PageRank Merupakan Elemen Kunci Dalam Proses Pencarian Data

http://www.astamediagroup.comPageRank, disingkat PR. Seperti disampaikan oleh Google, PageRank adalah suatu standar alami yang menilai penggunaan mata rantai secara terstruktur terhadap suatu halaman.

Melalui PR ini, masing-masing halaman yang ada di internet, diberikan suatu indicator terhadap halaman lain yang mereferensikannya.

Pada intinya, Google menginterprestasikan kaitan suatu halaman A terhadap halaman B, dimana penilaian dilakukan oleh halaman A yang memberikan referensi atau link kehalaman B. sehingga penilaian tersebut ditujukan untuk halaman B. artinya, semakin banyak halaman yang mereferensikan/link ke halaman B, maka akan semakin tinggilah nilai halaman B di mata PageRank.

Namun demikian, Google melihat lebih dari hanya sekedar nilai yang mereferensikan suatu situs ke situs lainnya. Mereka juga menganalisis situs-situs yang memberikan nilai tersebut, artinya, untuk contoh diatas, siapa halaman A juga dinilai oleh mereka.

Kredibilitas halaman A juga dinilai. Jika halaman A merupakan halaman yang cukup berbobot, maka nilai yang diberikan oleh A juga akan memiliki nilai khusus yang istimewa, sehingga Google bisa menganggap situs tertentu merupakan situs yang “penting”.

Penting untuk diketahui, situs yang berkualitas akan menerima PageRank yang tinggi, dimana Google akan mengingat nilai tersebut dari data-data yang mereka miliki.

Tentu saja, meskipun suatu halaman dianggap penting tidak akan berarti apa-apa buat anda, terutama ketika kata kunci yang anda minta tidak dimuat dihalaman tersebut.

Jadi, Google mengkombinasikan PageRank ini dengan tehnik penyesuaian teks yang canggih untuk menemukan halaman yang benar-benar anda butuhkan dan sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.

Pencarian melalui Google memang jarang mengecewakan pengunjungnya, karena mereka melakukan banyak sisi dalam melakukan analisa terhadap halaman-halaman yang ditampilkannya.

Penilaian dilakukan dari berbagai hal, baik PageRank, isi dari halaman, hubungannya dengan situs lain, penyusunan isi halaman seperti bagaimana halaman tersebut dikelola, serta hal lainnya yang dianggap perlu menurut Google, sehingga Google berkeyakinan bahwa halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari mereka betul-betul dapat menampilkan hasil pencarian yang bermutu, tentu saja yang sesuai dengan kata kunci yang diminta.

Lalu bagaimana pandangan dari Wikipedia tentang PageRank ini? PageRank merupakan suatu metoda algoritma yang dipatenkan untuk menugaskan nilai kuantitatif dari berbagai unsure yang mengaitkan suatu halaman ke halaman lainnya di Internet.

Penilaian ini dilakukan melalui set yang diatur sedemikian oleh mereka, termasuk hubungan timbale balik antar halaman yang saling mereferensikan tersebut.

PageRank awalnya dikembangkan di Standford University oleh Larry Page, sehingga metode tersebut diberi nama PageRank. Selain juga dibantu oleh Sergey Brin.

Rancangan mereka adalah membuat suatu mesin yang bekerja untuk metode baru dalam proses pencarian data di Internet. Proyeknya dimulai semenjak tahun 1995, dan mendorong munculnya suatu fungsi mesin pencari yang diberi nama dengan Google di tahun 1998.

Tidak lama kemudian, mereka berdua mendirikan perusahaan yang diberi nama Google Inc; yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang search engine, dimana PageRank merupakan elemen kunci yang mereka gunakan dalam proses pencarian data di index mereka.

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa PageRank merupakan penilaian kepopuleritasan suatu halaman di Internet, bukan situsnya sendiri, sekali yaitu halamannya. Dan PageRank tidak sama dengan Page’s Rank, atau rangking dari sebuah halaman, karena keduanya adalah hal yang berbeda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda