Mesin Pencari Google

http://www.astamediagroup.comGoogle

Ketika google muncul diakhir tahun 1997, dimana mereka memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan search engine, katakanlah seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek, dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di Internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.

Disaat sedang tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada, namun mereka tidak mampu menyetop kesuksesan Google ini.

Setelah Yahoo menerobos pada posisi puncak disekitar tahun 2000, Google mampu menerobos liga besar tersebut, sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.

Apa yang membuat Google mampu tumbuh dengan cepat tersebut? Apakah mereka selalu mampu mempertahankan posisi yang mengagumkan tersebut untuk masa yang akan datang? Tidak seperti mesin pencari yang sering kita temui di Interner? Ini adalah suatu pertanyaan yang menarik untuk dicermati dan dipelajari.

Apa yang kita temui pada hasil pencarian di Internet, baik melalui Google, Yahoo ataupun mesin pencari yang terkenal lainnya, memang menarik untuk dibahas, terutama bagaimana menampilkan halaman yang telah dibuat oleh para penulis di Internet untuk bisa muncul pada peringkat awal dari hasil pencarian melalui search engine, terutama menyangkut miliaran halaman web atau jumlah yang maha besar di Internet ini.

Sebagai contoh, beberapa teman penulis bertanya, kenapa hasil pencarian dari situs mereka berada dibawah situs-situs yang penulis buat, termasuk untuk situs pribadi mereka.

Kenapa tidak jarang dari situs-situs yang penulis kelola mampu ditampilkan pada halaman awal melalui hasil pencarian dari suatu search engine, terutama yang berkaitan dengan kata kunci dari artikel atau isi halaman yang dimaksud.

Inilah salah satu alasan kenapa penulis mengangkat dan mengapa bagian ini kami tulis, sehingga diharapkan mampu menjelaskan bagaimana algoritma atau aliran pikiran yang digunakan oleh Google.

Pengetahuan seperti ini adalah hal penting bagi mereka yang mengelola suatu situs, sebab tanpa itu, anda tidak akan mampu menempati hasil pencarian teratas dari index yang dihasilkan oleh mesin pencari, terutam ketika menggunakan kata kunci yang persaingan halamannya cukup ketat.

Akibatnya, halaman situs yang dimiliki akan berada pada halaman ke sekian yang tingkat kunjungannya sangat rendah. Akibatnya, halaman situs yang dimiliki akan berada pada halaman ke sekian yang tingkat kunjungannya sangat rendah. Akibatnya? Lalu lintas kunjungan ke situs yang anda kelola tidak akan terlalu signifikan, terutama yang didatangkan dari mesin pencari ini.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Mesin Pencari Google”

  1. jeane
    14/08/2014 at 7:05 am #

    Kirain tips memaksimalkan blog di search engine google. Kira2 search enggine selain yahoo dan google masih di gunakan tidak ya gan?…

    Reply

Berikan Komentar Anda