Tips Sukses Menggaet Investor untuk Startup

investor pintarPerkembangan sebuah perusahaan baru atau yang saat ini kerennya disebut Startup seringkali terkendala karena masalah dana. Mendirikan perusahaan menggunakan modal sendiri mungkin saja, tetapi untuk kelanjutannya dibutuhkan suntikan dana dari investor agar perusahaan yang anda buat bisa tetap berlanjut dan berkembang.

Untuk mendapatkan investor tentu tidaklah mudah. Anda harus mendapatkan cara untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari mereka. Investor biasanya sangat memperhatian kinerja dan kelanjutan dari sebuah bisnis. Tentunya mereka butuh pertimbangan apakah menanamkan modal ke perusahaan anda adalah keputusan yang tepat atau tidak.

Sebaliknya jika anda mampu menunjukkan kinerja yang baik, investor tentu tidak tanggung-tanggung menyalurkan dananya untuk usaha anda. Sebab dengan begitu mereka yakin keuntungan yang mereka dapatkan juga tidak main-main.

Lalu bagaimana cara agar investor mau menanamkan modalnya pada perusahaan anda. Berikut ini penuturan dari Founder sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky yang dikutip dari okezone.

Sebelumnya Zaky telah berulang-ulang kali ditolak oleh pihak investor sebelum akhirnya menemukan Investor yaitu Batavia Inkubator. Dari penolakan itulah Zaky mendapatkan semangat untuk terus memperbaiki bisnisnya.

Kunci keberhasilan dari menggait investor menurutnya adalah Anda harus mampu membuktikan bahwa perusahaan yang anda bangun, atau produk yang anda buat itu bagus dan memiliki masa depan yang cerah. Disamping itu butuh kepercayaan diri saat anda mempresentasikan bisnis anda pada investor. Ini pun dari pengalaman pribadi yang dialami Zaky saat pertama kali mempresentasikan bukalapak pada Batavia Incubator yang merupakan perusahaan gabungan dari Rebright Partners.

Dipanggil ke Jepang untuk mempresentasikan bisnis bukalapak membuat Zaky gugup sehingga materi tidak bisa disampaikan dengan baik. Padahal semuanya sudah dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Untungnya yang namanya rejeki tidak lari kemana. Zaky mendapatkan kesempatan kedua dari Gree Ventures dan berhasil meyakinkan mereka untuk mengucurkan dananya ke bukalapak.

Mempunyai produk yang bagus serta kemampuan presentasi yang bagus pula merupakan dua hal yang anda butuhkan supaya sukses menggait investor. Disamping itu kepercayaan yang diberikan pada perusahaan anda harus dijaga dengan baik dengan menggunakan dana yang diberikan untuk semata-mata untuk mengembangkan usaha.

Jika anda menggunakan prinsip ini dengan benar, percayalah usaha yang anda rintis akan lebih sukses dan mudah untuk mendapatkan investor lagi dan lagi. Bahkan mungkin bukan anda yang mencari tetapi anda telah menjadi incaran para investor.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda