Tips Menggunakan Webhosting Berbayar

www.astamediagroup.comMenggunakan Webhosting Berbayar

Kebanyakan penyedia jasa webhosting gratis tidak memberikan dukungan penuh sehingga anda akan merasa kesulitan saat menemui masalah pada situs web atau blog anda. Selain itu, file yang anda simpan tidak dijamin aman. Anda perlu sering melakukan backup sebagai antisipasi ketika file-file tersebut terhapus dari server.

Jika anda ingin mendapatkan dukungan penuh serta jaminan pelayanan dan kualitas, maka anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa webhosting berbayar. Dengan menggunakan jasa berbayar, kita berhak mendapat dukungan.

Harga yang ditawarkan bervariasi dan dapat disesuaikan dengan dana yang anda persiapkan. Biasanya perusahaan penyedia jasa webhosting menawarkan beberapa paket dengan harga dan fasilitas serta fitur yang berbeda.

Forum diskusi Web Hosting (DWH) yang beralamat di http://www.diskusi webhosting.com dapat menjadi tempat untuk mencari tahu penyedia jasa webhosting Indonesia yang cukup bagus dan dapat dipercaya. Atau seperti biasa, menggunakan mesin pencarian Google.

Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat memilih jasa webhosting. Jangan mudah tergiur penawaran harga murah dengan fasilitas melimpah. Lakukan riset dengan membandingkan beberapa perusahaan webhosting yang anda temui.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih penyedia jasa webhosting.

1. Keberadaan perusahaan

Periksalah apakah penyedia jasa webhosting tersebut memiliki status badan hukum dan alamat yang jelas. Hal ini berkaitan dengan keseriusan perusahaan tersebut dalam menjalankan usahanya.

2. Perbandingkan antara harga dengan kualitas dan fitur sebagai pelanggan, tentu kita menginginkan harga yang murah. Namun jangan melupakan kualitas serta fitur. Tak jarang terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan harga murah mengurangi fasilitas dan fitur tertentu.

Perhatikan dengan teliti fasilitas, fitur, serta spesifikasi yang ditawarkan. Jika anda masih merasa belum begitu mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka yang telah berpengalaman dalam menggunakan jasa webhosting. Forum dapat menjadi tempat yang bagus untuk mencari tahu dan berbagi pengalaman.

3. Dukungan atau support

Perhatikan keberadaan costumer support dan technical supportnya. Usahakan mencari perusahaan yang menyediakan dukungan online 24/7 ( 24 jam sehari, 7 hari seminggu ) sehingga anda dapat mendapat bantuan kapanpun anda butuhkan. Perhatikan juga respon mereka dalam menanggapi permintaan atau pertanyaan anda.

Sebuah perusahaan webhosting biasanya menawarkan beberapa paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda. Pilihlah paket yang cocok, anda dapat meminta bantuan costumer support untuk memilih paket yang cocok untuk blog yang akan anda  buat. Jangan ragu untuk meminta bantuan dalam melakukan pemesanan dan pendaftaran jika ini adalah pengalaman pertama anda dalam menggunakan jasa webhosting.

Jika anda berencana menggunakan domain baru, anda dapat menyatukan pembelian domain dengan paket hosting sehingga tidak perlu repot mengarahkan domain ke hosting milik anda. Namun jika anda telah memiliki domain yang didaftarkan di tempat lain atau berencana  menggunakan domain gratis Co.Cc, anda perlu mengarahkan domain tersebut ke hosting milik anda dengan melakukan konfigurasi DNS.

Pihak costumer support dapat anda mintai bantuan untuk memandu proses konfigurasi DNS. Namun jika anda menyukai tantangan, anda dapat mencobanya sendiri.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Tips Menggunakan Webhosting Berbayar”

  1. Game Kuis Kata
    31/08/2013 at 4:02 pm #

    Terimakasih atas tipsnya, memang apabila kita ingin serius menjalankan bisnis online, maka harus mencari tempat hosting yang berkualitas…

    Reply

Berikan Komentar Anda