Tips Menggunakan Waktu Senggang Untuk Ngeblog

Tips Menggunakan waktu senggang untuk nge blog

Kerja, Sekolah, Teman, Keluarga…anak.
Banyak Hal yang terjadi dalam hidup kita, belum lagi kalau online.
Twitter, facebook, Google Plus, LinkedIn…dan Path
Hmmm…ini tentunya kana terus bertambah. Anda menjadi lebih sibuk…Jadwal anda bisa berantakan, dan blog anda pun terabaikan.

Mungkin adalah hal yang menyenangkan menghabiskan waktu untuk mempelajari apa yang ditawarkan socmed, tetapi sebaiknya anda tidak melupakan blog anda, dan memberikan pembaca anda konten/bacaan yang berkualitas. Tanpa konten yang berkualitas, blog anda akan sulit berkembang dan konten original yang kurang akan membuat follower anda tidak bertambah.

Dan pada akhirnya, bukannya ini hal yang diinginkan? Traffic, membawa anda ke pelanggan atau partner bisnis yang potensial.

saya mempunyai sepuluh cara bagaimana memanfaatkan waktu untuk nge blog atau pun menulis artikel di blog dengan segala kesibukan anda yang lakukan

1. Bangun lebih awal.

Tidak ada yang lebih baik dari mengawali hari dengan bangun pagi lebih awal dan melakukan hal yang anda sukai, baik itu jogging, bersepada, ataupun ke gym. jika anda type orang yang suka menulis, saya yakin anda akan sangat menyukai blogging sebagai rutinitas pagi anda.

Anda harus berniat sungguh-sungguh sebelum anda membuka laptop dan online. Tulisan anda akan sangat memberikan efek yang luar biasa ketika ide-ide segar muncul di kepala anda.

2. Menulis saat makan siang

Jika anda orang yang bertype sukar bangun lebih awal dan tidak punya waktu untuk menulis di pagi hari, lakukan saat anda makan siang. Bawa laptop anda ke taman, duduk di bangku kayu, taruh tas di samping makanan anda dan tulis apa yang anda inginkan.

3. Mengetik offline?

Jaringan internet ngadat? atau bahkan tidak ada? jangan khawatir. Bahkan hal ini dapat membuat anda lebih berkonsentrasi dalam menulis. Matikan Handphone anda, Notifikasi dari Facebook, Twitter, email inbox- semua yang bisa membuat konsentrasi menulis anda pecah.

Jika anda mendapatkan semacam inspirasi, Tweet-lah, buatlah kata-kata cerdas dengan 140 karakter dan kembangkan dalam bentuk postingan blog.

Adalah hal yang lebih baik jika anda menulis kata-kata anda sendiri dari pada hanya me-retweet atau mengutip dari Facebook. Twitter dan facebook adalah alat untuk anda manfaat kan, bukan sebaliknya.

4. Tidur larut malam

Well, hampir semua orang melakukannya. Jangan tidur larut malam atau begadang kalo ngga ada perlunya kata om haji Rhoma, memanfaatkan “waktu luang” hanya dengan menonton TV?. Matikan TV anda dan hampiri blog anda.
Gary Vaynerchuk dalam Crush it mengatakan, “If you already have a full-time job, you can get a lot done between 7 p.m. and 2 a.m. (9 p.m. to 3 a.m. if you’ve got kids), so learn to love working during those predawn hours. I promise it won’t be hard if you’re doing what you love more than anything else.”.
Ya, jika anda mempunyai pekerjaan tetap, anda mempunyai waktu luang dari pukul 7-2 malam. jadi cobalah lakukan pekerjaan di jam-jam tersebut. Saya yakin anda tidak berkeberatan melakukan hal yang anda sukai di jam-jam tersebut.

5. Memanfaatkan sebuah aplikasi

Tidak punya waktu untuk posting, tapi memiliki waktu untuk mengambil foto? Mulailah foto blogging dari perangkat mobile Anda. Konten mobile menjadi trend saat ini, buat lah inspirasi dari gambar atau foto acara yang berhubungan dengan situs Anda. Ambil gambar dan post ke mobile anda memerlukan waktu kurang dari satu menit.
Anda dapat menggunakan WordPress app, yang memungkinkan Anda untuk mengirim gambar, teks dan bahkan HTML langsung dari perangkat mobile Anda. Atau mengatur blog Anda untuk memungkinkan penerbitan email, apakah itu langsung dari klien mobile email Anda atau melalui platform pihak ketiga seperti Flickr-yang bisa auto posting gambar ke situs dan blog Anda melalui email.

6. Gunakan shortcuts social media

Saat ini, blog anda harus terintegrasi dengan social media. hal ini akan memudah kan anda dalam memperkenalkan artikel anda yang baru dalam hitungan detik. Saat anda mempublish artikel maka otomatis akan terpubish ke akun twitter dan Facebook anda akan membantu blog anda untuk dikenal oleh para pembaca.

7. Penulis Lain?

Kami tahu, itu blog Anda, dan hal yang berat untuk mengizinkan orang lain untuk posting di blog anda yang telah anda bangun dengan pengorbanan darah, keringat, dan air mata. Tetapi akan tiba saat nya ketika anda terlalu sibuk dan blog Anda sangat populer, dan Anda harus mengambil langkah mundur dan meminta bantuan.
Hal ini adalah pertanda yang baik , karena situs Anda mungkin telah berada di titik lebih besar daripada yang Anda pernah bayangkan. Untuk tetap memertahan kan update konten anda, carilah beberapa orang yang anda percaya dapat memberi kontribusi yang anda ingin kan. Menambahkan perspektif yang berbeda untuk situs Anda akan menggiring pembaca baru, dan juga mendorong orang-orang yang Anda percayai itu untuk membantu membangun dan mempromosikan merek Anda ketika mereka posting.

8. Menyewa Penulis Tamu

Jika anda tidak yakin dengan syarat2 yang anda akan ajukan untuk penulis/kontributor tamu, buatlah semacam iklan yang berhuugan dengan penulis part-time. pastikan para calon penulis tersebut memasukkan resume mereka dan hasil tulisan mereka yang telah terpublish di blog lain.
Dengan cara itu Anda dapat melihat persis apa jenis posting yang anda harapkan. Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin menemukan seseorang yang menulis lebih baik daripada yang Anda biasa lakukan!

9. Membuat konten dengan jenis yang berbeda

Apakah Anda pernah membuat video untuk blog anda? Kadang-kadang menyalakan mikrofon atau kamera dapat lebih mudah daripada duduk menulis blog dengan 600 kata.
Seperti disebutkan sebelumnya, foto blogging atau memproduksi video pendek, lebih informatif dan dapat menjadi cara yang cepat untuk menyiapkan konten baru dan melengkapi tulisan Anda. Dan dalam beberapa kasus, visitor mempunyai tanggapan yang lebih baik pada jenis konten non-tradisional. Saat ini, media memungkinkan audiens Anda untuk melihat konten Anda di mana saja, yang semakin menjadi trend dalma dunia mobile.

10. Tulislah dalam sebuah kertas
well, mungkin ini sebuah cara un-ortodhocs setelah penulisan saya tentang kemajuan teknologi dan blogging diatas. tapi penulisan diatas kertas membantu saya meluruskan dan mengilustrasikan dengan baik tulisan saya. (dan berhenti mencela autocorrect pada smartphone). dan sepertinya anda juga memerlukannya.

Dan tulisan ini pun, membantu anda membuang waktu berharga anda. :)..hehehehehe

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Tips Menggunakan Waktu Senggang Untuk Ngeblog”

  1. dharma
    03/11/2013 at 7:21 pm #

    Joss bangett pokoknyaa…
    https://www.facebook.com/FjbPurwokerto

    Reply
  2. Ejawantah Wisata
    15/05/2013 at 11:28 pm #

    Ha,,,,,,,x9 waktu yang terbuang akan sebuah ilmu pengetahuan akan menjadi suatu rumusan terbalik untuk para pecinta ilmu pengetahuan Kang.

    Salam wisata

    Reply

Berikan Komentar Anda