Optimasi Image Pada Artikel

optimasi image di blogTidak sedikit orang yang masih enggan untuk menyertakan gambar ke dalam artikel yang mereka buat di blog. Alasannya klasik yaitu memasukkan gambar akan menyita bandwith. Padahal menyertakan gambar dalam postingan selain memberikan visualisasi terhadap apa yang kita bahas, memberikan gambar dalam postingan juga merupakan unsur  SEO Search Engine Optimized.

Jika Anda khawatir banyaknya gambar yang Anda masukkan akan menyita bandwith cara berikut akan cukup membantu menghapus kekhawatiran Anda. Upload gambar di image hosting gratis seperti photobucket, flickr dan bisa juga di imagehack. Hanya saja mereka membatasi penggunaan bandwithnya sebesar 1 Gb per bulannya. Dari sana silahkan copy url gambar yang telah di upload kemudian masukkan ke insert from url pada saat Anda akan memasukkan gambar pada artikel yang Anda buat.

Dengan cara ini tampilan blog atau situs tidak akan lambat karena lamanya waktu untuk menayangkan gambar. Hanya saja satu kekurangan dari cara ini yaitu jika gambar pada image hosting terhapus maka gambar pada artikel yang dimuat pada blog Anda juga tidak akan tampil.

Mengapa Gambar Menjadi Salah Satu Unsur SEO

Sumbangsih gambar pada tulisan adalah selain untuk memberikan gambaran tentang apa yang kita bahas dalam tulisan, juga membantu artikel yang kita buat lebih mudah terindeks di mesin pencari.  Agar gambar tersebut mempunyai unsur SEO, Anda bisa menambahkan title gambar dan alternate dengan kata kunci yang berkaitan dengan tulisan yang dibuat.

Mengapa hal ini penting sebab sebenarnya mesin pencari tidak dapat membaca gambar. Mereka tetap akan mencari teks atau kata kunci yang terdapat dalam skrip gambar tersebut. Tidak percaya? silahkan Anda mencobanya dengan mengetikkan kata kunci gelas kaca misalnya. Pastinya hasil pencarian gambar yang ditampilkan  tidak semuanya akan menampilkan gambar gelas kaca. Jadi apabila Anda memasukkan gambar burung dengan kata kunci gelas kaca bisa saja gambar tersebut tampil jika ada yan mencari dengan kata kunci gelas kaca.

Masukkanlah gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar  terlihat proporsional dengan tulisan yang dimuat dalam blog. Trik ini juga memberikan kesan tampilan yang baik dan gambar tidak terlalu lama diakses. Lebih baik lagi jika gambar yang dimasukkan adalah hasil jepretan sendiri.

Jika Anda memiliki pengalaman lain tentang optimasi image pada artikel silahkan berbagi komentar disini.

 

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

2 Komentar untuk “Optimasi Image Pada Artikel”

  1. Zufray Blog
    20/05/2017 at 9:54 am #

    Google tidak hanya mengindex Artikel saja, tetapi google juga mempunyai image search (pencarian berdasarkan gambar) yang tertuju pada halaman utama web atau blog kita.

    Reply
  2. Software Easyapps Im
    26/11/2013 at 6:31 am #

    Mantab tipsnya, sangat bermanfaat.

    Reply

Berikan Komentar Anda