Tips Menentukan Harga Produk E-commerce

Apa Anda tahu seberapa layak produk Anda? Seberapa rendah harga yang akan Anda tawarkan untuk bersaing dengan e-commerce lain?

Harga Produk E-commerce

Dengan munculnya harga yang sangat kompetitif, sangat sulit untuk memenangkan perang harga bagi pengecer e-commerce. Tapi ada cara lain untuk bersaing dan semuanya dimulai dengan pengembangan strategi harga e-commerce.

Berikut adalah 3 tips yang akan membantu Anda mengembangkan strategi harga e-commerce:

1. Tahu Margin Anda

Realitas harga eceran online adalah bahwa harga terendah tidak selalu menang. Bahkan, pertempuran harga biasanya berakhir dengan harga produk Anda terlalu rendah. Bahkan dengan cukup pelanggan, Anda masih tidak dapat membuat keuntungan. Jika Anda menurunkan harga Anda ke titik di mana Anda kehilangan uang, Anda harus mempertimbangkan mencari sumber yang lebih baik, atau menyesuaikan penawaran produk Anda untuk memasukkan barang lebih menguntungkan.

Mendapatkan toko online Anda ke dalam pertempuran harga dapat menyakiti Anda dalam jangka panjang juga. Ketika Anda secara konsisten menetapkan harga terlalu rendah, pelanggan Anda akan selalu mengharapkan harga yang lebih rendah, bahkan ketika itu tidak berkelanjutan untuk bisnis Anda. Akibatnya, Anda bisa kehilangan para pelanggan dari waktu ke waktu.

2. Tahu USP (Unique Selling Proposition)

Apa yang membuat kita berbeda? Setiap perusahaan harus mengatasi pertanyaan ini untuk menentukan proposisi nilai mereka dan target pasar. Untuk pengecer online, faktor yang unik bisa menjadi layanan pelanggan yang sangat baik (yaitu Zappos), gratis atau tepat waktu (yaitu Amazon Prime), atau produk yang Anda tidak dapat menemukan tempat lain. Tentu saja, ada banyak lagi.

Dengan persaingan harga yang tinggi sepanjang waktu, pengecer harus berpikir di luar kotak ketika menyusun strategi pemasaran atau promosi untuk toko online mereka. Beberapa pengecer telah menemukan keberhasilan dengan menarik amal, terutama disaat liburan. Misalnya, pemilik toko Shopify, Ricky Padilla menyumbangkan $ 1 untuk mendanai proyek-proyek air bersih setiap kali seseorang membeli kopi dari toko e-commerce nya. Dia juga menawarkan pengiriman gratis pada pesanan lebih dari $ 20 – yang merupakan strategi harga yang besar yang mendorong orang untuk membeli lebih dari 1 kopi.

3. Jual Di bawah Nilai Pasar

Harga sangat diskon dapat menguntungkan jika dipasangkan dengan strategi merchandise yang tepat. Lose-Leader Strategy mengasumsikan bahwa item yang dijual di bawah nilai pasar akan mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak secara keseluruhan. Dengan strategi ini, pemilik toko online memiliki kesempatan untuk Upsell, lintas menjual dan meningkatkan nilai total keranjang belanja (average revenue per user).

Bahkan jika keuntungan tidak mengesankan, strategi ini merangsang akuisisi klien, membuka pintu bagi upaya pemasaran lebih lanjut. Nilai akuisisi pelanggan melebihi nilai transaksi. Strategi konsekuensi adalah memilih produk yang memiliki BPA rendah (biaya per akuisisi), untuk meminimalkan kerugian. Tujuan akhirnya adalah untuk mengorbankan kehilangan uang pada satu item dalam rangka untuk membuat keuntungan pada sisa produk yang dijual (yaitu sereal murah, susu mahal).

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

3 Komentar untuk “Tips Menentukan Harga Produk E-commerce”

  1. Bisnis Online
    05/08/2014 at 6:33 pm #

    Dengan strategi yang tepat dalam menentukan harga produk eCommerce, dapat mempengaruhi penjualan dari produk tersebut.

    Reply
  2. Bahaya Kelebihan Dos
    17/09/2013 at 5:06 am #

    Terimakasih atas tips-tipsnya

    Reply
  3. Yayan Sugiana
    03/07/2013 at 10:37 am #

    Selain yang disampaikan di atas, saya rasa hal lain yang bisa menjadi pendongkrak nilai jual adalah keunikan dan kelangkaan produk e-commerce kita. Orang tidak begitu peduli lagi dengan urusan harga kalau porduk kita bisa memenuhi kedua kriteria tsb.

    Reply

Berikan Komentar Anda