Page Rank dan Link Popularity

Mesin pencari seperti Google Search, yahoo search, Bing, adan lain-lain memiliki banyak cara untuk menentukan kualitas sebuah halaman situs dan posisinya dalam hasil pencarian. Salah satunya adalah dengan menghitung jumlah Inbound link ( Link dari halaman Lain yang mengarah ke halaman sebuah situs ) dan outbound link ( link dari halaman situs yang mengarah ke halaman lain). Hal ini seringkali disebut dengan istilah  Link popularity.

Link Popularity juga digunakan oleh google dalam menentukan hasil pencarian, namun cara perhitungan google lebih kompleks dan rumit karena tidak hanya memperhitungkan jumlah inbound link, kualitas halaman yang memberikan inbound dan outbound link, kualitas halaman yang juga memberikan inbound link juga menjadi faktor penentu. Pendekatan perhitungan ini dikenal dengan istilah Google Pagerank.

Pagerank dihitung menggunakan skala 1-10. Sebuah halaman yang memiliki pagerank 10 akan ditempatkan dalam posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian dibandingkan dengan halaman yang memiliki pagerank 9 karena dianggap memiliki konten yang lebih baik dilihat dari jumlah dan kualitas inbound link-nya.

Kualitas inbound link dilihat dari halaman pemberi link. Sebuah halaman yang mendapat inbound link dari halaman ber-pagerank 4 dianggap lebih baik dari pada halaman yang mendapat inbound link dari halaman yang memiliki pagerank 3.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda