Perbedaan Hasil Pencarian dan Pembaruan PR pada Google

http://www.astamediagroup.comPerbedaan Hasil Pencarian

Tentu saja besar kemungkinan hasil pencarian antara Google dengan Yahoo atau MSN akan berbeda hasilnya, karena algoritma yang digunakan oleh masing-masing situs tersebut juga berbeda, artinya konsep pemikiran dari masing-masing mesin pencari diatas memiliki kerangka yang berbeda.

Jadi jangan kaget, kalau anda melakukan pencarian dari beberapa mesin pencari posisi penampilan situs anda dari kata kunci yang sama akan berbeda antara satu dengan lainnya.

Beberapa mesin pencari ada yang mempertimbangkan berdasarkan judul, dan kata kunci saja, dan seterusnya, sampai dengan sekompleks seperti dilakukan oleh Google, termasuk kelengkapan Google yang mempertimbangkan hingga penilaian suatu halaman berdasarkan PageRank tadi.

Berikut ini beberapa kunci lain dalam penilaian PageRank:

1. Biasanya banyak terdapat link dari halaman bernilai rendah ke halaman utama. Untuk kasus ini, biasanya penilaian tidak dilakukan terhadap halaman sumber yang menilai (backlink). Namun akan tetap mendongkrak nilai halaman PageRank dari halaman yang dituju tersebut.

2. Biasanya terdapat banyak link yang menuju dari suatu halaman ke halaman lainnya pada situs yang sama. Penilaian hanya dilakukan secara internal di dalam situs tersebut, dan tidak akan mendongkrak PageRank. Selain itu, penilaian tidak berlaku untuk tujuan ke halaman utama atau homepage.

Suatu halaman yang memiliki PageRank tinggi membuat link ke halaman utama pada situs yang sama. Penilaian untuk kasus ini mendapat perlakuan istimewa terhadap homepage/halaman utamanya, terutama untuk PageRank yang mendapat nilai 8 ke atas. Sehingga dengan demikian akan meningkatkan nilai dari halaman utama dari situs tersebut.

Situs dengan WWW dan Tanpa WWW

Google melihat website anda berbeda antara yang menggunakan www (misalnya http://www.astamediagroup.com/) dengan tanpa menggunakan www (misalnya http://astamediagroup.com/).

Sehingga jika situs anda memiliki dua kasus tersebut dan memiliki isi yang sama, tentu umumnya situs tanpa www akan membuang secara percuma penilaian tersebut terutama terhadap situs dengan www tersebut. Lebih halusnya, bisa dikatakan penilaian terhadap dua kasus tersebut dilakukan secara berbeda, dan berdiri sendiri-sendiri.

Untunglah google memberikan solusinya, dan mudah untuk menyelesaikannya. Gunakan 301 redirect untuk mengarahkan Google, beserta siapa saja yang mengunjunginya, dari halaman tanpa menggunakan www menuju ke halaman yang menggunakan www.

Pembaruan PR pada Google

Seperti disampaikan oleh insinyur dari Google, Matt Cutts, selaku perwakilan dari Google, bahwa PageRank tersebut diperbaharui per-tiga bulan sekali. Secara umum, PageRank ini bisa saja tidak bisa dipercaya, terutama masalah waktu update yang mereka gunakan tersebut.

Namun demikian PageRank yang ada pada Google dilakukan secara harian, atau mendekati itu, karena mereka dengan mudah dapat melakukannya, melalui index yang mereka simpan di dalam database mereka.

Namun demikian, anda tidak bisa melihat PageRank hingga Google mengupdate secara periodic seperti disampaikan oleh insinyur mereka tadi.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Perbedaan Hasil Pencarian dan Pembaruan PR pada Google”

  1. Tutorial Blog
    03/01/2015 at 4:17 pm #

    pertamax gan. sukses buat blog ini. http://akses-ilmu.blogspot.com

    Reply

Berikan Komentar Anda