Tips Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Online yang Sukses

Berbisnis online tidak dapat selalu dikatakan mudah, karena seperti bisnis lainnya, selalu ada pasang surut larisnya produk yang anda jual.

Hal ini pula yang menyebabkan bisnis online juga perlu didukung oleh pemasaran maupun promosi yang efisien dan efektif untuk meraup keuntungan yang semakin besar.

Memang tak ada jaminan waktu singkat untuk memperoleh keuntungan besar, namun dengan pemasaran yang konsisten dan tepat, bisnis anda pun dapat menjadi sukses. Berikut tips strategi pemasaran untuk bisnis online yang sukses.

1. Pemasaran yang Efisien

Salah satu strategi ini merupakan pemasaran yang efisien, yaitu yang sesuai dengan budget anda.

Pemasaran memang selayaknya membutuhkan banyak biaya, namun anda juga dapat mengatur strategi pemasaran yang sesuai dengan dana pemasaran yang anda miliki untuk menghindari modal promosi dan keuntungan yang tidak seimbang.

Pastikan pula anda memiliki dana khusus untuk pemasaran baik harian, mingguan atau bulanan dan gunakan dana tersebut dengan tidak melebihi batas (over budget).

2. Pemasaran yang Efektif

Jika anda melakukan pemasaran yang efisien, pastikan juga strategi pemasaran anda efektif agar tidak membuang dana dan waktu berbisnis online anda.

Efektif yang dimaksud disini adalah melakukan pemasaran sesuai dengan target maupun pasar anda. Jika anda mejual produk fashion wanita, tentu target konsumen anda adalah para wanita bukan?

Maka pemasaran yang anda lakukan sebaiknya juga ditargetkan khusus untuk para wanita agar produk anda lebih mudah terjual.

Cara lain untuk mengetahui market anda adalah dengan cara menganalisis pasar, dimana anda membuat daftar konsumen yang membeli produk anda, baik melalui survey atau berhubungan langsung dengan para konsumen.

3. Webcontent yang Menarik

Jika anda berbisnis online, maka anda memiliki website atau alamat online khusus sebagai toko anda. Website yang bagus dan tepat untuk pemasaran yang maksimal adalah dengan membuat webcontent yang menarik.

Webcontent atau isi website juga sebaiknya tidak hanya menarik namun juga berfungsi sebagai media pemasaran.

Anda dapat mengisinya dengan tombol sharing dimana konsumen dengan mudah membaginya dengan konsumen lain melalaui media sosial maupun aplikasi yang sudah ternama.

Hal semacam ini dimaksudkan untuk memanfaatkan konsumen anda sebagai media pemasaran sehingga bisnis anda akan semakin dikenal.

4. Promosi via Media Offline

Siapa bilang bisnis online sebaiknya hanya dipasarkan secara online saja? Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasarkannya secara offline.

Pemasaran secara offline yang dapat anda lakukan adalah melalui televisi, radio, bekerja sama dengan toko maupun restoran dan tempat lain yang berhubungan dengan produk anda, dan masih banyak lagi.

***

Memasarkan produk bisnis online seharunya tidaklah sulit. Namun untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, maka sebaiknya anda mengikuti beberapa tips dari kami diatas. Semoga bermanfaat.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Tips Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Online yang Sukses”

  1. miftahgeek
    24/02/2015 at 11:52 am #

    ada banyak sekali strategi untuk mendapatkan hasil pemasaran online yang efektif, beberapa cara gratis atau minim biaya yang bisa diterapkan bisa dibaca di http://www.astamediagroup.com/blog/tips-strategi-pemasaran-untuk-bisnis-online-yang-sukses.html

    Reply
  2. Konsultan Pendidikan
    29/10/2014 at 10:15 am #

    untuk memudahkan membaca artikel ini mungkin bisa diberikan blod pada tiap item judul 🙂
    BTW isinya menarik 🙂

    Reply

Berikan Komentar Anda