Penting Dibaca Buat Pemilik Laptop

Merawat baterai laptopSalah satu keunggulan laptop dari desktop adalah dapat dengan mudah dibawa kemana-mana dan bisa dioperasikan dimana saja. Hal ini dimungkinkan karena laptop memiliki sumber daya berupa baterai yang bisa dicharge (di isi ulang) layaknya telfon genggam. Untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, keberadaan laptop dinilai sangat membantu untuk meringankan pekerjaan. Terlebih jika membutuhkan informasi atau mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa di cover lewat smartphone.

Namun apa jadinya jika baterai laptop yang anda gunakan tidak terawat dengan baik. Tidak berfungsinya baterai laptop dengan baik tentunya akan mengurangi kenyamanan anda menggunakan laptop. Perangkat ini harus terus terhubung dengan  aliran listrik, wal hasil mobilitas anda turut terganggu.

Baterai memang salah satu problem besar bagi pengguna laptop. Banyaknya keluhan seperti baterai cepat lemot, tidak tahan lama, dan masih banyak lagi masalah lain yang berkaitan dengan baterai laptop. Harga baterai laptop boleh dibilang cukup mahal, untuk KW saja biasanya berkisar 600 – 800 ribu, sedangkan untuk aslinya berkisar 2 jutaan untuk merk Toshiba.

Untuk menghemat pengeluaran dan agar mobilitas anda tidak terganggu, baterai laptop harus dijaga supaya tetap dalam kondisi prima. Bagaimana caranya? Silahkan simak tipsnya berikut ini :

Cara Mengisi / Charge baterai laptop baru

Jika anda baru membeli sebuah laptop baru, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah meng-charge baterai selama 4-6 jam. Pastikan laptop dalam kondisi mati dan  biarkan proses pengisian baterai selesai sampai lampu indikator berwarna hijau menyala.

Lepaskan Baterai Disaat Laptop ingin digunakan lama

Saat anda asik bermain game, ataukah menonton film lewat laptop sebaiknya anda melepaskan baterai laptop anda. Hal ini disarankan untuk memperpanjang usia baterai laptop.

Lepaskan Charger Ketika Baterai sudah penuh

Ketika lampu indikator menandakan baterai sudah penuh, sebaiknya anda segera melepaskan chargernya. Hal ini guna menghindari pengisian terus menerus sehingga baterai menjadi cepat panas dan akhirnya rusak.

Hemat Penggunaan Baterai

Agar baterai tahan lama dan tetap prima saat anda gunakan, hematlah penggunaan baterai dengan cara menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak / belum ingin anda gunakan. Menghemat baterai juga bisa dilakukan dengan mengatur intensifitas cahaya laptop dan mematikan screen saver. Pada laptop-laptop terbaru juga biasanya sudah dilengkapi dengan mode penghematan energi jadi anda hanya perlu mengaktifkannya saja.

Hindari menggunakan laptop saat di charge

Kebiasaan orang menggunakan laptop saat di charge menyebabkan baterai cepat bocor. Menurut seorang teman yang sering reparasi laptop, katanya sih karena beban kerja yang berat. Meskipun pada laptop terbaru sudah memiliki sistem yang memungkinkan baterai tidak digunakan saat charge berlangsung, tidak ada salahnya jika anda berjaga-jaga saja biar awet.

Demikian tips merawat baterai laptop agar berumur panjang dan tetap prima. Jika anda punya tips seputar baterai laptop lainnya, silahkan berbagi dengan memberikan komentar ya. Terima Kasih

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

1 Komentar untuk “Penting Dibaca Buat Pemilik Laptop”

  1. RianSylvester
    11/04/2015 at 12:33 am #

    Min tapi ada yang bilang juga kalo make laptop dengan batrai di cabut mobonnya malah yang bakalan eror dan itu fatal,jadi lebih baik ganti batrai dari pada ganti mobo.
    ijin nitip blog juga y min.
    http://silvester-blog.blogspot.com/

    Reply

Berikan Komentar Anda