Pencarian dan Ranking pada Yahoo

http://www.astamediagroup.comLangkah penting yang dilakukan adalah mendaftarkan situs anda dalam daftar yang dimiliki oleh Yahoo, jika anda tidak terdaftar, maka suatu hal yang tidak mungkin untuk menemukan situs anda.

Dalam rangka untuk membuat situs anda bisa muncul disitus mereka, kita perlu mengetahui bagaimana Yahoo bekerja.

Terdapat dua cara untuk menemukan situs anda melalui Yahoo, yaitu dengan mencarinya melalui Yahoo Directory, dan yang kedua adalah dengan menggunakan jasa layanan search engine melalui halaman web di Yahoo.

Cara kedua ini merupakan cara yang cepat dan banyak digunakan oleh penggunan Yahoo. Fitur ini sangat mudah ditemukan, karena kebanyakan halaman Yahoo menampilkan fasilitas pada bagian atasnya.

Pada bagian ini kita bahas tentang fitur pencarian Categories, dan langkah selanjutnya melalui fitur pencarian halaman web.

Categories

Mereka menyusun daftar dengan cara sama, melalui metode yang relative simple. Jika anda menuju sebuah directory dan melihat hasilnya, anda akan melihat hasil melalui urutan secara alphabetical yang mengacu pada title.

Meskipun dalam kebanyakan kasus berdasarkan hal tersebut, mereka juga menampilkan dalam bentuk lain yang perlu ditindak lanjuti secara hati-hati.

Most popular

Dalam banyak kategori, terdapat tampilan daftar yang dihasilkan berdasarkan tingkat popularitasnya. Dalam hal ini, ditampilkan bisa saja dipengaruhi oleh sponsor yang masuk kepada situs mereka. Sehingga dengan demikian, bisa saja hasilnya tidak diurutkan berdasarkan abjad.

Jadi apa sebenarnya yang menjadi parameter tentang suatu situs yang popular dengan yang tidak, sayangnya penulis belum mendapatkan jawaban yang pasti mengenai hal ini. Namun demikian, klik terhadap kepopularan memiliki proses yang cukup panjang, disamping sesuatu yang bersifat umum.

Mereka yang ditampilkan umumnya terlihat memiliki tingkat kepopularan link disamping memiliki tingkat PageRank yang tinggi.

Pada saat ini, bisa dikatakan kita belum memiliki magic potion untuk menempatkan situs anda untuk ditampilkan kedalam peringkat tinggi dari penggunaan layanan ini, nanti ketika penulis telah mengetahuinya, tentu akan disampaikan untuk anda.

Namun untunglah pada salah satu strategi, yaitu dengan menggunakan title berdasarkan urutan abjad bisa anda manfaatkan agar situs anda bisa terdaftar pada peringkat atas.

New !

Icon ini mudah ditebak, yaitu untuk memunculkan situs yang baru saja didaftarkan didalam directory yang dimaksud. Adalah hak anda untuk berada pada posisi puncak dengan tanpa melakukan apa-apa. Jika tidak ada pesaing yang masuk, sekitar satu minggu posisi ini bisa anda raih.

Sunglasses

Pada saat situs anda selesai di-review untuk dimasukkan kedalam suatu directory, akan kemungkinan situs anda untuk menjadi calon pada posisi sunglass ini.

Jika para editor menganggap situs anda lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya pada subyek yang sama, maka posisi teratas adalah hak milik anda, sampai situs lain mampu mengalahkannya.

Posisi ini umumnya bersifat permanen, terutama anda belum memiliki pesaing yang mampu mengalahkan posisi anda.

Fitur Pencarian

Memiliki posisi yang strategis pada kategori yang terdapat dalam directory yang didaftarkan adalah nasib baik anda, namun tidak bisa dipungkiri, bahwa kebanyakan pengunjung menemukan situs yang mereka inginkan melalui fitur pencarian.

Jika anda ingin memanfaatkan potensi dibagian ini, usahakanlah situs anda memiliki rangking yang bagus. Seseorang memanfaatkan layanan ini dengan memasukkan kata kunci terhadap pencarian yang diinginkan.

Terus, bagaimana caranya untuk mengejar posisi teratas dalam fitur pencarian ini? kita akan bahas khusus bagian itu, terutama yang menyangkut algoritma yang mereka gunakan.

Informasi vital yang mesti anda pahami dalam rangka mendapatkan posisi puncak adalah menggunakan title, description, dan URL yang anda daftarkan ke Yahoo, disamping juga directory yang anda daftarkan.

Jadi, pelajarilah secara hati-hati tentang bagian ini sebelum anda melakukan proses pendaftaran, karena memperbaikinya jauh lebih sulit dari pada mendaftarkannya pada saat pertama kali.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda