Tips Membangkitkan Semangat Kerja

semangat kerjaMenjalankan rutinitas yang sama setiap harinya, wajar saja membuat kita menjadi cepat bosan dan malas. Perasaan jenuh tentu saja akan mengurangi semangat dalam bekerja. Wal hasil produktifitas menurun dan pekerjaan menjadi terbengkalai.

Kehilangan semangat kerja biasanya dialami saat mendekati akhir pekan atau akhir bulan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi tubuh yang tidak fit sampai pada permasalahan yang sifatnya pribadi.

Hal seperti ini wajar saja dialami oleh setiap orang. Bahkan orang sukses sekalipun pasti pernah merasakan hal yang sama. Rahasianya, mereka mampu dengan cepat menaklukkan perasaan semacam ini dengan mengubahnya menjadi sebuah motivasi yang luar biasa.

Nah bagaimana cara meningkatkan semangat kerja? Sebagai pembelajaran bersama, berikut ini saya akan share kepada teman-teman sekalian hal apa saja yang bisa membangkitkan semangat kerja ketika anda dilanda kemalasan dan kejenuhan.

  1. Banyak mendekatkan diri pada Tuhan

Tuhan adalah sebaik-baiknya tempat untuk bersandar dan berkeluh kesah. Karena hanya Pada-Nya lah kita patut meminta pertolongan dari apa yang menimpa kita. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, niscaya kepercayaan diri akan meningkat dan kita senantiasa diberikan rahmat dan hidayahNya. Amin

Mudah mudahan dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan, segala apa yang kita lalui akan dimudahkan dan diberi keringanan. Kita pun akan siap menghadapi situasi apapun. Percayalah Tuhan tidak akan memberikan ujian yang tidak bisa dilewati oleh hambanya.

  1. Carilah hiburan yang menyenangkan

Jenuh biasanya datang manakala anda bekerja terlalu berlebihan. Mesin pun butuh waktu jeda agar bisa bekerja lebih optimal. Ibarat kita adalah sebuah pisau, kalau selalu digunakan tanpa pernah di asah tentunya akan tumpul dan kurang efektif digunakan. Sempatkanlah diri anda untuk bersantai dan mencari hiburan yang menyenangkan seperti jalan-jalan ke pantai, pergi berkaraoke barang keluarga, teman atau pasangan, menonton film, bermain game dan lain sebagainya. Kegiatan yang menghibur biasanya akan mengembalikan semangat dan mood anda untuk kembali bekerja.

  1. Kerjakan yang mudah step by step

Umumnya orang akan capek duluan apabila dihadapkan dengan pekerjaan yang banyak dan harus diselesaikan dalam waktu cepat. Nah untuk mentaktisi hal seperti ini, berhentilah untuk berfikir dan kerjakan saja apa yang bisa anda kerjakan. Terkadang terlalu banyak berfikir malah membuang waktu dan tenaga dan tidak membuahkan hasil. Just Do It !

  1. Menjalankan hobi di luar rutinitas

Salah satu cara mengembalikan semangat kerja adalah dengan menjalankan hobi di luar rutinitas yang biasa anda kerjakan. Mungkin anda punya hobi yang lama tidak tersalurkan seperti memancing, berwisata kuliner dengan keluarga, bersepeda keliling kota juga bisa. Biasanya melakukan hal-hal yang kita senangi bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih baik.

  1. Sempatkan Berolahraga

Bukan hanya otak yang stress ketika mendapatkan beban kerja berat atau menjemukan. Tubuh juga memerlukan peregangan biar tidak ikut ikutan stress. Dengan berolahraga, badan segar dan kita tidak akan cepat capek. Olahraga mampu mengusir stress. Untuk itu sempatkanlah untuk berolah raga sepulang kantor ataukah di akhir pekan. Dengan badan segar, perasaan tertekan dan penat akan terbuang dan sebagai gantinya stamina akan meningkat sehingga kita mampu bekerja lebih baik.

  1. Syukuri apa yang telah anda capai

Sejenak kita perlu duduk santai sambil berucap syukur atas apa yang telah kita capai selama ini. Mensyukuri apa yang kita dapat, akan membuat kita lebih menghargai apa yang kita kerjakan. Disamping itu kita juga terhindar dari sifat sombong dan iri pada orang lain.

Melihat orang disekeliling yang nasibnya mungkin tidak seberuntung kita tentu saja akan membuat kita lebih menghargai pekerjaan dan terpacu menjalani pekerjaan.

Jalani hari dengan senyum dan nikmati pekerjaan sebagai sebuah ibadah agar semangat kerja tidak mudah redup.

Semoga tips ini bermanfaat untuk anda dan khususnya buat saya pribadi.

Selamat Bekerja

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda