Tips Mengoptimalkan Blog Dengan Google Webmaster

google webmaster toolsKeberhasilan sebuah blog ditentukan pula dari konfigurasi yang dilakukan sang empunya blog. Dengan mengoptimalkan kinerja blog yang Anda punya, akan memperbesar kemungkinan trafik atau kunjungan meningkat dengan cepat.

Untuk mengoptimalkan kinerja blog, Kita bisa memanfaatkan webmaster tools yang disediakan oleh Google. Fasilitas ini dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Dengan tools ini kita dapat melakukan konfigurasi data yang berkaitan dengan blog yang kita punyai seperti halnya lalu lintas, kesehatan blog, optimasi blog, percobaan dengan lab dan tools lainnya. Kesemuanya ini akan turut menunjang keberhasilan blog apabila di setting dengan tepat.

Sebab itu jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam mengkonfigurasi data yang berada pada Google Webmaster Tools. Sebaliknya jika settingan yang Anda lakukan tepat, tentunya apa yang anda harapkan akan segera terlihat hasilnya.

Mari kita lihat apa saja pengoptimalan yang perlu dilakukan pada Google Webmaster Tools. Disini tidak akan dijelaskan bagaimana cara mendaftar di google webmaster tools karena saya menganggap Anda telah mengetahuinya.

Hal pertama yang perlu kita tinjau adalah penggunaan meta tag. Meta tag ini sangat berpengaruh pada robot search engine yang akan meninjau blog kita. Apa saja yang perlu di setting berikut ini sedikit penjelasannya.

  1. Menambahkan Sitemap pada blog

Keberadaan Sitemap pada blog akan sangat memudahkan spider google untuk mengindeks halaman, tag, dan lain sebagainya. Sitemap disini berfungsi sebagai penunjuk arah bagi spider google. Bagi anda yang menggunakan blog wordpress, Anda dapat dengan mudah memasang sitemap pada blog dengan menginstal plugin xml sitemap.

  1. Mengatur seberapa sering robot crawler mendatangi situs Anda

Ada alasan mengapa robot crawler harus diatur seberapa cepat mengindeks halaman blog anda. Jika halaman blog anda tidak sering terupdate, sebaiknya atur kecepatan robot crawler / Google Bot pada kecepatan normal saja. Jika blog Anda terupdate tiap hari, anda boleh mengubah settingannya ke mode faster.

Untuk pengaturannya silahkan cek di menu tools kemudian pilih set crawl site dan beri tanda centang pada pilihan normal atau faster.

  1. Tentukan target lokasi pembaca Anda

Jika blog anda berbahasa Indonesia maka perkuatlah kata kunci untuk target geographic Indonesia. Dari penentuan target geografik anda bisa menemukan kata kunci apa saja yang banyak dicari orang dan terarah ke blog Anda. Dari sini anda dapat membuatkan artikel berdasarkan kata kunci yang banyak dicari untuk meningkatkan kunjungan blog Anda.

  1. Kode Verifikasi Google

Tiap blog yang anda daftarkan pada google akan memiliki kode verifikasi yang unik/ berbeda. Kesalahan yang biasa blogger pemula lakukan adalah memasukkan kode verifikasi duplikat pada blog-blognya dengan cara copy paste dari satu blog ke blog lainnya.

Cara Mendapatkan Verifikasi Kode Google

Pada tab tools pilihlah menu manage site, perhatikan pada box pilihan silahkan pilih add a meta tag. Copy kodenya kemudian paste pada halaman editor pada blog Anda. Untuk blogger cek di edit HTML dan untuk blog dengan CMS wordpress silahkan pilih menu appeareance > Editor > Header. Tempatkan kode tersebut tepat dibawah tag <head> kemudian simpan perubahannya. Setelah itu kembali ke akun google webmaster kemudian klik perintah Verified. Selesailah sudah tahap memasukkan kode verifikasi google.

Semoga Tips Mengoptimalkan Blog Dengan Google Webmaster ini dapat bermanfaat dan membantu anda meningkatkan traffic blog Anda.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

5 Komentar untuk “Tips Mengoptimalkan Blog Dengan Google Webmaster”

  1. Anggit
    24/02/2017 at 12:32 am #

    Info penting ini.. Mantap

    Reply
  2. gedeardi1995
    23/06/2015 at 6:08 am #

    mengatur meta tag di wordpress gimana ya gan? sya mau ngatur di blog saya yang ini http://game-apkdata.com, baru belajar wordpress.. susah juga eui. kalo di blogspot mudah ngatur meta tagnya..

    Reply
  3. gedeardi1995
    23/06/2015 at 6:06 am #

    mmmm

    Reply
  4. bersihaman
    17/05/2015 at 5:57 pm #

    informasi yang bagus dan bermanfaat !
    Thanks

    Reply
  5. google webmaster
    09/10/2014 at 2:36 pm #

    yang masih menjadi pertanyaan buat saya dan jika bersedia membalas saja via email adalah bagaimana saya harus merespon data query yang ditampilkan.

    Reply

Berikan Komentar Anda