentu saja, jangan lupa menampilkan kata kunci pada judul dan deskripsi yang anda daftarkan.

Sebagai contoh, jika situs anda andalah “toko baju” yang menjual baju yang terbuat dari bahan impor, tentukan kata kunci yang ingin anda prioritaskan pada saat mendaftarkan situs tersebut. Jelaskan hal tersebut pada judul maupun deskripsinya. Misalnya prioritas kata kunci yang ingin anda kuasai adalah “baju impor”, gunakan:

Judul/title:”toko baju bahan impor”

Deskripsi: “toko baju terbuat dari bahan impor, kunjungi untuk melihat produk, melayani pembelian”.

Tentu anda bisa memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan informasi yang anda miliki didalam situs anda.

Karena masing-masing halaman memiliki kata kunci yang unik, simpulkan secara tepat dari masing-masing halaman tersebut sehingga menjadi satu kesatuan, kesimpulan inilah yang anda daftarkan ke ODP tadi.

Lakukan pemilihan kata-kata secara hati-hati, karena ketika situs anda telah terdaftar, maka akan relative sulit untuk merubahnya. Lakukanlah pemilihan kategori yang tepat. Jika memungkinkan cobalah untuk mendaftarkannya kekategori lainnya.

Untuk lebih dalam mengenai ODP ini, kita membahasnya pada postingan lain, yang jelas, pada saat ini anda telah memiliki salah satu kata kunci yang membuat anda percaya diri untuk diperhatikan oleh Google.

Terutama dengan penggunaan kata kunci yang sempurna yang menggambarkan tentang situs anda melalui judul/title ataupun deskripsi yang ada pada ODP.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda