Plugin WordPress Pilihan Untuk Toko Online

shopping cartSemakin canggihnya teknologi dan semakin mudahnya mengakses internet di Indonesia memberikan peluang bisnis seseorang melalui internet. Salah satu peluang bisnis tersebut adalah membuka toko online.  Perilaku konsumtif orang Indonesia dipadukan dengan kecanduan berselancar lewat internet merupakan peluang bisnis besar yang ingin ditangkap oleh setiap pemilik toko online.

Kehadiran toko online turut pula merubah kebiasaan berbelanja seseorang dari cara berbelanja konvensional yaitu datang, lihat dan beli ke cara berbelanja modern yaitu hanya melihat dari situs penjualan kemudian memesan dan membayar lewat atm atau bisa juga lewat internet banking. Semakin instan dan semakin praktis.

Membuat toko online pun sama praktisnya, Anda hanya perlu membeli domain dan hosting, kemudian Anda bisa menginstalkan wordpress. Dan jadilah sebuah situs toko online. Berbagai kemudahan untuk membuat toko online lewat platform wordpress juga didukung dengan beragam plugin pilihan untuk toko online. Berikut ini beberapa plugin wordpress yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online :

 Plugin WordPress E Shop

plugin wordpress eshop

eShop merupakan salah satu plugin wordpress yang dilengkapi dengan fitur keranjang belanja atau ” shopping cart ” dan plugin ini adalah salah satu plugin yang cukup populer dikalangan pengguna wordpress.  Penggunaannya cukup sederhana dan berita baiknya adalah plugin ini tersedia gratis dan Anda dapat mendownloadnya di eShop

Plugin WordPress MarketPress

plugin marketpressMarketPress merupakan plugin wordpress yang dibuat oleh WPMU. Plugin ini tersedia dalam dua versi. Jika Anda menginginkan fitur yang lengkap Anda bisa memilih versi premiumnya. Namun tidak usah khawatir karena plugin ini juga disiapkan dalam versi gratis tapi tentu saja fiturnya tidak selengkap paket premiumnya. Untuk mendapatkan plugin ini silahkan download di MarketPress dan versi premiumnya di  WPMUDEV

Plugin WordPress CB Toko Online

Ingin sesuatu yang beda? Kalau tadi beberapa plugin diatas adalah buatan developer luar, Orang Indonesia juga tidak mau kalah dalam memberikan sumbangsih. CB Toko Online merupakan sebuah plugin khusus untuk toko online buatan dalam negeri yang di tawarkan kepada Anda dalam dua versi yaitu free dan premium. Menurut keterangan dari developernya yaitu Cafe Bisnis, plugin ini dijanjikan cukup mudah untuk digunakan dan memudahkan pembeli Anda untuk bertransaksi. Developer CB Toko Online juga berkomitmen untuk selalu mengembangkan plugin ini sesuai dengan habbit atau kebiasaan berbelanja online orang Indonesia.  Untuk download pluginnya silahkan cek di  Cafebisnis

Plugin WordPress Minicart

Plugin toko online yang satu ini boleh terbilang unik cara kerjanya. Dengan menginstalkan Minicart ke situs Anda, Anda dimungkinkan untuk menyisipkan tombol yang berfungsi untuk memudahkan Anda menerima pembayaran atau permintaan donasi ke dalam halaman postingan situs pribadi Anda.  Hal ini dimaksudkan agar setiap halaman postingan yang Anda buat dapat berperan sebagai toko online mini. Plugin ini merupakan sebuah alternatif untuk Anda yang tidak menginginkan perubahan secara keseluruhan untuk situs yang Anda kelola menjadi sebuah situs toko online.

Demikian beberapa info tentang plugin wordpress yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat situs online. Silahkan mencoba beberapa plugin diatas dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Setiap plugin memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dicoba tak mengapa, apalagi kalau gratis kan tidak ada ruginya.

Untuk cara penggunaan plugin-plugin diatas, silahkan dipelajari masing-masing ya. Artikel kali ini tidak membahas mengenai tutorial penggunaan plugin wordpress untuk toko online.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

3 Komentar untuk “Plugin WordPress Pilihan Untuk Toko Online”

  1. Adi Supriadi
    30/11/2015 at 8:57 am #

    plugin Woocommerce juga lumayan populer untuk toko online.

    Reply
  2. prositenews
    23/08/2014 at 2:29 pm #

    plugin toko online yang lengkap dan mantap. terimakasih atas pencerahannya,,, 😀

    Reply
  3. jeane
    16/04/2014 at 7:45 am #

    Kenapa ya saya kok susah mengoptimasi web wordpress ya? Saya juga kesulitan memverifikasi di google webmaster, malah yang terahir kemarin web wp saya down, menurut penyedia hosting saya katanya ada sesuatu yang nemoel di salah saru plugin yang saya install yang menyebabkan bug pada wp saya. Pertanyaan saya kira2 plugin plugin gratis itu bisa “dititipin” virus tidak?. Trima kasih mas.

    Reply

Berikan Komentar Anda